Ciri-Ciri Perbedaan Derkuku Jantan Dan Betina Yang Akurat

Cara menangkap burung Derkuku liar dengan jerat dan jontrot

Burung Derkuku meningkat biak sepanjang tahun dengan menghasilkan sarang dari ranting-ranting kecil dan rumput-rumput kering yang ditaruh didahan pohon atau diatas tanah.

Baik burung Derkuku jantan maupun burung Derkuku betina sama-sama sanggup manggung, namun umumnya burung jantan lebih tekun manggung dan bunyi anggungannya lebih merdu dan lebih keras dibanding burung betina.

Antara burung Derkuku/Tekukur jantan dan betina memiliki performa fisik dan warna bulu yang terlihat serupa sehingga agak sulit untuk membedakan jenis kelaminnya.

Tapi jikalau diamati dengan lebih teliti bahwasanya ada beberapa ciri-ciri yang membedakan antara burung Derkuku jantan dan betina, baik dari postur tubuh, warna bulu, perilaku, dan bunyi anggungannya.

Berikut ini beberapa ciri-ciri yang membedakan antara burung Derkuku/Tekukur jantan dan betina:

ciri perbedaan burung derkuku jantan dan betina paling akurat Ciri-ciri perbedaan Derkuku jantan dan betina yang akurat
Burung Tekukur jantan dan betina

1. Postur tubuh

Ketika masih anakan, cukup mudah untuk membedakan antara burung Derkuku jantan dan betina alasannya ukuran badan anakan Derkuku jantan lebih besar dari yang betina.

Bulu-bulu anakan burung Derkuku/Tekukur betina lebih banyak dari anakan burung Derkuku jantan dan berwarna kekuning-kuningan.

Jika dipegang, badan anakan burung Derkuku/Tekukur jantan terasa lebih berat dan berisi dibanding dengan anakan burung Derkuku betina.

Postur badan burung Derkuku jantan remaja lebih besar dan panjang dengan dada yang lebih lebar, sedangkan postur badan burung Derkuku betina lebih kecil dan dadanya terlihat sempit.

2. Bulu sayap

Bulu sayap burung Derkuku/Tekukur jantan lebih minim dibanding dengan bulu sayap burung Derkuku betina dengan warna bulu yang lebih cerah dibanding burung betina.

3. Bentuk kepala

Kepala burung Derkuku jantan lebih besar dengan bentuk lebih menonjol, sedangkan kepala Derkuku betina lebih kecil dengan bentuk yang agak membulat, dan jikalau diamati warna bulu pada bab kepala (dahi) burung Derkuku jantan terlihat lebih cerah dari burung betina.

4. Mata

Bentuk mata burung Derkuku/Tekukur jantan terlihat lebih besar dengan sorot mata yang tajam, sedangkan mata burung Derkuku betina lebih kecil dengan sorot mata sayu.

5. Leher

Bentuk leher burung Derkuku jantan lebih besar dengan referensi bintik-bintik pada bulu lehernya lebih banyak dan cerah, sedangkan bentuk leher burung Derkuku betina lebih kecil dengan warna bintik-bintik lebih minim dan warnanya agak kusam.

6. Suara

Burung Derkuku jantan lebih tekun manggung dengan bunyi yang lebih besar dan nyaring, dan di saat telah birahi, burung Derkuku jantan akan sering bunyi dengan mengangguk-anggukkan kapalanya (mbekur).

7. Supit udang

Supit udang burung Derkuku/Tekukur jantan jaraknya lebih sempit dan terasa agak keras dikala ditekan dengan jari, sedangkan supit udang burung Derkuku betina lebih lebar/renggang dan terasa lunak dikala ditekan dengan jari.

8. Anus/Kloaka

Jika diperhatikan, bentuk anus/kloaka burung Derkuku jantan lebih menonjol keluar, sedangkan anus/kloaka burung Derkuku betina bentuknya lebih datar dan lebih lebar.

Baca juga:

Cara merawat anakan burung Derkuku liar dari lolohan

Cara menjinakkan burung Derkuku liar tangkapan hutan

Demikian sedikit isu tentang ciri-ciri perbedaan burung Derkuku jantan dan betina paling akurat yang sanggup kami sampaikan pada postingan kali ini. Untuk isu lain seputar burung Derkuku/Tekukur, sanggup dibaca pada postingan yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

PRIVATE GOOGLE SEARCH