Manfaat Terapi Sangkar Umbaran Untuk Cucak Ijo

manfaat terapi sangkar umbaran untuk cucak ijo Manfaat terapi sangkar umbaran untuk Cucak ijo
Burung Cucak ijo

- Sebetulnya sangkar umbaran sungguh berfaedah untuk semua jenis burung tergolong Cucak ijo (CI), alasannya burung diciptakan memang untuk sanggup melayang menggunakan kedua sayapnya.

Dengan di umbar maka seluruh organ tubuhnya akan berfungsi secara optimal alasannya otot-otot sayap dan dadanya digunakan untuk melayang sehingga staminanya menjadi kuat, fisiknya lebih sehat dan nafasnya menjadi panjang yang hendak mempunyai efek pada tampilan kicauannya.

Baca juga: Penyebab Cucak ijo lambat panas dan cara mengatasinya

Cucak ijo (CI) yang sudah usang dipelihara didalam sangkar harian yang sempit pasti tidak pernah lagi sanggup bergerak secara leluasa, dan otot-otot tubuhnya tidak pernah digunakan lagi untuk beraktifitas berat sehingga organ-organ tubuhnya tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya.

Dalam waktu yang lama, hal itu akan mempunyai efek pada menurunnya tampilan dan mutu kicauannya serta akan muncul banyak sekali permasalahan dari mulai fisik, mental dan kesehatan burung Cucak ijo (CI).

Kandang umbaran atau polier mempunyai banyak sekali keuntungannya untuk burung Cucak ijo (CI), utamanya untuk Cucak ijo lapangan yang membutuhkan stamina prima untuk bertarung di arena lomba.

Dengan di umbar, maka Cucak ijo (CI) menyerupai kembali pada kodratnya adalah menggunakan sayapnya untuk melayang dan merasa menyerupai dihabitat aslinya, meskipun tidak leluasa menyerupai di alam bebas namun setidaknya semua organ-organ tubuhnya sanggup berfungsi lagi sebagaimana mestinya.

Berikut ini beberapa faedah terapi sangkar umbaran untuk burung Cucak ijo (CI):

• Menjaga stamina dan fisik Cucak ijo (CI) mudah-mudahan senantiasa fit

Dengan berkala di umbar, seluruh otot-otot tubuhnya digunanakan untuk bergerak sehingga semua organ-organ tubuhnya sanggup berfungsi lagi secara normal.

• Menguatkan otot-otot dada dan sayap Cucak ijo (CI)

Dengan berkala di umbar, maka akan mempunyai efek secara signifikan pada power bunyi Cucak ijo (CI) menjadi lebih lantang dan bertenaga. Karena power bunyi yang dihasilkan seekor burung berhubungan dengan otot-otot dada dan lehernya.

• Menguatkan nafas

Dengan berkala di umbar akan menghasilkan nafas Cucak ijo (CI) menjadi lebih panjang dan akan lebih berpengaruh berkicau dari permulaan hingga simpulan perlombaan. Nafas yang panjang memang sanggup dilatih dengan durasi penjemuran yang lama, namun akan lebih optimal jikalau fisiknya juga dilatih dengan terapi umbaran, sehingga sanggup mendapat dua faedah sekaligus adalah nafas yang panjang dan stamina yang prima.

• Mencegah kegemukan

Dengan melayang bolak-balik didalam sangkar umbaran, maka akan lebih singkat aben kalori sehingga tidak terjadi penumpukan lemak di dalam badan Cucak ijo (CI).

• Mencegah stress

Ketika berada didalam sangkar yang luas, Cucak ijo (CI) sanggup lebih leluasa bergerak mengepakkan kedua sayapnya menyerupai di alam bebas. Selain itu, juga sanggup menjadi fasilitas refreshing untuk Cucak ijo yang sudah terlalu usang berada didalam sangkar berskala kecil (kandang harian) sehingga Cucak ijo merasa menyerupai berada dihabitat aslinya.

