Ciri-Ciri Perbedaan Burung Kepodang Jantan Dan Betina

Cara merawat burung Kepodang bakalan biar cepat bunyi

Untuk membedakan antara burung Kepodang jantan dan burung Kepodang betina memang cukup susah alasannya burung Kepodang ialah jenis burung monomorfik, yakni antara burung jantan dan burung betina memiliki performa fisik dan warna bulu yang hampir serupa. Oleh alasannya itu, perlu kejelian untuk membedakan jenis kelamin burung Kepodang.

Berikut ini beberapa ciri-ciri yang membedakan antara burung Kepodang jantan dan betina:

• Kepala

Rata-rata burung Kepodang jantan memiliki bentuk kepala yang lebih besar dibandingkan burung Kepodang betina.

• Topeng/mantel

Burung Kepodang jantan dan betina sama-sama memiliki topeng/mantel atau bulu berwarna hitam yang terdapat dibagian mata melingkar hingga kepala bab belakang. Tapi kalau diperhatikan, burung Kepodang jantan memiliki mantel/topeng yang lebih tipis dibagian belakang kepalanya, sedangkan burung Kepodang betina memiliki topeng/mantel yang lebih tebal/lebar.

• Ekor

Ciri-ciri Kepodang jantan dan betina berikutnya yakni pada bab pangkal ekornya. Pada bab bulu ekor burung Kepodang jantan terdapat warna kuning dibagian sisinya dan warna hitam dibagian tengahnya, sedangkan bulu ekor burung Kepodang betina cuma terdapat sedikit warna kuning yang tidak terlampau jelas/pudar, atau lebih didominasi warna hitam.

• Sayap

Ciri-siri berikutnya yang membedakan antara burung Kepodang jantan dan betina yakni pada garis-garis kuning dibagian sayapnya. Pola garis-garis kuning pada sayap burung Kepodang jantan terlihat lebih lebar dan renggang, sedangkan pada burung Kepodang betina terlihat lebih sempit.

• Suara

Suara hutan burung Kepodang jantan (pituwolu) terdengar sungguh jelas, keras dan terdengar menggema hingga jauh, sedangkan bunyi kicauan burung Kepodang betina condong lebih rendah dengan bunyi (kiuw-kiuw).

Tapi burung Kepodang betina memiliki lebih banyak kombinasi kicauan dan lebih gampang jinak kalau dibandingkan burung Kepodang jantan, dan keduanya sama-sama sanggup gacor.

Baca juga:

Cara paling efektif untuk menjinakkan burung Kepodang bakalan yang terlalu giras

Cara merawat burung Kepodang mabung biar cepat selesai

Demikian sedikit warta tentang ciri-ciri perbedaan burung Kepodang jantan dan betina beserta gambarnya yang sanggup kami sampaikan pada postingan kali ini. Untuk warta lain seputar burung Kepodang, sanggup dibaca pada postingan yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

PRIVATE GOOGLE SEARCH