Manfaat Sangkar Umbaran Untuk Kacer

Beda perawatan antara Kacer lapangan dan Kacer rumahan

Dengan di umbar, maka Kacer menyerupai kembali pada kodratnya yakni menggunakan sayapnya untuk terbang, meskipun tidak leluasa menyerupai di alam bebas tetapi setidaknya semua organ-organ tubuhnya sanggup berfungsi sebagaimana mestinya.

Berikut ini beberapa faedah terapi umbaran untuk Kacer:

• Menjaga stamina dan fisik Kacer mudah-mudahan senantiasa dalam keadaan fit. Karena dengan di umbar, seluruh otot-otot tubuhnya digunanakan untuk bergerak sehingga semua organ-organ tubuhnya sanggup berfungsi secara optimal.

• Menguatkan otot-otot dada dan sayap Kacer yang hendak mempunyai pengaruh secara signifikan pada power suaranya menjadi lebih lantang dan bertenaga.

• Menguatkan nafas, sehingga akan menghasilkan Kacer lebih besar lengan berkuasa berkicau dari permulaan hingga simpulan perlombaan. Nafas yang panjang memang sanggup dilatih dengan durasi penjemuran yang usang atau sanggup juga dengan terapi jemur sauna (burung kering kerodong kering), tetapi akan lebih optimal kalau fisiknya juga dilatih dengan terapi umbaran, sehingga sanggup mendapat dua faedah sekaligus yakni nafas yang panjang dan stamina yang prima.

• Mencegah kegemukan, alasannya yakni dengan melayang bolak-balik didalam sangkar umbaran, maka akan lebih singkat memperabukan kalori sehingga tidak terjadi penumpukan lemak di dalam badan Kacer.

• Mencegah stres, alasannya yakni dikala berada didalam sangkar yang besar, Kacer sanggup lebih leluasa bergerak mengepakkan sayapnya menyerupai di alam bebas. Selain itu juga sanggup menjadi fasilitas refreshing untuk Kacer yang telah terlalu usang berada didalam sangkar berskala kecil (kandang harian).

Tapi perlu untuk diperhatikan, untuk mengerjakan pengumbaran jangan sembarangan saja memasukkan Kacer kedalam sangkar umbaran. Kita mesti menyaksikan keadaan Kacer yang hendak kita umbar, apakah burung perlu diumbar atau justru sebaliknya burung perlu banyak istirahat alasannya yakni keadaan fisiknya sedang tidak fit. Karena kalau hingga salah analisa, bukannya menjadi lebih baik sehabis di umbar tetapi keadaan Kacer justru akan bertambah parah (ngedrop).

Jika Kacer dalam keadaan yang tidak fit dan tetap dipaksakan untuk berolah raga didalam sangkar umbaran, maka alhasil kondisinya akan kian ngedrop alasannya yakni stamina Kacer akan terkuras untuk melayang bolak-balik didalam sangkar umbaran.

Jadi, Kacer yang hendak diumbar mesti betul-betul dalam keadaan yang fit, alasannya yakni terapi umbaran betul-betul akan menyedot stamina Kacer.

Ketika di umbar, Kacer juga mesti diberikan pakan khususnya Ekstra fooding (EF) dalam jumlah yang lumayan banyak serta air minum yang cukup.


Pemberian Ekstra fooding (EF) menyerupai jangkrik dengan takaran tanpa batas pada waktu diumbar berniat mudah-mudahan Kacer tidak kekurangan tenaga alasannya yakni suplai pakan senantiasa tersedia, jadi dikala merasa lapar Kacer sanggup pribadi makan semaunya. Intinya, pembakaran kalori yang besar mesti di imbangi pula dengan asupan nutrisi yang mencukupi mudah-mudahan keadaan fisik Kacer tidak ngedrop.

Terapi umbaran sanggup ditangani 2-3 kali sepekan mudah-mudahan Kacer tidak kelelahan. Untuk penempatan sangkar umbaran sendiri usahakan ditempat yang terkena sinar Matahari secara pribadi mudah-mudahan Kacer sanggup sekalian berjemur, usahakan juga mudah-mudahan penempatan sangkar umbaran kondusif dari gangguan predator menyerupai kucing dan binatang-binatang lainnya.

Sebaiknya plangkringan/tenggeran dibentuk dengan posisi atas dan bawah, yakni posisi bawah dibagian depan dan posisi atas dibagian belakang mudah-mudahan Kacer sanggup melayang dengan posisi naik turun sehingga lebih efektif untuk olah fisik Kacer.

Dengan mengerjakan pengumbaran secara terstruktur dan konsisten, maka lama-kelamaan keadaan fisik Kacer akan kian fit dengan stamina yang kian besar lengan berkuasa dan nafas lebih panjang sehingga dikala dilombakan Kacer sanggup tampil lebih maksimal.

Mungkin pada waktu pertama kali di umbar, Kacer akan terlihat ngedrop dan kecapekan alasannya yakni belum terbiasa, tetapi sehabis terapi umbaran berlangsung 1-2 bulan maka hasilnya akan mulai terlihat dengan kenaikan tampilan yang signifikan.

Pengumbaran sungguh berfaedah untuk kesehatan fisik dan mental Kacer, alasannya yakni fungsinya untuk mengembalikan burung menyerupai pada habitat orisinil dan juga kodratnya, yakni melayang bebas mengepakkan sayapnya.

Kacer yang telah terlalu usang berada didalam sangkar harian pastinya tidak pernah lagi menggunakan sayapnya untuk melayang yang menghasilkan otot-otot sayap dan otot-otot dadanya tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya, dan hal itu lama-kelamaan niscaya akan mempunyai pengaruh pada menurunnya tampilan dan mutu kicauannya.


Demikian sedikit isu wacana faedah sangkar umbaran untuk Kacer yang sanggup kami sampaikan pada postingan kali ini. Untuk isu lain seputar burung Kacer, sanggup dibaca pada postingan yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Video Kacer konslet didalam sangkar umbaran

Subscribe to receive free email updates:

PRIVATE GOOGLE SEARCH