Ciri-Ciri Cucak Ijo (Ci) Trotol Semiran

 merupakan salah satu burung kicauan yang memiliki banyak penggemar lantaran bunyi kicauanny Ciri-ciri Cucak ijo (CI) trotol semiran
Ilustrasi Cucak ijo semiran

- Cucak ijo (CI) merupakan salah satu burung kicauan yang memiliki banyak penggemar lantaran bunyi kicauannya memang sungguh merdu dan bervariasi, ditambah dengan kecerdasannya dalam menirukan banyak sekali bunyi burung lain dengan segera sehingga menghasilkan banyak Kicau Mania yang terpikat untuk memeliharanya.

Harga pasaran Cucak ijo (CI) juga tergolong yang paling stabil ketimbang harga burung ocehan jenis yang lain mirip Kacer, Kenari, Lovebird (LB) dan burung-burung yang lain yang tidak stabil dan condong terus menurun lantaran stoknya sungguh melimpah akhir dari gampangnya burung-burung tersebut ditangkarkan.

Stabilnya harga pasaran burung Cucak ijo (CI) dikarenakan stock materi burung ini dipasaran nyaris segalanya berasal dari tangkapan hutan (muda hutan), lantaran hingga di saat ini burung Cucak ijo masih susah untuk ditangkarkan.

Baca juga: Cara beternak Cucak ijo yang benar mudah-mudahan berhasil

Banyaknya Kicau Mania yang berkeinginan memelihara Cucak ijo (CI) menghasilkan burung ini laku elok dipasaran, dan hal itu menjadi potensi bisnis bagi para oknum pedagang badung untuk memasarkan Cucak ijo betina yang disulap menjadi Cucak ijo jantan dengan cara disemir mudah-mudahan memiliki topeng.

Akibatnya banyak para penggemar Cucak ijo (CI) pemula yang tertipu lantaran ulah para oknum pedagang badung yang memasarkan Cucak ijo semiran demi mendapat laba lebih banyak. Karena para penggemar Cucak ijo lebih menegaskan untuk memelihara burung Cucak ijo jantan untuk dipelihara, baik yang cuma dijadikan selaku klangenan dirumah atau yang maksudnya untuk dilombakan alasannya merupakan burung Cucak ijo jantan memiliki bunyi kicauan yang lebih lantang dan beragam serta lebih gacor.

Untuk mengelabuhi pembeli, umumnya Cucak ijo (CI) betina cuma disemir dengan totol-totol hitam saja mudah-mudahan terlihat mirip Cucak ijo jantan trotolan yang belum full nopeng. Cucak ijo yang cuma disemir mirip trotolan inilah yang agak susah untuk dibedakan dengan Cucak ijo trotolan jantan yang asli, terlebih untuk para pemula.

Baca juga: Cara membedakan Cucak ijo jantan dan betina muda/trotolan

Berikut ini beberapa ciri-ciri Cucak ijo orisinil dan Cucak ijo semiran:

• Ciri-ciri Cucak ijo (CI) dengan trotol/topeng asli:

- Memiliki bulu hitam yang pekat dan mengkilat.
- Ketika burung telah dimandikan dalam beberapa hari, warna hitamnya tidak berubah/tidak luntur.
- Warna biru metalik disamping/bawah paruh terlihat terang tidak tertutup warna hitam.
- Lingkar mata terlihat berwarna hitam.
- Ketika bulu-bulu hitam dicabut dan diolesi dengan minyak kayu putih, warnanya tidak akan luntur.

• Ciri-ciri Cucak ijo (CI) dengan trotol/topeng semiran:

- Warna hitamnya condong berwarna doff atau tidak mengkilat mirip warna orisinil burung jantan.

- Warna biru metalik disamping/bawah paruh tidak tampak, atau tertutup warna hitam semir.

- Cucak ijo (CI) betina yang disemir hingga berupa topeng/nopeng, bila diperiksa pada bab kulit lehernya akan terlihat berwarna hitam lantaran ikut terkena cairan semir.

- Paruh Cucak ijo (CI) betina yang dicat hitam menggunakan spidol atau pewarna lain sanggup dihapus dengan menggunakan jari tangan yang diolesi minyak kayu putih atau air, bila warna hitamnya luntur dan melekat pada jari kita bermakna warna paruh tersebut merupakan hasil semiran mudah-mudahan mirip warna paruh Cucak ijo jantan yang hitam pekat.

- Cucak ijo (CI) betina juga ada yang sanggup bersuara kencang mirip Cucak ijo jantan, namun bunyi kicauannya condong ngeban atau diulang-ulang (monoton) dan lebih tekun ngeriwik serta lebih sering mengeluarkan bunyi aslinya. Sedangkan bunyi kicauan Cucak ijo jantan lebih beragam dengan banyak materi isian.

- Kaki Cucak ijo (CI) betina yang telah remaja akan terlihat kering, dan bila Cucak ijo yang masih trotol namun kakinya telah terlihat kering maka perlu dicurigai lantaran kemungkinan besar Cucak ijo trotolan tersebut merupakan Cucak ijo betina yang disemir mudah-mudahan terkesan mirip Cucak ijo jantan trotolan.

Baca juga: Tips mudah-mudahan trotolan Cucak ijo cepat nopeng

Demikian sedikit pemberitahuan tentang ciri-ciri Cucak ijo trotol semiran yang sanggup kami sampaikan pada postingan kali ini. Untuk pemberitahuan lain seputar burung Cucak ijo (CI), sanggup dibaca pada postingan yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

PRIVATE GOOGLE SEARCH