Cara Paling Efektif Untuk Menjinakkan Burung Kepodang Yang Terlalu Giras

Cara merawat burung Kepodang bakalan agar tekun bunyi

Untuk menjinakkan burung Kepodang bakalan yang terlalu giras memang tidak mudah, perlu ketekunan dan ketelatenan dalam merawatnya alasannya merupakan burung tersebut sudah usang hidup di alam bebas sehingga sifat liarnya sudah menempel dan susah dihilangkan.

Berikut ini cara paling efektif untuk menjinakkan burung Kepodang bakalan dengan cepat:

1. Rutin di mandikan

Mandikan burung Kepodang setiap pagi dengan cara disemprot menggunakan sprayer hingga lembap kuyup. Selain berfaedah untuk membersihkan bulu-bulu burung, cara ini juga sungguh efektif untuk menjinakkan burung bakalan yang masih liar.

2. Berikan pakan pribadi dari tangan

Setelah dimandikan hingga lembap kuyup, umumnya burung akan lebih damai dan tidak glabrakan lagi alasannya merupakan kedinginan. Pada dikala itulah kita sanggup memamerkan extra fooding (EF) berupa jangkrik atau ulat hongkong pribadi dari tangan kita. Biasanya burung akan pribadi menyambar extra fooding (EF) yang kita sodorkan alasannya merupakan dalam kodisi kedinginan burung akan merasa lapar.

Lakukan cara ini berulang-ulang saban hari agar burung sudah biasa dan mengenal kita selaku perawatnya, sehingga lama-kelamaan burung akan tergantung terhadap kita dan tidak takut lagi di saat didekati.

3. Gantang burung di wilayah ramai

Setelah final dimandikan dan diberi makan, berikutnya burung dijemur ditempat yang ramai atau yang banyak lalu-lalang orang. Sebaiknya wilayah menggantangnya juga jangan terlalu tinggi agar burung sudah biasa dengan hiruk pikuk dan acara Manusia disekitarnya.

Awalnya burung Kepodang memang akan glabrakan cemas bahkan kadang hingga kepalanya luka-luka akhir menabrak jeruji sangkar, namun sehabis beberapa hari burung akan lebih damai dan tidak glabrakan lagi.

Dengan cara ini, burung Kepodang yang tadinya giras dan cuma berani suara di saat situasi sepi saja akan menjadi lebih jinak dan mentalnya juga lebih singkat terbentuk sehingga nantinya akan berani berkicau walaupun ada orang di sekitarnya.

Pada sore hari dan malam harinya di saat dimasukkan ke dalam rumah, semestinya kandangnya tidak usah dikerodong dan digantang diruangan yang sering digunakan untuk beraktivitas keluarga agar burung sudah biasa dan hafal dengan orang-orang rumah.

4. Sering digoda

Selain dengan kedua cara tersebut, agar burung Kepodang lebih jinak lagi semestinya sering di ajak berinteraksi dengan cara digoda menggunakan extra fooding (EF) kesukaannya, di cetheti dan di siuli agar burung lebih mengenal pemiliknya.

Untuk menjinakkan burung Kepodang bakalan memang membutuhkan ketekunan dan ketelatenan hingga burung sungguh-sungguh menjadi jinak. Tapi apabila cara-cara penjinakan di atas dilaksanakan secara konsisten, maka dalam waktu yang tidak terlampau usang burung Kepodang yang tadinya giras dan glabrakan di saat didekati akan menjadi lebih jinak dan berani berkicau walaupun ada orang didekatnya.

Baca juga:



Demikian sedikit info ihwal cara paling efektif untuk menjinakkan burung Kepodang yang terlalu giras. Untuk info lain seputar burung Kepodang, sanggup dibaca pada postingan lainnya.

Semoga beranfaat
Terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

PRIVATE GOOGLE SEARCH