Cara Memandikan Burung Perkutut Yang Benar

Ilustrasi cara memandikan burung Perkutut Cara memandikan burung Perkutut yang benar
Ilustrasi cara memandikan burung Perkutut

- Burung Perkutut perlu dimandikan untuk membersihkan bulu-bulunya dari kotoran dan biar terbebas dari kutu serta parasit. Dengan berkala dimandikan burung Perkutut yang terlalu giras juga akan menjadi cepat jinak dan bersungguh-sungguh manggung.

Tapi cara memandikan burung Perkutut berlainan dengan cara memandikan burung ocehan yang lazimnya ditangani saban hari dengan cara disemprot menggunakan sprayer atau menggunakan keramba tanpa mesti dipegang. Cara memandikan burung Perkutut yang benar yakni dengan cara dipegang dan dicelupkan kedalam wadah yang berisi air.

Yang perlu di amati dalam memandikan burung Perkutut yakni jangan hingga air masuk ke dalam hidungnya. Kaprikornus untuk bab kepala seharusnya cukup di usap menggunakan tangan yang berair saja.

Untuk Perkutut materi yang masih liar/giras seharusnya dimandikan 2 hari sekali biar cepat jinak. Sedangkan untuk Perkutut yang sudah mapan cukup dimandikan 1 atau 2 ahad sekali saja.

Berikut ini cara memandikan burung Perkutut yang benar:

• Siapkan wadah air sesuai ukuran badan burung Perkutut, sanggup menggunakan bejana atau wadah lainnya.

• Siapkan air bekas cucian beras (air leri) dan daun sirih sebanyak 5 - 7 lembar.

• Tumbuk atau remas-remas daun sirih hingga lembut kemudian campurkan dengan air bekas cucian beras (air leri).

• Agar lebih simpel sanggup juga menggunakan air higienis yang diaduk dengan shampo khusus burung. Shampo khusus burung sungguh efektif untuk membasmi kutu yang ada pada bulu-bulu burung Perkutut dan juga untuk mengkilapkan bulu-bulunya.

• Ambil Perkutut dari kandangnya dengan hati-hati biar tidak terlepas. Kemudian elus-elus kepala dan tubuhnya biar burung damai apalagi dulu. Pijit bab punggung dan pangkal sayapnya dengan lembut.

• Setelah burung Perkutut tenang, kemudian celupkan tubuhnya kedalam air yang sudah disiapkan sebatas leher saja. Rentangkan sayapnya biar bulu-bulu dibagian bawah sayapnya ikut berair dan untuk bab kepalanya cukup di usap-usap dengan tangan basah.

• Bersihkan kerak-kerak dan sisik kering yang ada pada bab paruh dan kaki-kakinya.

• Setelah simpulan dimandikan kemudian masukkan kembali ke dalam kandangnya dan gantang ditempat yang teduh beberapa di saat biar burung didis untuk mengeringkan bulu-bulunya.

• Setelah bulu-bulunya agak kering, kemudian jemur burung selama 2 - 3 jam.

Baca juga:




Demikian sedikit warta mengenai cara memandikan burung Perkutut yang benar. Untuk warta lain seputar burung Perkutut, sanggup dibaca pada postingan lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

PRIVATE GOOGLE SEARCH