Perawatan Yang Sempurna Untuk Pleci Mabung

Pleci merupakan burung mungil yang memiliki bunyi kicauan merdu dengan bunyi ngalasnya yang khas. Pleci juga tergolong burung yang pandai dalam menirukan suara-suara burung lain yang sering didengarnya.

Ketika sudah gacor, Pleci akan bersungguh-sungguh sekali berkicau dengan bunyi ngalas dan suara-suara isiannya sepanjang hari. Tapi di saat Pleci memasuki masa mabung, maka performanya akan mulai menurun dan tidak aktif berkicau lagi.

Ciri-ciri Pleci yang mau memasuki masa mabung:

• Pada di saat akan memasuki masa mabung/ngurak, Pleci akan sering terlihat membuatkan bulu-bulunya/nyekukruk.

• Pleci menjadi lebih banyak minum.

• Pleci menjadi malas beraktifitas dan malas berkicau.

• Mulai banyak bulu halus yang rontok.

• Mental Pleci menjadi tidak stabil dan mudah down di saat mendengar bunyi atau berjumpa Pleci lain.

• Biasanya di saat akan memasuki masa mabung/ngurak, Pleci juga menjadi malas mandi.

Normalnya proses mabung akan berjalan paling usang sekitar 1,5 bulan, dan bila proses mabung berjalan lebih dari 1,5 bulan memiliki arti masa mabungnya berjalan tidak normal.

Jika proses mabung berjalan dengan wajar lazimnya penampilan Pleci menjadi lebih elok dari sebelumnya alasannya keadaan fisiknya kian prima dan mentalnya menjadi kian mapan.

Untuk merawat Pleci yang sedang mabung/ngurak berbarengan sungguh mudah alasannya yang paling penting merupakan menyanggupi keperluan nutrisinya selama proses mabung berlangsung.

Jika bulu-bulu halus mulai banyak yang rontok, maka semestinya secepatnya laksanakan perawatan mabung/ngurak selaku berikut:

• Penempatan

Tempatkan Pleci yang sedang mabung/ngurak pada lingkungan yang tenang/hening biar Pleci merasa tenteram dan sanggup menyelesaikan masa mabungnya dengan sempurna.

• Isolasi

Pada di saat proses mabung berlangsung, usahakan biar Pleci tidak mendengar bunyi Pleci atau burung-burung lain dengan jarak yang terlalu bersahabat biar Pleci sanggup beristirahat dengan tenang.

• Full kerodong

Pada di saat mabung/ngurak, semestinya Pleci lebih banyak dikerodong (Full kerodong). Buka kerodong cuma pada di saat membersihkan kandang, dan menyediakan pakan serta air minum.

• Pakan

Berikan voer yang bermutu dengan kandungan protein yang tinggi diaduk susu bubuk untuk mempercepat proses perontokan bulu-bulunya. Pleci yang sedang dalam masa mabung/ngurak memerlukan nutrisi lebih besar, sehingga perlu diberikan asupan Ekstra fooding (EF) lebih banyak dari takaran hariannya.

• Ekstra fooding (EF)

Pada di saat Pleci sedang merontokkan bulu-bulu lamanya, berikan ulat hongkong (UH) atau ulat sangkar (UK) lebih banyak dari takaran hariannya untuk menolong mempercepat proses perontokan bulu-bulunya, dan pada di saat Pleci mulai menumbuhkan bulu-bulu barunya, hentikan sumbangan ulat hongkong (UH) atau ulat sangkar (UK). Ganti dengan jangkrik kecil dan kroto dengan takaran sekenyangnya biar perkembangan bulu-bulu barunya lebih singkat dan sehat.

• Buah

Untuk menyanggupi keperluan vitamin Pleci, buah-buahan juga mesti diberikan berkala saban hari seperti: pisang kepok, pepaya, apel, dan buah-buahan yang lain secara bergantian.

• Mandi dan jemur

Pada di saat mabung semestinya Pleci tidak perlu dimandikan dan dijemur biar tidak menghalangi proses mabungnya. Mandikan Pleci pada di saat semua bulu-bulunya sudah berkembang tepat dan mulai dijemur selama 15 menit saja saban hari mulai jam 07.00 pagi. Setelah 2 bulan pasca mabung atau setelah bulu-bulunya kering/kuat, penjemuran mulai sanggup ditingkatkan lebih lama.

• Pemasteran

Lakukan pemasteran pada di saat Pleci mabung/ngurak, alasannya pada di saat mabung Pleci lebih banyak membisu dan beristirahat sehingga lebih konsentrasi dalam merekam suara-suara yang didengarnya.

• Masa pemulihan

Masa pemulihan/rekondisi sanggup berjalan selama 3 bulan setelah simpulan masa mabungnya. Pada masa ini perawatan Pleci sanggup dikembalikan menyerupai sebelum mabung/ngurak.

Biasanya setelah simpulan mabung/ngurak, badan Pleci menjadi lebih gemuk alasannya sumbangan Ekstra fooding (EF) yang berlebihan dan kurangnya aktifitas selama masa mabung berlangsung. Karena itu Pleci perlu di umbar untuk merampingkan tubuhnya dan mengembalikan staminanya biar kembali prima.

Untuk sementara Pleci jangan di track/dilombakan dahulu hingga kondisinya sungguh-sungguh sempurna. Berikan vitamin khusus untuk burung kicau selaku ekstra tambahan untuk mempercepat pemulihan kondisinya.

Baca juga:

Ciri-ciri Trucukan bakalan yang bagus

Tips biar Sirtu/Cipoh yang gres dibeli tidak stres

Perbedaan Kenari Loper dengan Kenari AF dan Kenari jenis lainnya

Demikian sedikit gunjingan mengenai "Perawatan yang cocok untuk Pleci mabung". Untuk gunjingan lain seputar Pleci, sanggup dibaca pada postingan yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Pleci mabung/ngurak

Subscribe to receive free email updates:

PRIVATE GOOGLE SEARCH