Mengenal Jenis-Jenis Kacer Sumatera Dan Kualitasnya

 Kacer Sumatra memiliki bunyi yang melengking tajam dan keras sarat  kombinasi Mengenal jenis-jenis Kacer Sumatera dan kualitasnya
Ilustrasi Kacer Sumatera

- Kacer Sumatra memiliki bunyi yang melengking tajam dan keras sarat variasi. Selain itu, Kacer Sumatera juga memiliki mental fighter yang handal meskipun rata-rata ukuran badan Kacer Sumatra lebih kecil dari Kacer Jawa dan Kacer Kalimantan. Kacer Sumatra tersebar mulai dari wilayah Aceh, Medan hingga Lampung.


Berikut ini berbagai jenis Kacer Sumatera menurut tempat asalnya:

• Kacer Medan

Bentuk fisik Kacer Medan sama menyerupai Kacer kebanyakan yakni memiliki warna bulu lebih banyak didominasi hitam pada kepingan kepala, leher, dan punggunganya, sedangkan pada kepingan dada, perut, hingga bulu dibawah ekor berwarna putih, dan pada kepingan sayap terdapat garis/strip berwarna putih lebar.

Suara kicauan Kacer Medan bervariasi, volumenya keras melengking diikuti gaya tarung ngotot dan garang saat berjumpa lawan. Habitat Kacer Medan tersebar di nyaris seluruh wilayah Sumatra Utara.

• Kacer Aceh

Kacer Aceh memiliki bentuk badan dan abjad yang serupa dengan Kacer Medan. Ada kemungkinan apabila Kacer Aceh dan Kacer Medan merupakan Kacer sejenis yang saling bermigrasi antar dua wilayah tersebut.

• Kacer Simalur

Habitat Kacer Simalur tersebar di wilayah pesisir barat provinsi Aceh, tepatnya di pulau Simalur.

• Kacer Nias

Habitat Kacer Nias terdapat di pulau Nias dan Mentawai. Kualitas kicauannya juga cantik tidak kalah dengan Kacer dari tempat lain.

• Kacer Mentawai

 Kacer Sumatra memiliki bunyi yang melengking tajam dan keras sarat  kombinasi Mengenal jenis-jenis Kacer Sumatera dan kualitasnya
Ilustrasi perbandingan postur badan Kacer Mentawai dan Kacer dari tempat lain

Habitat Kacer Mentawai terdapat tempat Kepulauan Mentawai, Pulau Siberut dan Pulau Sipora.

Kacer mentawai memiliki performa yang agak berlainan dengan Kacer dari tempat lain kerena postur tubuhnya nyaris dua kali lebih besar dari Kacer pada umumnya.

• Kacer Padang - Jambi - Palembang

Kacer yang berasal dari Padang, Jambi dan Palembang merupakan jenis Kacer yang sama, alasannya merupakan letak daerahnya yang berdekatan sehingga memungkinkan burung-burung dari tempat tersebut tergolong burung Kacer saling berpindah habitat.

Bentuk badan dan abjad Kacer Jambi, Kacer Palembang dan Kacer Padang tidak jauh berbeda, begitu pula dengan mutu kicauannya.

• Kacer Riau

Habitanya terdapat didaerah provinsi Riau. Bentuk fisik dan karakternya sama dengan Kacer dari Bangka Belitung.

• Kacer Bangka Belitung

Habitatnya terdapat di Pulau Bangka, Pulau Belitung, bahkan hingga disepanjang pesisir pantai Timur Pulau Sumatra.

Bentuk fisiknya nyaris sama dengan Kacer-Kacer dari tempat lain, tetapi bulu-bulunya kurang mengkilap dan mentalnya tidak setangguh Kacer Medan dan Kacer Aceh.

• Kacer Bengkulu

Kacer dari wilayah Bengkulu sungguh menyerupai dengan Kacer Lampung, baik bentuk fisik maupun karakternya nyaris tidak berbeda.

• Kacer Lampung

Habitatnya tersebar di wilayah Lampung hingga bersahabat perbatasan Bengkulu, Sumatra Selatan, bahkan hingga ke wilayah Krakatau.

Kacer Lampung dan Kacer Bengkulu kenungkinan merupakan Kacer yang sejenis yang bermigrasi di antara kedua wilayah tersebut.

Selain jenis-jenis Kacer di atas, di wilayah Sumatra ada banyak burung Kacer yang dinamakan menurut nama tempat asalnya, menyerupai Kacer Pasaman, Kacer Bengkalis dan masih banyak lagi nama-nama setempat dari wilayah Sumatera.

Tapi serentak Kacer-Kacer tersebut merupakan kepingan dari salah satu jenis-jenis Kacer di atas. Pada dasarnya rata-rata Kacer Sumatera memiliki performa fisik yang nyaris sama, yakni dengan warna bulu hitam-putih, tetapi masing-masing memiliki abjad dan kesanggupan berkicau yang berbeda-beda.

Baca juga:



Demikian sedikit warta wacana jenis-jenis Kacer Sumatera dan kualitasnya yang sanggup kami sampaikan pada postingan kali ini. Untuk warta lain seputar burung Kacer, sanggup dibaca pada postingan lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

PRIVATE GOOGLE SEARCH