Menguak Mitos Burung Perkutut Berubah Jadi Ular

- Burung Perkutut setempat seringkali dikaitkan dengan hal-hal yang berbau mistis. Banyak mitos-mitos mengenai Perkutut yang menjadi dongeng bebuyutan di masyarakat, bahkan alasannya yakni adanya cerita-cerita mistis mengenai Perkutut hingga menghasilkan banyak orang enggan untuk memelihara burung Perkutut alasannya yakni takut akan terjadi hal-hal buruk dalam kehidupannya dan juga keluarganya.

Tapi bagi sebagian orang yang lain justru menilai burung Perkutut selaku burung pembawa hoki/keberuntungan, khususnya bagi mereka yang yakin pada katuranggan/ciri mathi burung Perkutut.

Dari banyaknya mitos-mitos mengenai burung Perkutut lokal, ada mitos yang paling terkenal dan sering kita dengar dari dongeng orang-orang renta jaman dulu, yakni mengenai Perkutut yang dapat bermetamorfosis ular.

 Burung Perkutut setempat seringkali dikaitkan dengan hal Menguak mitos burung Perkutut berganti jadi ular
Ilustrasi

Secara logika pastinya hal itu tidak mungkin terjadi alasannya yakni burung Perkutut dan ular yakni dua binatang yang berlainan species. Dari bentuk fisiknya saja telah jauh berbeda. Tapi jikalau bicara mengenai hal-hal ghaib, pastinya hal itu mungkin saja terjadi.

Tapi jikalau kita mengamati corak bulu pada burung Perkutut atau luriknya dan juga warna bulunya, memang ada sedikit kemiripan dengan bentuk sisik ular. Kemungkinan warna dan lurik pada burung Perkutut tersebut memang diciptakan atau didesain oleh Tuhan selaku senjata andalan Perkutut untuk melindungi dirinya, yakni untuk berkamuflase menjadi serupa ular pada momentum tertentu.

Kemungkinan Perkutut tersebut gotong royong tidak bermetamorfosis ular, tetapi cuma mengelabuhi persepsi mata Manusia dengan kemampuannya berkamuflase sehingga terlihat mirip ular.

Menurut orang-orang renta jaman dulu, jikalau mendapat Perkutut yang di saat ditangkap tiba-tiba bermetamorfosis ular, segeralah gosok-gosokkan tubuh ular tersebut ketanah yang berdebu atau siram dengan air, maka beberapa di saat lalu efek kamuflasenya akan hilang dan ular tersebut akan berganti (terlihat) menjadi burung Perkutut lagi.

Jika yang bermetamorfosis ular yakni Perkutut yang dipelihara didalam kandang, maka untuk menetralisir efek kamuflasenya yakni dengan menutup kandangnya menggunakan kain batik, maka beberapa di saat lalu ular tersebut akan berganti kembali menjadi burung Perkutut. Tapi jikalau yang ada didalam sangkar tersebut yakni ular orisinil yang mengkonsumsi burung Perkutut niscaya tidak akan pernah bermetamorfosis burung lagi.

 Burung Perkutut setempat seringkali dikaitkan dengan hal Menguak mitos burung Perkutut berganti jadi ular
Ilustrasi

Tidak semua Perkutut setempat mempunyai kesanggupan untuk bermetamorfosis ular, cuma Perkutut-Perkutut tertentu saja yang memilki kesanggupan tersebut dan biasanya Perkutut yang sanggup bermetamorfosis ular mempunyai ciri-ciri tertentu yang tidak dimiliki oleh Perkutut pada umumnya.

Berikut ini beberapa macam katuranggan Perkutut setempat yang konon bisa bermetamorfosis ular:

• Perkutut Katuranggan Sriwiti (Leher Kobra)

Perkutut Sriwiti yakni burung Perkutut yang mempunyai ciri-ciri khusus, yakni mempunyai ekor panjang dan leher panjang melengkung. Ketika bertengger badannya terlihat tegak dengan kepala melengkung mirip ular kobra dan ekornya tegak lurus kebawah.

Perilakunya sungguh tenang, suka berdiam usang di tangkringan dan sorot matanya tajam memandang kedepan. Bentuk lehernya yang mirip dengan ular kobra menghasilkan banyak orang juga menyebutnya selaku Perkutut leher kobra. Konon Perkutut Sriwiti sanggup bermetamorfosis ular pada waktu-waktu tertentu.

• Perkutut Katuranggan Korowelang

Ciri-ciri Perkutut Korowelang yakni pada bab bulu ekornya terdapat garis-garis kehitaman mirip ular welang. Garis-garis belang tersebut kadang kala tembus hingga ke bab bulu sayapnya.

Perkutut Korowelang ialah Perkutut yang mempunyai kebiasaan bersarang ditanah. Jenis Perkutut ini tergolong langka dan susah ditemukan. Konon Perkutut Korowelang sanggup bermetamorfosis ular pada waktu-waktu tertentu.

• Perkutut Katuranggan Mujur (Sri Gunung)

Perkutut Mujur tak punya perbedaan fisik dengan Perkutut pada umumnya, dari warna bulu maupun luriknya sama mirip Perkutut lainnya. Yang menjadi ciri khas dari Perkutut Mujur yakni di saat tidur posisi tubuhnya sejajar dengan tangkringan.

Konon pada malam-malam tertentu Perkutut Mujur akan mengeluarkan bunyi desisan mirip ular dan pada di saat itulah Perkutut ini akan bermetamorfosis ular.

• Perkutut Punden

Perkutut Punden yakni istilah untuk burung Perkutut yang hidup atau mendiami Punden/tempat-tempat keramat.

Perkutut Punden sungguh susah untuk ditangkap alasannya yakni ada beberapa di antaranya ialah Perkutut ghaib atau ialah burung peliharaan mahluk ghaib penunggu Punden.

Biasanya untuk menangkap Perkutut Punden diperlukan ritual kusus atau syarat-syarat tertentu selaku mahar atau tebusan untuk sanggup memilikinya.

Tapi jikalau berjodoh, kadang kala Perkutut Punden akan tiba sendiri terhadap seseorang yang menurutnya cocok untuk menjadi pemiliknya (tuannya) alasannya yakni sifatnya mirip pusaka.

• Perkutut Katuranggan Larasati

Perkutut Larasati mempunyai ciri khusus yakni bulu pada bab pantatnya berwarna kekuningan mirip burung Trucukan. Sedangkan bentuk fisik, warna bulu dan juga luriknya sama mirip burung Perkutut pada umumnya.

Konon Perkutut Larasati sanggup bermetamorfosis ular di saat tertangkap Manusia dan akan bermetamorfosis burung Perkutut lagi jikalau dilepaskan.

Sumber: Harta Langit

Video YouTube - Harta Langit Channel

Baca juga:




Demikian sedikit gunjingan mengenai mitos dan ciri-ciri burung Perkutut yang dapat berganti jadi ular yang sanggup kami sampaikan pada postingan kali ini. Untuk gunjingan lain seputar burung Perkutut, sanggup dibaca pada postingan lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

PRIVATE GOOGLE SEARCH