Pakan Yang Elok Untuk Perkutut Serta Manfaatnya

Jenis pakan yang manis untuk burung perkutut Pakan yang manis untuk Perkutut serta manfaatnya
Campuran pakan untuk burung Perkutut

- Perkutut yakni jenis burung pemakan biji-bijian yang sungguh gampang perawatannya. Burung ini tidak membutuhkan perawatan yang susah seumpama jenis burung lainnya.

Untuk perawatan hariannya, Perkutut cukup diberikan pakan berupa biji-bijian seumpama milet, jewawut, gabah, ketan hitam, godem dan biji-bijian yang lain tanpa perlu diberikan Ekstra fooding (EF) saban hari seumpama perawatan burung ocehan.

Dengan diberikan pakan berupa gabungan biji-bijian yang berkualitas, maka Perkutut akan sehat dan bersungguh-sungguh bunyi/manggung.

Berikut ini beberapa macam pakan untuk Perkutut dan manfaatnya:

• Milet

Milet ialah pakan yang penting untuk Perkutut, alasannya kandungan gizinya sungguh manis untuk Perkutut. Milet sanggup digunakan untuk segala macam Perkutut dan juga manis untuk Perkutut yang dipelihara dalam sangkar soliter maupun untuk Perkutut yang ditangkarkan.

Tapi khusus untuk Perkutut yang dipelihara dalam sangkar soliter, jangan diberikan secara berlebihan alasannya akan menyebabkan kegemukan dan sanggup membuat Perkutut menjadi malas bunyi.

• Gabah

Selain milet, pakan yang disenangi Perkutut yakni gabah, tetapi bukan gabah padi biasa yang untuk konsumsi Manusia. Jenis gabah yang digunakan selaku pakan untuk Perkutut yakni gabah bangkok yang ukuranya jauh lebih kecil dari gabah biasa dengan bentuk agak bulat/oval.

Ada dua jenis gabah bangkok yang lazim digunakan untuk pakan Perkutut, yaitu:

- Gabah bangkok merah

Sesuai namanya, gabah ini isinya berwarna merah dan ukurannya lebih besar dari gabah bangkok putih. Gabah bangkok merah cocok disantap Perkutut yang ditangkarkan alasannya memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi.

- Gabah bangkok putih

Gabah ini isinya berwarna putih dan memiliki ukuran yang lebih kecil dari gabah bangkok merah, dan umumnya gabah bangkok putih banyak digunakan untuk Perkutut anggungan dan Perkutut lomba.

• Jewawut

Jewawut memiliki bentuk yang seumpama dengan milet, tetapi warnaya oranye dan tekstur kulitnya agak kasar. Jewawut sungguh manis diberikan pada Perkutut yang diternakkan. Untuk indukan yang sedang mengerami telurnya atau yang sedang meloloh piyikan semestinya diberikan pakan jewawut secara berkala alasannya selain kandungan proteinnya yang tinggi, jewawut juga berfaedah untuk meminimalisir resiko indukan terjangkit penyakit kejang-kejang yang sanggup berujung pada kematian pada di saat mengeram.

Selain itu, jewawut juga perlu diberikan pada piyikan Perkutut yang telah berusia 2-5 bulan atau diberikan pada Puter yang menjadi induk asuh/baby sitter yang sedang meloloh piyikan Perkutut mudah-mudahan pertumbuhan piyik/anakan Perkutut menjadi sehat dan cepat besar.

• Ketan hitam

Perkutut gotong royong kurang menggemari ketan hitam, tetapi hal itu sanggup di akali dengan cara menumbuk ketan hitam menjadi butiran-butiran kecil lalu dicampurkan dengan pakan biji-bijian yang lain mudah-mudahan Perkutut mau memakannya.

Ketan hitam sungguh manis diberikan pada Perkutut di saat cuaca dingin/musim hujan alasannya keuntungannya untuk menghangatkan badan Perkutut.

Tapi meskipun bermanfaat, apabila diberikan dengan takaran yang berlebihan dalam rentang waktu usang akan menyebabkan rusaknya bunyi Perkutut dan juga sanggup menyebabkan bulu-bulu Perkutut menjadi gampang rontok.

• Godem

Godem memiliki bentuk yang seumpama dengan jewawut, tetapi tekstur kulitnya lebih halus dan mengkilap. Godem mempunyai kegunaan yang nyaris sama dengan ketan hitam, yakni untuk menghangatkan badan Perkutut dan juga untuk menghasilkan Perkutut lebih bersungguh-sungguh bunyi/manggung. Tapi apabila diberikan secara berlebihan dalam rentang waktu usang sanggup menyebabkan rusaknya bunyi Perkutut.

• Beras merah

Beras merah memang tidak lazim/umum digunakan selaku pakan Perkutut. Tapi tidak jarang para peternak menggunakan beras merah untuk Perkutut yang ditangkarkan alasannya kandungan vitamin E dalam beras merah tergolong cukup tinggi dan berfaedah untuk memacu produktivitas indukan Perkutut.

Baca juga:

Campuran pakan untuk Perkutut mudah-mudahan bersungguh-sungguh manggung

Tips memutuskan bakalan Perkutut yang manis dikandang ombyokan

Ciri-ciri Perkutut yang memiliki bunyi bagus

Demikian sedikit pemberitahuan wacana pakan yang manis untuk Perkutut serta keuntungannya yang sanggup kami sampaikan pada postingan kali ini. Untuk pemberitahuan lain seputar burung Perkutut, sanggup dibaca pada postingan yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

PRIVATE GOOGLE SEARCH