Cara Merawat Burung Kepodang Dada Merah Bakalan Biar Cepat Bunyi

cara merawat burung kepodang dada merah bakalan biar cepat bunyi Cara merawat burung Kepodang dada merah bakalan biar cepat bunyi
Burung Kepodang dada merah

- Burung Kepodang hitam dada merah yakni salah satu burung kicauan yang cukup langka dan sungguh jarang ditemui sebab selain populasinya yang memang sedikit, burung ini juga jarang sekali berkeliaran disekitar pemukiman penduduk.

Warna bulu burung ini didominasi warna hitam dengan variasi warna merah dibagian dada dan sedikit warna merah dikedua belah sayapnya. Kaki dan paruhnya berwarna hitam keabu-abuan dengan ukuran badan lebih kecil dari burung Kepodang Emas.

Walaupun namanya burung Kepodang, namun bunyi kicauannya jauh berlawanan dengan bunyi burung Kepodang Emas.


Jenis pakan burung Kepodang hitam dada merah sama dengan burung Kepodang Emas, yakni buah-buahan dan serangga. Jika kita memelihara burung Kepodang dada merah bakalan, seharusnya burung dilatih untuk makan voer biar tidak repot dalam perawatan hariannya.

Berikut ini teladan perawatan harian burung Kepodang dada merah bakalan biar cepat jinak dan bersungguh-sungguh bunyi:

• Embunkan burung mulai jam 05.00 pagi untuk menghirup udara segar dan menikmati situasi pagi hari yang ialah waktu favorit bagi burung-burung liar untuk berkicau saling sahut-sahutan. Dengan begitu dibutuhkan burung Kepodang dada merah bakalan juga akan terpancing untuk berkicau dengan lantang (ngeplong). Pengembunan juga sanggup menangkal depresi pada burung bakalan.

• Mandikan burung secara berkala saban hari antara jam 07.00 - 09.00 pagi dengan cara disemprot menggunakan sprayer hingga berair kuyup. Setelah bulu-bulunya lepek lazimnya burung akan lebih hening dan tidak banyak bergerak.

Pada di saat burung diam, cobalah untuk berinteraksi dengan burung dengan cara di elus-elus kepalanya dan diberikan jangkrik atau ulat hongkong eksklusif dari tangan kita.

cara merawat burung kepodang dada merah bakalan biar cepat bunyi Cara merawat burung Kepodang dada merah bakalan biar cepat bunyi
Burung Kepodang hitam dada merah bakalan

Lakukan cara ini saban hari secara berkala biar burung Kepodang dada merah bakalan cepat jinak dan tidak takut lagi dengan kita.

• Bersihkan kandangnya saban hari dari kotoran dan sisa-sisa pakan yang tercecer didasar sangkar biar burung senantiasa sehat, tenteram dan cepat bunyi.

• Setelah final dimandikan, burung di angin-anginkan apalagi dahulu untuk mengeringkan bulu-bulunya. Setelah bulu-bulunya kering, gres dijemur selama kurang lebih 1 - 2 jam berkala setiap harinya.

• Setelah final dijemur, gantang burung ditempat yang teduh dan banyak lalu-lalang orang biar burung sudah biasa dengan aktivitas Manusia disekitarnya, sehingga nantinya burung Kepodang dada merah tersebut akan berani berkicau meskipun ada orang disekitarnya.

• Ganti atau tambahkan voer selaku pakan utamanya, ganti juga buahnya dengan yang gres setiap hari. Dan jangan lupa, air minumnya juga diganti saban hari biar tidak terserang kuman dan bakteri.

Variasikan bantuan buah dengan cara di selang-seling setiap harinya, misalnya selama dua hari diberikan pisang kepok, kemudian dua hari selanjutnya diberikan pepaya dan pada hari selanjutnya diberikan buah sawo. Hal ini berencana untuk menghasilkan burung Kepodang dada merah bakalan merasa bahagia sehingga tidak mudah stress. Selain itu juga untuk memadai keperluan vitaminnya

• Selain diberikan pakan berupa voer dan buah-buahan, burung Kepodang dada merah juga perlu diberikan extra fooding (EF) berupa jangkrik dan ulat hongkong.

Berikan jangkrik sebanyak 5 - 7 ekor setiap pagi dan sore hari. Sedangkan ulat hongkong (UH) sanggup diberikan pada di saat cuaca dingin/musim hujan untuk menghangatkan badan burung atau pada masa mabung untuk menolong mempercepat proses perontokan bulu-bulunya. Kroto segar juga sanggup diberikan 2 kali sepekan untuk mendongkrak birahi burung biar lebih bersungguh-sungguh berkicau.

• Pemberian vitamin khusus burung selaku penambah stamina dan daya tahan badan juga penting selaku langkah persiapan dari keadaan cuaca ekstrim yang sanggup mengakibatkan timbulnya serangan penyakit pada burung. Pemberian vitamin sepekan sekali juga akan menghasilkan burung Kepodang dada merah bakalan cepat buka suara.

• Jika keadaan burung Kepodang dada merah sedang drop/kurang fit, seharusnya burung tidak perlu dimandikan dan penjemuran cukup dijalankan selama 15 menit saja pada jam 07.00 pagi, sehabis itu seharusnya burung dikerodong.

Lakukan tahapan perawatan di atas secara berkala dan konsisten biar burung Kepodang hitam dada merah bakalan cepat jinak dan cepat berkicau.

Baca juga:



Demikian sedikit warta wacana cara merawat burung Kepodang dada merah bakalan biar cepat bunyi yang sanggup kami sampaikan pada postingan kali ini. Untuk warta lain seputar burung Kepodang, sanggup dibaca pada postingan lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

PRIVATE GOOGLE SEARCH