Ciri-Ciri Burung Larwo/Murai Kerikil Jawa

Ciri-ciri Murai Batu Medan Super orisinil dan Murai Batu import

Tapi selain dari Sumatera dan Kalimantan, ternyata di Jawa juga ada jenis burung Murai Batu (MB) yang lazim disebut Larwo (Lar dowo) yang dalam bahasa Indonesia artinya "ekor panjang".

Larwo yakni Murai Batu (MB) orisinil dari Pulau Jawa yang dahulu pernah terkenal dikalangan Kicau Mania sebelum Murai Batu dari Sumatera dan Kalimantan banyak didatangkan ke Pulau Jawa.

Nasib Larwo tidak berlawanan jauh dengan burung-burung kicauan lain yang sekarang populasinya kian langka dan terancam punah akhir perburuan liar dan tidak adanya upaya untuk menangkarkan burung ini.

Ciri-ciri burung Larwo:

• Secara fisik, ukuran badan Larwo condong lebih kecil dibanding dengan Murai Batu (MB) asal Sumatera dan Kalimantan. Postur tubuhnya terlihat lebih pendek dan bundar (buntet) dengan ekor yang tidak terlampau panjang sekitar 14-15 cm.

• Batas antara bulu hitam dan coklat pada dadanya melebar hingga nyaris kebagian perut menyerupai Kacer, berlawanan dengan Murai Batu (MB) kebanyakan yang memiliki bulu hitam pada dadanya sejajar dengan posisi sayap.

• Perbedaan yang paling menonjol antara Larwo dengan Murai Batu yang lain yakni pada gayanya dikala berkicau. Ciri khas Larwo yakni dikala berkicau/bertarung akan membuatkan bulu-bulu kepalanya (njambul) menyerupai gaya tarung Cucak Ijo (CI) dan juga akan mengoptimalkan ekornya ke atas menyerupai Ciblek.

• Karakter bunyi Larwo menyerupai dengan bunyi Murai Batu (MB) Borneo yang condong didominasi suara-suara pendek dengan banyak siulan dan kurang variatif dikala berkicau sendirian. Tapi bunyi Larwo terdengar lebih kering, sedangkan bunyi Murai Batu Borneo sanggup dibilang agak basah.

Saat ini burung Larwo sungguh susah ditemui sebab populasinya di alam bebas telah sungguh memprihatinkan dan sanggup dibilang telah nyaris punah akhir perburuan liar yang terus ditangani tanpa adanya upaya penangkaran.

Baca juga:

Perbedaan Murai Batu Lampung super dan Murai Batu Lampung semi

Ciri-ciri Murai Batu Bahorok asli

Demikian sedikit gunjingan mengenai ciri-ciri burung Larwo/Murai Batu Jawa yang sanggup kami sampaikan pada postingan kali ini. Untuk gunjingan lain seputar burung Murai Batu (MB), sanggup dibaca pada postingan yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

PRIVATE GOOGLE SEARCH