Cara Mudah Dan Cepat Melatih Cucak Ijo Ngevoer

cara mudah dan cepat melatih cucak ijo ngevoer Cara mudah dan cepat melatih Cucak ijo ngevoer
Burung Cucak ijo

- Cucak ijo (CI) ialah burung kicauan yang hingga dikala ini masih memiliki banyak penggemar. Popularitas burung ini tidak pernah surut dari jaman dahulu hingga kini walaupun kegemaran memelihara burung ocehan sudah tidak seramai dulu.

Cucak ijo (CI) memiliki banyak spesialisasi dari mulai bunyi kicauannya yang merdu dan bervarasi, bisa menirukan suara-suara burung lain dengan segera dan fasih dan memiliki gaya tarung ngentrok yang khas, sehingga banyak Kicau Mania yang tertarik untuk memelihara burung ini.

Rata-rata pemilik Cucak ijo (CI) tidak melatih burung Cucak ijo-nya untuk makan voer alasannya yakni ada pikiran kalau Cucak ijo makan voer akan menghasilkan suaranya menjadi kurang optimal dan warna bulunya menjadi kusam.

Karena pikiran itulah pada biasanya Cucak ijo (CI) tidak dibiasakan untuk makan voer dan cuma diberikan pakan alami saja yakni buah-buahan menyerupai pisang kepok, pepaya, apel dan buah-buahan yang lain serta extra fooding (EF) menyerupai jangkrik, ulat hongkong, dan kroto.

Hal itu berniat untuk mempertahankan mutu suaranya, staminanya dan juga agar warna bulunya tetap cerah, utamanya Cucak ijo (CI) kontes yang membutuhkan stamina prima di saat dilombakan.


Tapi kebiasaan tersebut pastinya bagi sebagian orang akan terasa menyibukkan alasannya yakni saban hari mesti menyediakan buah-buahan dan extra fooding (EF) untuk Cucak ijo (CI) dan dilarang terlambat alasannya yakni kalau hingga terlambat menyediakan pakan, maka resiko terbesarnya Cucak ijo bisa mati kelaparan.

Sebenarnya Cucak ijo (CI) bisa dilatih makan voer menyerupai halnya burung-burung lain menyerupai burung Trucukan, Jalak, Kepodang dan burung-burung lainnya. Caranya nyaris sama menyerupai cara melatih ngevoer burung-burung lain pada umumnya.

Berikut ini beberapa kiat yang dapat dijalankan untuk melatih Cucak ijo (CI) makan voer:

• Menggunakan buah pisang

Caranya dengan menempelkan voer pada buah pisang agar di saat Cucak ijo (CI) mengkonsumsi pisang, maka voernya akan ikut termakan.

Lama kelamaan Cucak ijo (CI) akan sudah biasa dengan aroma dan rasa dari voer yang saban hari ikut tergoda bareng buah pisang sehingga pada karenanya burung mau makan voer kering tanpa adonan pisang.

Setelah satu ahad diberikan pisang yang diaduk voer, cobalah untuk tidak menyediakan pisang atau buah-buahan yang lain dari pagi hingga siang agar Cucak ijo merasa lapar dan mau mengkonsumsi voer yang kita sediakan didalam cepuk.

Jika kotorannya padat dan warnanya sama menyerupai voer yang kita berikan, mempunyai arti Cucak ijo (CI) sudah ngevoer. Teruskan cuma diberikan voer dan air minum saja dari pagi hingga siang selama beberapa hari dan gres diberikan buah dan tambahan fooding (EF) pada sore hari untuk membiasakan Cucak ijo makan voer.

Bisa juga dengan melumatkan buah pisang yang diaduk dengan voer halus lalu ditaruh didalam cepuk. Kurangi adonan buah pisang setiap harinya dan tambahkan adonan voer hingga Cucak ijo (CI) mau mengkonsumsi voer polos tanpa adonan pisang.

• Menggunakan kroto

Caranya kroto diaduk dengan voer halus dan ditaruh didalam cepuk pakan agar di saat Cucak ijo (CI) mengkonsumsi kroto maka voer-nya juga ikut termakan. Setiap hari dosis kroto dikurangi sedangkan voernya ditambah.

Dengan cara ini lama-kelamaan Cucak ijo (CI) akan sudah biasa dengan aroma dan rasa voer yang saban hari ikut tergoda bareng kroto. Lakukan cara ini hingga Cucak ijo mau makan voer polos tanpa adonan kroto.

Baca juga:



Demikian sedikit gunjingan wacana cara mudah dan cepat melatih Cucak ijo ngevoer yang sanggup kami sampaikan pada postingan kali ini. Untuk gunjingan lain seputar burung Cucak ijo (CI), sanggup dibaca pada postingan lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

PRIVATE GOOGLE SEARCH