Cara Merawat Burung Kepodang Bakalan Biar Cepat Bunyi

Ciri-ciri perbedaan burung Kepodang jantan dan betina

Burung Kepodang tergolong burung yang gampang dipelihara dan cepat bunyi jikalau dirawat dengan baik. Perawatan burung ini tidak jauh berlainan dengan perawatan burung ocehan yang lain menyerupai burung Trucukan, burung Cucak ijo, burung Jalak, dan burung-burung pemakan buah lainnya.

Berikut ini cara merawat burung Kepodang bakalan biar cepat bunyi:

1. Embunkan burung Kepodang bakalan saban hari mulai jam 05.00 atau 05.30 pagi biar burung menghirup udara segar dan menikmati situasi pagi hari yang ialah waktu favorit bagi burung-burung di alam bebas untuk berkicau saling bersahutan.

Gantang kandangnya ditempat yang tinggi, sanggup dipohon atau dikerek menyerupai burung Perkutut. Karena di alam bebas, ketika matahari pagi mulai terbit maka burung Kepodang akan mencari wilayah yang paling tinggi untuk berkicau sehingga suaranya sanggup terdengar menggema keseluruh penjuru hutan.

Dengan mengembunkan burung Kepodang dan menggantangnya ditempat yang tinggi, akan mengembalikan kenangan burung Kepodang pada situasi hutan wilayah asalnya sehingga burung akan terpancing untuk berkicau dengan lantang.

2. Pada jam 07.00 atau jam 08,00 pagi, mandikan burung Kepodang bakalan dengan cara disemprot menggunakan sprayer hingga berair kuyup atau sanggup juga ditawarkan cepuk besar didalam kandangnya biar burung sanggup mandi sendiri. Jangan lupa untuk membersihkan kandangnya dan ganti juga pakan (buah) dan air minumnya dengan yang baru.

3. Setelah tamat dimandikan, angin-anginkan dahulu ditempat yang teduh dan berikan extra fooding berupa jangkrik dan ulat hongkong pribadi dari tangan biar burung cepat jinak, namun jikalau burung Kepodang bakalan tersebut masih takut untuk mengambil jangkrik dan ulat hongkong dari tangan, letakkan saja jangkrik dan ulat hongkong seperlunya didalam cepuk. Setelah itu, biarkan burung didis hingga bulu-bulunya agak kering kemudian dijemur selama 1-2 jam berkala setiap hari.

4. Setelah tamat dijemur, gantang kandangnya ditempat yang teduh. Agar burung Kepodang bakalan cepat jinak, semestinya gantang kandangnya ditempat yang agak rendah dan ramai. Pada mulanya burung memang akan glabrakan panik ketika ada Orang yang mendekati kandangnya, atau melalui didekatnya namun dalam beberapa hari kedepan burung akan lebih damai dan lama-kelamaan tidak takut lagi dengan eksistensi Manusia disekitarnya. Cara ini sungguh efektif untuk menjinakkan burung Kepodang bakalan biar nantinya burung berani berkicau meskipung ada Orang disekitarnya.

Tapi jikalau ingin burung Kepodang bakalan cepat buka suara, semestinya gantang kandangnya ditempat yang damai dan sepi. Tapi efeknya burung tidak akan sanggup jinak dan walaupun sanggup cepat bunyi namun ketika ada Orang disekitarnya, maka burung akan pribadi membisu dan bahkan akan glabrakan panik ketika didekati.


Pakan dan extra fooding (EF) yang tepat untuk burung Kepodang bakalan biar cepat bunyi:

1. Voer

Sediakan voer saban hari selaku pakan utama untuk burung Kepodang. Tapi jikalau burung belum ngevoer, semestinya dilatih ngevoer dahulu biar perawatannya lebih mudah. Caranya dengan menempelkan voer antusias pada permukaan buah pisang saban hari biar lama-kelamaan burung Kepodang mau makan voer, atau sanggup juga dengan melumatkan buah pisang dan diaduk dengan voer dengan dosis voer saban hari diperbanyak hingga burung Kepodang mau memakan voer polos tanpa adonan pisang.

Setelah satu ahad dilatih untuk makan voer, coba sediakan voer kering dalam cepuk dan air minum saja. Untuk sementara tidak usah diberikan buah, cukup pada pagi harinya diberikan jangkrik sebanyak 5 ekor. Saat burung merasa lapar niscaya akan memakan voer kering yang kita sediakan alasannya yakni tidak ada masakan lain yang sanggup dimakan.

Perhatikan kotorannya, jikalau bentuknya padat dan berwarna menyerupai voer yang kita berikan mempunyai arti burung Kepodang bakalan tersebut sudah ngevoer. Tapi untuk beberapa hari semestinya jangan diberikan buah dahulu biar burung sudah biasa menyantap voer.

2. Buah

Berikan juga buah-buahan segar saban hari alasannya yakni pakan utama burung Kepodang di alam bebas yakni buah-buahan menyerupai pisang, pepaya, sawo, karsen, dan buah-buahan manis lainnya. Berikan buah-buahan tersebut secara bergantian biar burung Kepodang tidak bosan.

3. Jangkrik

Berikan jangkrik saban hari dengan takaran 5-7 ekor pada pagi dan sore hari.

4. Ulat hongkong (UH)

Ulat hongkong juga sanggup diberikan saban hari dengan takaran 5 ekor pada pagi dan sore hari.

5. Ulat daun pisang

Ulat daun pisang ialah masakan favorit burung Kepodang di alam bebas. Kaprikornus jikalau memungkinkan, berikan juga ulat daun pisang saban hari sebanyak 2-3 ekor dipagi hari, namun jikalau tidak memungkinkan usahakan tetap diberikan sepekan 2 kali alasannya yakni memang agak sulit untuk mendapat ulat jenis ini. Ulat daun pisang sungguh manis diberikan pada burung Kepodang bakalan alasannya yakni sanggup menghasilkan burung cepat bunyi.

Lakukan perawatan di atas secara berkala dan konsisten biar burung Kepodang bakalan tetap sehat dan cepat bunyi. Jika dirawat dengan baik, burung Kepodang niscaya akan tekun bunyi dan akan gacor setelah burung sungguh-sungguh mapan.


Demikian sedikit warta tentang perawatan burung Kepodang bakalan biar cepat bunyi yang sanggup kami sampaikan pada postingan kali ini. Untuk warta lain seputar burung Kepodang, sanggup dibaca pada postingan lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

PRIVATE GOOGLE SEARCH