Cara Merawat Burung Srigunting Krantil Bakalan Biar Bertahan Hidup Dan Cepat Bunyi

cara merawat burung srigunting krantil bakalan biar bertahan hidup dan cepat bunyi Cara merawat burung Srigunting Krantil bakalan biar bertahan hidup dan cepat bunyi
Burung Srigunting Krantil

- Burung Srigunting Krantil tergolong salah satu jenis burung Srigunting yang paling unik dan istimewa alasannya pada pecahan ekornya terdapat sungut panjang seumpama antena yang menjuntai kebawah.

Burung ini lebih sering hidup dihutan-hutan dataran tinggi dan jarang sekali ditemui berkeliaran di sekeliling pemukiman penduduk.

Seperti halnya burung Srigunting jenis lainnya, burung Srigunting Krantil juga tergolong burung pandai yang cerdik menirukan banyak sekali macam bunyi kicauan burung lain dengan segera dan fasih, sehingga bunyi kicauannya sanggup beraneka ragam tergantung dari masterannya.


Burung Srigunting Krantil tergolong burung yang mudah stress, terlebih jikalau dipelihara dari bakalan (muda hutan), alasannya di alam bebas burung ini jarang berinteraksi dengan Manusia sehingga sukar mengikuti kondisi dengan lingkungan Manusia saat dipelihara didalam kandang.

Burung ini juga sukar untuk dilatih makan voer, oleh alasannya itu asupan pakannya seumpama jangkrik dan ulat hongkong mesti senantiasa terpenuhi biar burung ini sanggup bertahan hidup.

Berikut ini kiat perawatan burung Srigunting Krantil bakalan biar sanggup bertahan hidup dan cepat bunyi:

cara merawat burung srigunting krantil bakalan biar bertahan hidup dan cepat bunyi Cara merawat burung Srigunting Krantil bakalan biar bertahan hidup dan cepat bunyi
Burung Srigunting Krantil Bakalan

1. Ketika burung gres kita beli, sesampainya dirumah secepatnya masukkan kedalam sangkar yang cukup besar biar ekornya yang panjang tidak rusak alasannya menjamah jeruji kandang.

2. Tempatkan kandangnya dilokasi yang sepi biar burung tidak stres dan sanggup mengikuti kondisi dengan lingkungan barunya.

3. Berikan pakan berupa jangkrik, ulat hongkong dan kroto dengan takaran yang lumayan banyak biar burung sanggup makan sepuasnya untuk memulihkan kondisi fisiknya.

4. Untuk sementara burung Sigunting Krantil bakalan tersebut tidak usah dimandikan dahulu biar burung tidak stress.

5. Setelah satu ahad dipelihara, kita sanggup mulai melatih burung untuk makan voer. Caranya dengan mencampurkan voer halus dengan ulat hongkong yang dipotong-potong, atau sanggup juga menggunakan kroto diaduk voer halus. Jangkrik tetap diberikan pada pagi dan sore hari dengan takaran 5/5.

Kurangi gabungan ulat hongkong atau kroto saban hari dan tambahkan dosis voer halus hingga burung Srigunting Krantil bakalan mau makan voer polos tanpa gabungan ulat hongkong atau kroto.

Ciri burung yang sudah ngevoer sanggup dilihat dari bentuk kotorannya yang padat dan warnanya sama dengan voer yang kita berikan.

6. Setelah burung Srigunting Krantil ngevoer total, kita sanggup mulai memandikannya setiap pagi dengan cara disemprot halus menggunakan sprayer.

7. Setelah tamat dimandikan, berikan jangkrik sebanyak 5 ekor kemudian gantang ditempat yang teduh untuk mengeringkan bulu-bulunya.

8. Setelah bulu-bulunya kering, kemudian jemur selama kurang lebih 1 - 2 jam berkala saban hari biar burung senantiasa sehat, aktif dan tekun bunyi.

9. Untuk sementara jangan sering pindah-pindah lokasi penempatan kandangnya biar burung memahami lingkungan barunya dan cepat mapan.

10. Bersihkan kandangnya saban hari dan ganti juga air minumnya dengan yang higienis saban hari biar tidak terserang kuman dan basil penyebab penyakit.

Baca juga:



Demikian sedikit gunjingan wacana cara merawat burung Srigunting Krantil bakalan biar bertahan hidup dan cepat bunyi yang sanggup kami sampaikan pada postingan kali ini. Untuk gunjingan lain seputar burung Srigunting, sanggup dibaca pada postingan lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

PRIVATE GOOGLE SEARCH