Ciri-Ciri Perbedaan Perkutut Jantan Dan Betina Yang Akurat

 Memelihara burung Perkutut memang mengasyikkan dan tidak menyibukkan Ciri-ciri perbedaan Perkutut jantan dan betina yang akurat
Ilustrasi Perkutut jantan dan betina

- Memelihara burung Perkutut memang mengasyikkan dan tidak merepotkan. Suara anggungannya yang merdu sanggup menjadi hiburan tersendiri sambil berleha-leha dirumah.

Tapi untuk memiliki Perkutut yang tekun manggung dan bersuara manis mesti yang berjenis kelamin jantan. Tapi untuk membedakan antara Perkutut jantan dan betina memang agak sulit alasannya yakni keduanya memiliki tampilan fisik yang hampir serupa.

Tanpa penelitian yang seksama, memang agak sulit bagi kita yang baru memulai untuk membedakan antara Perkutut jantan dan Perkutut betina. Tapi jikalau di amati dengan seksama, ada beberapa ciri-ciri tertentu yang membedakan antara Perkutut jantan dan betina.

Berikut ini beberapa ciri-ciri yang membedakan antara Perkutut jantan dan Perkutut betina:

 Memelihara burung Perkutut memang mengasyikkan dan tidak menyibukkan Ciri-ciri perbedaan Perkutut jantan dan betina yang akurat
Ilustrasi Perkutut jantan dan betina

Ciri-ciri Perkutut jantan:

• Jika diperhatikan, raut wajah Perkutut jantan terlihat garang.

• Selaput kulit disekitar kelopak matanya terlihat lebih tebal dan bundar sehingga sorot matanya terlihat tajam.

• Bola matanya terlihat melotot dengan sorot mata yang tajam.

• Garis belahan paruh sejajar dengan mata.

• Pupur (bulu yang berwarna putih keabu-abuan dibagian kepala) lebih dari separuh bab kepala. Karena itu warna bulu kepala Perkutut jantan terlihat lebih cerah dari Perkutut betina.

• Kepala lebih besar dan pipih.

• Ukuran badan Perkutut jantan rata-rata lebih besar dari Perkutut betina dengan postur badan yang lebih tegak dan gagah.

• Supit udang (tulang pubis) Perkutut jantan terasa keras kalau ditekan dengan jari. Biasanya para Kung Mania lebih menegaskan Perkutut jantan yang jarak supit udangnya lebih lebar alasannya yakni biasanya suaranya lebih besar dibanding Perkutut jantan yang jarak supit udangnya lebih rapat.

• Perkutut jantan yang sudah remaja kelamin akan mengobrol sikap yang khas jikalau berdekatan dengan Perkutut betina, yakni berbunyi sambil mengangguk-anggukkan kepala (mbekur).

Ciri-ciri perkutut betina:

• Raut wajah Perkutut betina terlihat sayu.

• Selaput kulit disekitar kelopak matanya lebih tipis.

• Bola matanya lebih kecil dengan sorot mata yang sayu.

• Garis belahan paruh berada pada posisi dibawah mata.

• Ukuran tubuhnya lebih kecil dari yang jantan.

• Pupurnya tidak lebih dari separuh bab kepala sehingga warna bulu kepalanya Perkutut betina terlihat kusam.

• Kepala kecil dan bundar serta warnanya terlihat lebih gelap dari perkutut jantan.

• Supit udang (tulang pubis) lebih lebar dan terasa lunak/lembek jikalau ditekan dengan jari.

Cara mengenali jenis kelamin burung Perkutut dari supit udangnya:

Pegang badan Perkutut dengan tangan kanan, kemudian raba tulang supitnya (dibagian perut bersahabat dubur) menggunakan jari telunjuk atau ibu jari tangan kiri. Kalau bab supit itu terasa keras memiliki arti jantan, tetapi kalau terasa renggang dan lunak/lembek memiliki arti betina.

Tapi cara ini gres sanggup dijalankan setelah piyik/anakan Perkutut berumur 4 bulan keatas. Karena sebelum berumur 4 bulan, supit udang pada piyik/anakan Perkutut jantan relatif renggang sehingga untuk orang yang masih awam tentang Perkutut akan kesusahan untuk menegaskan jenis kelamin Perkutut dengan cara ini.

Setelah piyik Perkutut berumur 4 bulan lebih, terlebih jikalau sudah berumur di atas 6 bulan, secara alami supit udang Perkutut jantan akan menyempit sehinga gampang membedakannya dengan Perkutut betina.

Supit udang pada Perkutut dibilang tepat kalau panjangnya sama dan letaknya sejajar. Perlu juga dikenali bahwa tidak jarang dijumpai Perkutut yang memiliki supit udang panjang sebelah (salah satu tulang supitnya lebih pendek dan letaknya kurang sejajar). Perkutut dengan ciri seumpama itu meskipun suaranya manis biasanya kurang digemari para Kung Mania alasannya yakni dianggap cacat secara katuranggan.

Untuk mendapat Perkutut dengan mutu bunyi yang bagus, seleksilah yang berjenis kelamin jantan dengan ciri-ciri seumpama yang sudah disebutkan diatas. Karena Perkutut jantan memiliki bunyi yang lebih keras dan lebih merdu dibanding Perkutut betina. Walaupun Perkutut betina juga sanggup manggung tetapi suaranya condong kecil dan cempreng.

Baca juga:




Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri perbedaan Perkutut jantan dan betina yang akurat. Untuk informasi lain seputar burung Perkutut, sanggup dibaca pada postingan lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

PRIVATE GOOGLE SEARCH