Penyebab Lovebird Tidak Mau Kawin Dan Cara Mengatasinya

Dalam beternak Lovebird (LB) kadang-kadang kita temui permasalahan dimana kedua kandidat indukan Lovebird tidak juga melakukan perkawinan dengan pasangannya.

Untuk pasangan Lovebird (LB) yang masih berusia muda, perkara menyerupai itu lumrah terjadi sebab Lovebird muda memang belum waktunya kawin atau belum birahi.

Beberapa aspek penyebab pasangan Lovebird (LB) tidak mau kawin:

• Untuk pasangan Lovebird (LB) yang masih berusia muda umumnya salah satu atau keduanya belum birahi.

• Pasangan Lovebird (LB) sanggup saja terlihat berjodoh, sebab tidak ada sikap kasar (galak) yang dijalankan oleh keduanya. Tapi meskipun terlihat akur dan mesra tetapi tidak juga mau melakukan perkawinan. Jika hal ini yang terjadi dalam waktu yang cukup usang maka sanggup ditarik kesimpulan bila kedua Lovebird tersebut tidak berjodoh. 

• Kadang kedua Lovebird (LB) terlihat akur, senantiasa berdampingan dan saling meloloh namun tidak pernah melakukan perkawinan. Hal itu umumnya terjadi sebab kedua Lovebird tersebut berjenis kelamin sama, sebab meskipun sesama jenis tingkah laris Lovebird condong menyerupai jantan dan betina.

Tips agar pasangan Lovebird (LB) mau kawin:

Usia remaja kelamin Lovebird (LB) merupakan pada usia 8-9 bulan. Pada usia tersebut Lovebird telah memasuki masa kawin.

Tapi terkadang meskipun telah memasuki usia remaja kelamin, namun kedua kandidat indukan tidak juga mau melakukan perkawinan. Hal itu sanggup kita atasi dengan beberapa cara berikut ini:

• Berikan pakan yang bergizi berupa gabungan biji-bijian menyerupai milet putih, milet merah, biji bunga matahari, canary seed, gambah merah, dan biji-bijian lainnya.

• Selain pakan berupa biji-bijian, Ekstra fooding (EF) seperti: jagung muda, kangkung, tauge, dan buah-buahan juga mesti diberikan agar keadaan kesehatan Lovebird (LB) senantiasa tersadar dan cepat birahi.

• Saat proses perjodohan, berikan vitamin khusus breeding untuk menyebabkan birahi kandidat indukan jantan dan betina agar cepat melakukan perkawinan.

• Pada dikala masa perjodohan pertama kali berlangsung, semestinya kotak glodok jangan dimasukkan ke sangkar ternak dahulu hingga kedua kandidat indukan Lovebird (LB) terpantau telah melakukan perkawinan.

• Bersihkan sangkar ternak secara berkala saban hari agar Lovebird (LB) merasa tenteram dan senantiasa sehat.

• Air minum mesti diganti saban hari dengan yang baru/bersih.

Ciri-ciri Lovebird (LB) yang telah siap kawin:

• Kedua kandidat indukan Lovebird (harus jantan dan betina) akan senantiasa berdampingan dan saling meloloh.

• Jika kedua pasangan Lovebird (LB) terlihat telah dekat/akur, coba pisahkan keduanya untuk beberapa dikala kemudian pantau tingkah lakunya. Jika kedunya saling berkicau dan menabrak jeruji sangkar memiliki arti kedua Lovebird (LB) tersebut saling suka.

• Jika Lovebird (LB) jantan telah siap kawin, umumnya akan sering meloloh pasangannya.

• Jika sikap tersebut telah terpantau sering dilakukanileh kedua kandidat indukan maka dalam beberapa hari kedua pasangan Lovebird tersebut akan melakukan perkawinan. Lovebird betina akan membuka sayap menyerupai pesawat melayang dan Lovebird jantan akan menaikinya untuk melakukan proses perkawinan.

Baca juga:

Tanda-tanda Lovebird betina akan bertelur

Faktor penyebab telur Lovebird kosong serta penyelesaian untuk mengatasinya

Tips agar Lovebird cepat produk

Demikian sedikit info ihwal "Penyebab Lovebird tidak mau kawin dan cara mengatasinya". Untuk info lain seputar Lovebird (LB), sanggup dibaca pada postingan yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Lovebird (LB) sedang melakukan perkawinan

Subscribe to receive free email updates:

PRIVATE GOOGLE SEARCH