Cara Merawat Perkutut Putih Mudah-Mudahan Bertahan Hidup Lebih Usang Dan Bersungguh-Sungguh Manggung

 Perkutut putih memiliki pesona tersendiri bagi para penggemar burung Perkutut Cara merawat Perkutut putih agar bertahan hidup lebih usang dan tekun manggung
Ilustrasi Perkutut Putih Kapas

- Perkutut putih memiliki pesona tersendiri bagi para penggemar burung Perkutut. Selain lantaran keindahan bulunya, Perkutut putih juga diandalkan selaku burung pembawa hoki. Hal itu tidak lepas dari mitos yang beredar di penduduk tentang Perkutut putih yang diandalkan memiliki kekuatan ghaib.

Pada jaman dahulu, Perkutut putih cuma boleh dipelihara oleh para Raja, dan para pejabat tinggi kerajaan atau golongan aristokrat saja, alasannya merupakan burung ini di anggap memiliki derajad yang lebih tinggi dari Perkutut lainnya.

Tapi ketika ini, siapa pun sanggup memiliki Perkutut putih asal memiliki duit untuk membelinya. Harga Perkutut putih memang lebih mahal dari Perkutut biasa, utamanya Perkutut putih kapas.

Perkutut putih yang banyak dijual di pasar-pasar burung kini ini merupakan Perkutut hasil ternak, bukan Perkutut setempat alam menyerupai yang dipelihara para Raja jaman dahulu yang diandalkan memiliki yoni.

Banyak yang menyebut Perkutut putih selaku Perkutut albino. Ada dua jenis Perkutut putih yang kini ini banyak ditangkarkan oleh para peternak burung Perkutut, yakni Perkutut putih lurik dan Perkutut putih kapas.

 Perkutut putih memiliki pesona tersendiri bagi para penggemar burung Perkutut Cara merawat Perkutut putih agar bertahan hidup lebih usang dan tekun manggung
Ilustrasi Perkutut Putih Lurik

Perkutut lurik meiliki warna bulu putih yang kurang cerah (kusam) dan masih ada lurik pada bulu-bulunya, sedangkan Perkutut putih kapas memiliki warna putih cerah dan tidak terdapat lurik pada bulu-bulunya (putih polos).

Saat ini telah lumayan banyak peternak yang menangkarkan burung Perkutut putih yang berasal dari indukan Perkutut putih atau indukan pembawa gen putih (albino).

Banyak yang berasumsi jika Perkutut putih tidak mudah dipelihara lantaran daya tahan tubuhnya tidak sebagus Perkutut biasa, sehingga mudah mati jika perawatannya tidak tepat.

Tapi sebetulnya, perawatan Perkutut putih tidak beda jauh dengan perawatan Perkutut biasa. Hal paling penting yang mesti diamati dalam merawat Perkutut putih, antara lain:

• Berikan pakan berupa adonan biji-bijian yang berkualitas. Lebih baik lagi jika sebelum diberikan pada burung, biji-bijian tersebut diaduk kuning telur ayam kampung dan dikeringkan dulu.

• Air minum mesti senantiasa higienis agar tidak terjangkit basil yang sanggup menyebakan burung sakit, mengingat daya tahan badan Perkutut putih kepada serangan penyakit tidak setangguh Perkutut biasa. Lebih baik lagi jika diberikan air matang.

• Berikan tulang sotong untuk ngasin dan menyanggupi asupan kalsium burung Perkutut putih.

• Kebersihan sangkar mesti senantiasa dijaga agar kotoran tidak hingga menumpuk lantaran sanggup membuat burung terjangkit penyakit.

• Pastikan keadaan lingkungannya bersih, kondusif dan tenteram agar Perkutut putih senantiasa sehat dan tidak stress.

• Sebaiknya Perkutut putih jangan sering dimandikan agar keadaan tubuhnya tidak ngedrop.

• Jemur burung saban hari selama kurang lebih 2 jam.

• Berikan jamu khusus Perkutut untuk mempertahankan keadaan badan Perkutut putih tetap prima dan tekun manggung.

Baca juga:




Demikian sedikit isu tentang cara merawat Perkutut putih agar bertahan hidup lebih usang dan tekun manggung. Untuk isu lain seputar burung Perkutut, sanggup dibaca pada postingan lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

PRIVATE GOOGLE SEARCH