Pengobatan Katarak Pada Burung Dengan Cara Alami

Katarak merupakan salah satu penyakit pada mata burung yang mulanya berupa flek putih dengan ukuran kecil yang lama-kalamaan akan kian melebar jikalau tidak secepatnya di obati, dan balasannya burung akan mengalami kebutaan bahkan kematian.

Penyebab katarak sanggup bermacam-macam, sanggup sebab aspek internal, misalnya dari pengaruh kuliner yang dimakan atau aspek genetik, dan juga aspek eksternal, misalnya mata burung sering terpapar cahaya yang terlalu silau.

Dari aspek makanan, banyak yang menilai jikalau pinjaman ulat hongkong (UH) yang terlalu berlebihan menjadi salah satu penyebab timbulnya katarak pada mata burung.

Sedangkan dari aspek eksternal, banyak yang menilai penempatan burung yang tidak sempurna dikala dijemur atau digantang pada wilayah yang terlalu bersahabat dengan cahaya silau, baik itu cahaya Matahari atau cahaya lampu merupakan salah satu penyebab timbulnya katarak pada mata burung.

Pencegahan dan penanganan katarak pada burung kicau:

Pencegahan:

• jangan menggantang burung di wilayah yang bersahabat dengan cahaya pribadi atau pantulan cahaya yang menyilaukan mata, misalnya di bersahabat tembok yang berwarna cerah/mencolok yang berpeluang memantulkan sinar Matahari.

• Jangan menggantang burung terlalu bersahabat dengan lampu pada malam hari, sebab akan menghasilkan mata burung silau dan jikalau hal ini berjalan dalam waktu yang usang maka sanggup membuat mata burung terkena katarak.

Pengobatan:

• Menggunakan Propolis

Propolis merupakan sebuah zat yang dihasilkan oleh lebah madu yang dikumpulkan dari pucuk daun-daun muda dan diaduk dengan air liur lebah. Propolis dipakai oleh lebah untuk menambal dan mensterilkan sarangnya dari serangan virus, bakteri, jamur, dan lainnya.

Propolis banyak dipakai selaku penyelesaian alternatif alamiah untuk penyembuhan dari banyak sekali macam penyakit pada Manusia, bahkan untuk binatang juga sanggup tergolong untuk menangani atau mengobati penyakit pada burung kicau.

Berikut ini merupakan kelebihan pemakaian Propolis dibanding obat-obatan kimia:

- Propolis merupakan materi murni yang berasal dari alam sehingga tidak ada imbas samping dan cocok untuk segala macam burung kicauan.

- Penyembuhan penyakit pada burung kicau dengan propolis bersifat luar-dalam dan menyeluruh, sehingga akan mengurangi ongkos sebab 1 obat sanggup dipakai untuk segala macam penyakit, baik penyakit luar maupun penyakit dalam.

Cara pemakaian Propolis pada burung kicau:

- Untuk penyembuhan mata burung yang terkena katarak sanggup menggunakan 1 tetes Propolis yang diaduk dengan 5-7 tetes air higienis kemudian teteskan pada mata burung yang sakit sebanyak 1 kali sehari dan sisanya sanggup dipakai untuk hari selanjutnya hingga habis.

• Menggunakan bunga Kitolod

Tanaman kitolod kian terkenal setelah teruji sukses menyembuhkan banyak sekali jenis penyakit yang berafiliasi dengan mata.

Tanaman ini bekerjsama merupakan flora liar yang lazim berkembang di pinggir selokan, sungai, dan disela-sela bebatuan yang lembab. Tanaman ini juga sanggup berkembang di dataran rendah maupun dataran tinggi.

Tanaman Kitolod Sudah usang dipakai oleh penduduk pedesaan dengan cara memetik bunganya pada pagi hari dikala bunga masih berembun.

Embun yang melekat pada bunga Kitolod tersebut kemudian diteteskan pada mata selaku obat gangguan mata. Sebenarnya, tujuan pinjaman obat tetes kitolod merupakan untuk membersihkan dan membuka lapisan (kotoran) yang melekat pada kornea mata.

Sedangkan untuk mengobati katarak pada burung, caranya dengan mengambil beberapa tangkai bunga kitolod kemudian diperas dan diambil airnya, air perasan ini sanggup disimpan dalam wadah bekas obat tetes mata atau sanggup juga disimpan dalam wadah lainnya.

Air perasan dari bunga Kitolod tadi sanggup pribadi diteteskan pada mata burung yang terkena katarak dua kali sehari, yakni satu kali pada sore hari menjelang burung istirahat dan satu kali pada pagi harinya.

Agar lebih maksimal, setelah ditetesi air perasan bunga kitolod, mata burung  juga sanggup dikompres menggunakan seduhan air daun sirih atau bunga melati, kemudian laksanakan pemijatan dengan lembut pada belahan sekitar mata yang terkena penyakit katarak.

Lakukan pengobatan tersebut secara berkala hingga penyakit katarak pada mata burung tersebut sungguh-sungguh sembuh.

Baca juga:

Cara mengobati serak pada Cucak ijo (CI)

Penyebab dan cara menangani Kacer nyilet

Tips untuk menangani Murai Batu (MB) kanibal/cabut bulu

Demikian sedikit isu tentang "Pengobatan katarak pada burung dengan cara alami". Untuk isu lain seputar burung kicau, sanggup dibaca pada postingan yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Bunga Kitolod dan Propolis

Subscribe to receive free email updates:

PRIVATE GOOGLE SEARCH