Tips Menegaskan Anakan Puter Pelung Yang Suaranya Bagus

tips memutuskan anakan burung puter pelung yang suaranya anggun Tips memutuskan anakan Puter Pelung yang suaranya bagus
Anakan burung Puter Pelung umur 3 bulan
- Puter Pelung yaitu salah satu jenis burung anggungan yang lumayan banyak penggemarnya sebab burung ini memiliki bunyi anggungan yang melung dan merdu.

Banyak penggemar burung Puter Pelung yang memutuskan untuk memelihara burung ini dari anakan dengan tujuan supaya lebih jinak dan mudah dibentuk. Selain itu harganya juga lebih hemat biaya dibanding burung yang sudah jadi (gacor).


Tapi sering kali piyik/anakan burung Puter Pelung yang dibeli tidak cocok impian sebab setelah dipelihara hingga cendekia balig cukup akal ternyata bunyi anggungannya tidak menyerupai yang diharapkan.

Untuk mendapat anakan burung Puter Pelung yang nantinya memiliki bunyi anggun semestinya belilah pada peternak yang terpercaya.

Pantau dan dengarkan dahulu bunyi anggungan indukannya, baik pejantan maupun betinanya sebab kemungkinan besar indukan yang bersuara anggun juga akan memiliki keturunan yang bersuara bagus.

tips memutuskan anakan burung puter pelung yang suaranya anggun Tips memutuskan anakan Puter Pelung yang suaranya bagus
Anakan burung Puter Pelung dan induknya
Tanyakan juga terhadap peternaknya bagaimana mutu anakan sebelumnya, apakah rata-rata anakannya mewarisi mutu induknya atau tidak. Jika anakannya rata-rata memiliki mutu bunyi menyerupai induknya memiliki arti daya turun dan cetak indukan tersebut tergolong bagus, jadi kita sanggup berbelanja anakannya.

Belilah burung Puter Pelung yang memakai ring penanda peternakannya. Hal ini penting sekaligus selaku garansi bahwa burung ini berasal dari peternakan tersebut dan kita sanggup komplain kalau nantinya ada duduk urusan ke depannya.


Burung Puter Pelung yang berumur 4 - 5 bulan akan mulai menuntut ilmu manggung. Pada usia tersebut bunyi angkatan pertama lazimnya bunyinya lebih panjang ketimbang anggungan seterusnya sebab burung masih muda dan belum stabil.

Jika tidak ada gejala kenaikan pada mutu suaranya setelah burung Puter Pelung berumur 5 - 6 bulan, memiliki arti memang cuma menyerupai itu kualitasnya. Kaprikornus jangan terlalu berharap kalau suaranya sanggup menjadi lebih panjang lagi, sebab kalaupun bertambah paling optimal cuma bertambah satu strip saja dan tidak mungkin sanggup bertambah lebih panjang lagi.

Jika di saat berbelanja burung Puter Pelung tersebut ada garansi dari peternak soal kualitasnya, maka kita sanggup menyodorkan komplain pada penjualnya kalau ternyata mutu burung Puter Pelung tersebut tidak cocok dengan yang dibilang pada di saat perjanjian permulaan jual beli.

Jika kita berbelanja burung Puter Pelung pada peternak yang terpercaya, lazimnya bahan indukannya bermutu dan rata-rata akan menciptakan anakan yang berkualitas.

Peternak yang profesional pastinya akan mempertahankan mutu dan dapat diandalkan peternakannya. Tidak asal jual burung yang penting laku. Dan di saat burung yang dijual ternyata tidak cocok dengan yang dijanjikan, niscaya mereka akan bertanggung jawab untuk mempertahankan nama baik peternakannya.

Jika kita memutuskan untuk merawat Puter Pelung dari piyik/anakan, maksimalkan pertumbuhannya dengan memamerkan asupan pakan yang berkualitas, seperti: Miled, Beras merah, Ketan hitam, Gabah lampung dan Voer BR untuk anak ayam supaya pertumbuhannya sanggup maksimal.

Air minumnya juga mesti berkala diganti dengan yang higienis saban hari supaya anakan/piyik burung Puter Pelung tidak terjangkit penyakit.

Kebersihan kandangnya juga mesti diamati supaya burung Puter Pelung yang kita pelihara senantiasa sehat dan merasa nyaman.

Untuk perawatan harian burung Puter Pelung tidak jauh berlainan dengan perawatan burung anggungan yang lain menyerupai burung Perkutut dan burung Derkuku.


Demikian sedikit info tentang kiat memutuskan anakan burung Puter Pelung yang suaranya bagus. Untuk info lain seputar burung Puter Pelung, sanggup dibaca pada postingan lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

PRIVATE GOOGLE SEARCH