Tapi perlu diperhatikan, untuk melakukan pengumbaran jangan sembarangan saja memasukkan Cucak ijo (CI) kedalam sangkar umbaran. Kita mesti menyaksikan keadaan burung Cucak ijo yang hendak kita umbar, apakah burung memang perlu diumbar atau justru sebaliknya burung perlu banyak istirahat alasannya keadaan fisiknya sedang tidak fit. Karena jikalau hingga salah analisa, bukannya menjadi lebih baik setelah di umbar namun kondisinya justru akan bertambah parah (ngedrop).

Jika Cucak ijo (CI) dalam keadaan yang tidak fit dan tetap dipaksakan untuk berolah raga didalam sangkar umbaran, maka kesudahannya keadaan Cucak ijo (CI) akan makin ngedrop alasannya staminanya akan terkuras untuk melayang bolak-balik didalam sangkar umbaran.

Jadi, Cucak ijo (CI) yang hendak diumbar mesti betul-betul dalam keadaan yang fit, alasannya terapi umbaran betul-betul akan menyedot stamina burung.

Ketika di umbar, Cucak ijo (CI) juga mesti diberikan pakan berupa buah-buahan dan Ekstra fooding (EF) dalam jumlah yang cukup dan air minum juga mesti disediakan.

Pemberian pakan dan Ekstra fooding (EF) menyerupai jangkrik dan kroto dengan takaran tanpa batas pada waktu diumbar berencana mudah-mudahan Cucak ijo (CI) tidak kekurangan tenaga alasannya suplai pakan senantiasa tersedia, jadi saat merasa lapar maka Cucak ijo sanggup pribadi makan semaunya. Intinya, pembakaran kalori yang besar mesti di imbangi pula dengan asupan nutrisi yang mencukupi mudah-mudahan keadaan fisik Cucak ijo tidak ngedrop.

Terapi umbaran sanggup dijalankan 2 - 3 kali sepekan mudah-mudahan Cucak ijo (CI) tidak kelelahan. Usahakan penempatan sangkar umbaran ditaruh ditempat yang terkena sinar Matahari secara pribadi mudah-mudahan Cucak ijo sanggup sekalian berjemur, usahakan juga mudah-mudahan penempatan sangkar umbaran kondusif dari gangguan predator menyerupai kucing dan binatang-binatang yang lain yang sanggup menyerang dan membuat Cucak ijo ketakutan.

Sebaiknya plangkringan/tenggeran dibentuk dengan posisi atas dan bawah, adalah posisi bawah dibagian depan (didepan pintu kandang) dan posisi atas dibagian belakang mudah-mudahan Cucak ijo sanggup melayang dengan posisi naik turun sehingga lebih efektif untuk latihan fisik burung Cucak ijo (CI).

Dengan melakukan pengumbaran secara terstruktur dan konsisten, maka lama-kelamaan keadaan fisik burung Cucak ijo (CI) akan makin fit dengan stamina yang makin berpengaruh dan nafas lebih panjang sehingga saat dilombakan sanggup tampil lebih maksimal.

Mungkin pada waktu pertama kali di umbar, Cucak ijo (CI) akan terlihat ngedrop dan capek alasannya belum terbiasa, namun setelah terapi umbaran berlangsung 1 - 2 bulan maka hasilnya akan mulai terlihat dengan kenaikan tampilan yang signifikan.

Pengumbaran sungguh berfaedah untuk kesehatan fisik dan mental burung Cucak ijo (CI), alasannya keuntungannya untuk mengembalikan burung menyerupai pada habitat orisinil dan kodratnya, adalah melayang bebas mengepakkan kedua sayapnya.

Burung Cucak ijo (CI) yang sudah terlalu usang berada didalam sangkar harian pastinya tidak pernah lagi menggunakan sayapnya untuk melayang yang menghasilkan otot-otot sayap dan otot-otot dadanya tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya, dan hal itu lama-kelamaan niscaya akan mempunyai efek pada menurunnya tampilan dan mutu kicauannya.

Baca juga:

Cara menghasilkan Cucak ijo tampil nagen dan bongkar isian

Mengenal ciri-ciri Cucak ijo siap lomba

Demikian sedikit isu tentang faedah terapi sangkar umbaran untuk Cucak ijo yang sanggup kami sampaikan pada postingan kali ini. Untuk isu lain seputar burung Cucak ijo (CI), sanggup dibaca pada postingan yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

PRIVATE GOOGLE SEARCH