Ciri-Ciri Perbedaan Beo Jantan Dan Betina

Burung Beo memang tidak sepopuler burung kicauan jenis yang lain menyerupai Murai Batu (MB), Cucak ijo (CI), Lovebird (LB) dan lainnya. Tapi sampai dikala ini burung Beo masih tetap memiliki penggemar fanatik yang tetap setia memelihara burung pintar ini.

Rata-rata penggemar burung Beo memelihara burung ini untuk dilatih bicara atau mudah-mudahan bisa menirukan kata-kata manusia. Burung Beo memang terkenal dengan kecerdasannya dalam menirukan kata-kata insan atau suara-suara lain yang sering didengarnya. Hal itulah yang menghasilkan burung Beo memiliki keunikan tersendiri dibanding burung-burung jenis lainnya.

Agar lebih gampang dilatih bicara/menirukan kata-kata manusia, semestinya seleksilah burung Beo yang masih berusia muda dan usahakan yang berjenis kelamin betina, alasannya merupakan Beo betina memiliki kesanggupan lebih baik dalam menirukan suara-suara masteran atau yang sering didengarnya. Sedangkan Beo jantan memiliki keistimewaan pada volume suaranya yang lebih keras, tetapi susah untuk dilatih bicara/menirukan bunyi manusia.

Tapi sayangnya tidak gampang untuk membedakan jenis kelamin burung Beo, terlebih bila cuma ada satu burung Beo saja tanpa perbandingan atau tidak berpasangan.

Berikut ini beberapa ciri-ciri yang membedakan antara Beo jantan dan betina:

• Postur badan Beo betina lebih besar dari Beo jantan.

• Nafsu makan Beo betina juga lebih besar (rakus) dari Beo jantan.

• Pada dikala bangun Beo betina akan terlihat lebih tegak dan gagah dengan mengangkat kepalanya, sedangkan Beo jantan di saat bangun terlihat membungkuk dan terlihat lesu.

• Kepala Beo betina terlihat lebih kecil dengan bentuk membulat dan panjang (lonjong), sedangkan kepala Beo jantan terlihat lebih besar dengan bentuk kotak/papak.

• Beo betina lebih aktif bergerak, sedangkan Beo jantan condong pasif (tidak banyak bergerak).

• Paruh Beo betina lebih panjang dan ramping, sedangkan paruh Beo jantan terlihat lebih pendek dan besar.

• Jengger Beo betina bentuknya lebih rapi dan simetris, sedangkan jengger Beo jantan bentuknya tidak teratur.

• Beo betina lebih pintar dalam menirukan kata-kata insan atau suara-suara lain yang sering didengarnya.

• Beo jantan memiliki volume bunyi yang lebih keras dari Beo betina, tetapi susah untuk dilatih bicara.

Baca juga:

Cara gampang melepas ring pada kaki burung

Cara melatih burung bakalan mudah-mudahan mau mandi keramba

Ciri-ciri perbedaan burung Kepodang jantan dan betina

Demikian sedikit gunjingan tentang "Ciri-ciri perbedaan Beo jantan dan betina". Untuk gunjingan lain seputar burung Beo, sanggup dibaca pada postingan yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Burung Beo jantan dan betina

Subscribe to receive free email updates:

PRIVATE GOOGLE SEARCH