Ciri-Ciri Perbedaan Burung Puter Jantan Dan Betina Yang Akurat

ciri burung puter jantan dan betina paling akurat Ciri-ciri perbedaan burung Puter jantan dan betina yang akurat
Burung Puter jantan dan betina

- Jika dilihat sekilas, antara burung Puter jantan dan betina memiliki tampilan fisik yang nyaris serupa. Burung Puter jantan dan betina juga sama-sama sanggup manggung, namun bunyi anggungan burung Puter jantan lebih lantang dan lebih merdu dibanding burung Puter betina.

Oleh alasannya itu, jikalau tujuan memelihata burung Puter yaitu untuk dicicipi bunyi anggungannya, maka opsi yang sempurna yaitu yang berjenis kelamin jantan. Untuk jenis kelamin burung Puter setempat sanggup dibedakan dari warna bulu tubuhnya.

Untuk burung Puter setempat jantan rata-rata warna bulunya lebih coklat terang, sedangkan burung Puter setempat betina warna bulunya condong coklat gelap kemerah-merahan. Tapi warna bulu tidak seratus persen akurat untuk membedakan jenis kelamin burung Puter.

Selain dari warna bulunya, perbedaan burung Puter jantan dan betina sanggup dilihat dari postur tubuhnya. Burung Puter jantan memiliki postur badan yang lebih besar dan gagah, kepala lebih besar, raut tampang bernafsu dan sorot matanya tajam. Sedangkan postur badan burung Puter betina condong lebih kecil, kepala juga lebih kecil, raut tampang dan sorot matanya terlihat sayu.

Yang membedakan antara burung Puter setempat dan burung Puter pelung yaitu pada bunyi anggungannya, sedangkan untuk ciri-ciri fisik yang membedakan antara jantan dan betina nyaris sama.


Berikut ini beberapa ciri-ciri yang membedakan antara burung Puter jantan dan betina:

• Tulang supit

Cara yang paling biasa dijalankan untuk mengenali jenis kelamin burung Puter yaitu dengan meraba tulang supitnya.

Caranya: pegang burung Puter kemudian raba bab supitnya yang ada didekat anus. Jika tulang supitnya terasa keras pada ujungnya dan jaraknya lebih rapat bermakna jantan. Dan jikalau tulang supitnya terasa agak lunak dan renggang bermakna betina.

• Suara bekuran

ciri burung puter jantan dan betina paling akurat Ciri-ciri perbedaan burung Puter jantan dan betina yang akurat
Burung Puter jantan mbekur

Ketika burung Puter telah berusia remaja atau sehabis berusia 6 bulan ke atas, maka akan sungguh terperinci perbedaan antara jantan dan betina, alasannya pada usia tersebut burung Puter jantan telah mulai mbekur untuk menawan perhatian betina dengan bunyi yang keras dan berulang-ulang, sedangkan burung Puter betina tidak mbekur.

• Bertelur

Burung Puter betina yang telah remaja akan bertelur meskipun tanpa pejantan. Hal itu membuktikan jikalau burung Puter tersebut telah memasuki usia matang buatan (siap kawin). Tapi telur tersebut tidak mengandung benih alasannya tidak dibuahi oleh pejantan. Jadi, meskipun di erami tidak akan sanggup menetas.

Baca juga:



Demikian sedikit gunjingan ihwal ciri-ciri perbedaan burung Puter jantan dan betina paling akurat yang sanggup kami sampaikan pada postingan kali ini. Untuk gunjingan lain seputar burung Puter, sanggup dibaca pada postingan lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

PRIVATE GOOGLE SEARCH