Tips Perawatan Burung Gelatik Jawa/Gelatik Belong Dan Cara Menangkarkannya

Cara merawat burung Gelatik Batu mabung dengan benar biar cepat tuntas

Saat ini populasi burung Gelatik Belong di alam bebas telah kian langka respon perburuan liar besar-besaran tanpa mempertimbangkan dampak negatif yang diakibatkan.

Faktor ekonomi dan kegemaran senantiasa menjadi argumentasi klasik dalam penangkapan burung-burung liar yang memiliki nilai hemat tinggi, bahkan kini ini burung jenis apapun juga dikejar alasannya burung-burung yang baik telah tidak ada lagi.

Selain memiliki tampilan yang baik dengan warna bulu yang indah, burung Gelatik Jawa/Gelatik Belong juga memiliki bunyi kicauan yang cukup bagus, utamanya burung Gelatik Belong jantan.

Untuk membedakan jenis kelamin burung Gelatik Belong memang agak sukar alasannya antara burung jantan dan betina memiliki tampilan fisik dan warna bulu yang nyaris serupa.

Berikut ini ciri-ciri perbedaan burung Gelatik Belong jantan dan betina:

- Pangkal paruh burung Gelatik Belong jantan lebih tebal dengan warna merah yang tajam, sedangkan burung Gelatik Belong betina memiliki paruh yang lebih tipis dan warna merahnya lebih muda.

- Mata burung Gelatik Belong jantan terlihat lebih besar dengan sorot mata tajam, sedangkan mata burung Gelatik Belong betina terlihat lebih kecil dan sayu.

- Postur badan burung Gelatik Belong jantan lebih besar dan panjang, sedangkan postur badan burung Gelatik Belong betina terlihat lebih kecil dan pendek.

- Burung Gelatik Belong jantan lebih bersungguh-sungguh bunyi dengan bunyi yang lebih keras, nyaring dan bervariasi, sedangkansuara burung Gelatik Belong betina condong kecil dan monoton.

Baca juga: Ciri-ciri perbedaan burung Gelatik Belong jantan dan betina paling akurat

Perawatan untuk burung Gelatik Belong nyaris sama dengan perawatan burung-burung pemakan biji-bijian yang lain menyerupai burung Gereja, Kenari dan Lovebird, yakni termasuk dukungan pakan berupa biji-bijian, dukungan air minum, grit, vitamin, perawatan mandi, penjemuran dan mempertahankan kebersihan kandangnya.

Untuk menghambat biar burung Gelatik Jawa atau Gelatik Belong tidak punah maka salah satu cara yang sanggup dijalankan yakni dengan menangkarkan burung bagus ini.

Untuk menangkarkan burung ini bergotong-royong cukup mudah dan tidak membutuhkan ongkos yang mahal alasannya burung ini tidak membutuhkan perawatan atau penanganan khusus yang merepotkan.

Berikut ini cara beternak burung Gelatik Belong yang benar biar sanggup produk:

1. Menyiapkan sangkar ternak

Ukuran sangkar untuk beternak burung Gelatik Belong tidak perlu terlalu besar, kita sanggup menggunakan sangkar besi kotak berskala 60x40x0 yang lazim digunakan untuk burung Lovebird.

Tapi bila ingin menggunakan sangkar umbaran/polier yang lebih luas juga bisa, yang paling penting diubahsuaikan dengan lokasi dan anggaran.

Sediakan juga glodok atau kotak sarang dan materi sarang didalam sangkar ternak. Untuk materi sarang sanggup menggunakan daun cemara kering atau rumput kering.

Sebagian materi sarang ditaruh didalam kotak sarang (glodok) dengan disusun melingkar menyerupai bentuk sarang burung kebanyakan dan sebagian lagi ditaruh didasar sangkar biar burung Gelatik Belong menyusun sendiri sarangnya dikala akan bertelur.

2. Menyiapkan kandidat indukan

Cara merawat burung Gelatik Batu bakalan biar cepat bunyi

Demikian sedikit informasi wacana kiat perawatan burung Gelatik Jawa/Gelatik Belong dan cara menangkarkannya yang sanggup kami sampaikan pada postingan kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Gelatik, sanggup dibaca pada postingan lainnya.

Semoga bermanfaat

Terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

PRIVATE GOOGLE SEARCH