Tips Dan Trik Untuk Menjodohkan Pleci Dengan Efektif

Burung Pleci jantan dan betina

- Burung Pleci tergolong burung kicauan yang banyak disukai para Kicau Mania, namun sayangnya masih jarang ada peternak yang hendak menangkarkan burung mungil ini sehingga nyaris semua stok bahan/bakalan burung Pleci (burung beling mata) yang dijual dipasaran ialah burung liar tangkapan dari alam. Padahal kesempatan kerja keras penangkaran burung Pleci sebetulnya cukup prospektif alasannya yaitu penggemar burung ini sungguh banyak.

Selain itu, jika tidak ditangani upaya penangkarkan maka populasi burung Pleci di alam bebas akan terancam punah alasannya yaitu terus ditangkap secara besar-besaran. Untuk menangkarkan burung Pleci memang tidak mudah dan membutuhkan trik-trik tertentu, namun yang terpenting yaitu sabar dan telaten untuk sanggup menjodohkan burung Pleci jantan dan betina agar sanggup meningkat biak.

Berikut ini yaitu tahapan dalam menjodohkan burung Pleci:

1. Siapkan kandidat indukan burung Pleci jantan dan betina remaja yang sudah siap kawin, dan pastikan jika kedua kandidat indukan tersebut sungguh-sungguh berjenis kelamin jantan dan betina.

2. Gantang keduanya dengan posisi saling berdekatan dalam sangkar terpisah.

3. Setelah terlihat sudah mulai ada kecocokan antara burung Pleci jantan dan betina, coba jauhkan sangkar kedua kandidat indukan burung Pleci tersebut agar tidak sanggup saling melihat, namun masih sanggup mendengar suaranya.

4. Jika kedua kandidat indukan burung Pleci ada kecocokan, lazimnya keduanya akan saling mengundang sahut-sahutan.

5. Saat dijemur, tetap jejerkan rapat sangkar burung Pleci jantang dan betina yang sedang dalam proses perjodohan tersebut.

6. Selama masa perjodohan, usahakan senantiasa diberikan pakan yang berprotein tinggi seumpama kroto untuk menyebabkan birahi kedua burung Pleci.

7. Ketika kedua kandidat indukan burung Pleci terlihat sudah cocok, keduanya sanggup mulai disatukan dalam satu kandang. Penyatuan kedua kandidat indukan Pleci tersebut dalam satu sangkar sanggup ditangani selama 3 sampai 6 hari untuk masa percobaan.

8. Perhatikan kedua burung Pleci tersebut, apakah sungguh-sungguh sudah cocok atau justru malah berkelahi. Jika keduanya ternyata saling menyerang, coba pisahkan lagi selama beberapa hari dengan cara didekatkan dalam sangkar terpisah.

9. Tapi jika selama disatukan kedua burung sudah terlihat cocok dan berjodoh, yang ditandai kedua kandidat indukan Pleci tersebut sudah mulai mencari materi untuk menghasilkan sarang (ngunjal), maka mulai perbanyak proteksi pakan hewani seumpama kroto dan ulat hongkong (UH) untuk mendongkrak birahinya agar proses reproduksinya sanggup berjalan lebih cepat.

Baca juga:

Pleci dada kuning (Dakun) vs Pleci dada putih (Daput)

Sistem koloni untuk menghasilkan Pleci lebih gacor

Perawatan yang sempurna untuk burung Decu agar tekun bunyi

Demikian sedikit isu tentang kiat dan trik untuk menjodohkan Pleci dengan efektif. Untuk isu lain seputar Pleci, sanggup dibaca pada postingan yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

PRIVATE GOOGLE SEARCH