Cara Mengobati Burung Perkutut Serak Dengan Kencur Dan Larutan Penyegar

Cara mengobati Perkutut yang sakit flu/pileren

Pada ketika keadaan cuaca tidak menentu yang sebentar panas dan sebentar hujan (musim pancaroba) yaitu masa-masa riskan penyakit, utamanya penyakit gangguan akses pernafasan seumpama flu, batuk dan pilek. Bukan cuma Manusia saja yang banyak mengalami penyakit gangguan pernafasan, tetapi juga binatang peliharaan tergolong burung Perkutut.

Salah satu penyakit yang sering di alami burung Perkutut yaitu serak atau gangguan tenggorokan. Meskipun nampaknya sepele tetapi apabila tidak secepatnya dikerjakan sanggup mengakibatkan keadaan burung makin parah. Awalnya burung Perkutut menjadi malas bunyi dan kalaupun bunyi suaranya terdengar serak atau kurang ngeplong, tetapi apabila tidak secepatnya di obati lama-kelamaan burung akan macet bunyi dan bahkan sanggup hingga mengakibatkan selesai hidup alasannya yaitu apabila keadaan sakitnya makin parah lazimnya burung Perkutut tidak mau makan.

Berikut ini cara mengobati serak pada burung Perkutut menggunakan kencur dan larutan penyegar:

1. Menggunakan ramuan kencur

Kencur yaitu salah satu materi herbal yang sering dimanfaatkan selaku materi jamu tradisional yang kondang memiliki berbagai faedah untuk kesehatan badan Manusia. Kencur juga sanggup digunakan selaku obat herbal untuk burung Perkutut. Khasiat kencur untuk burung Perkutut, antara lain:

- Menyehatkan badan burung Perkutut

- Melarutkan lendir/dahak yang ada ditenggorokan burung Perkutut

- Menyembuhkan radang tengorokan pada burung Perkutut

- Melonggarkan rongga pernafasan dan menguatkan nafas burung Perkutut

- Menguatkan pita bunyi burung Perkutut

Cara sumbangan kencur untuk burung Perkutut:

- Dengan cara dilolohkan pribadi pada burung Perkutut

Pertama, kupas kulit kencur apalagi dahulu kemudian potong kencur menjadi sebesar biji kacang hijau kemudian dilolohkan pada burung Perkutut sebanyak 3 butir saban hari hingga sembuh.

- Dibuat air minum untuk burung Perkutut

Caranya, kupas kulit kencur kemudian diparut kemudian diaduk dengan air higienis dan direbus. Setelah matang, saring air rebusan kencur tersebut kemudian dinginkan apalagi dulu. Setelah dingin, air rebusan kencur tersebut sanggup diberikan selaku air minum untuk burung Perkutut.

2. Menggunakan larutan penyegar

Larutan penyegar (obat panas dalam untuk Manusia) sanggup digunakan untuk mengobati burung Perkutut yang mengalami serak. Cara ini lebih simpel dan cukup ampuh untuk menyembuhkan serak pada burung Perkutut.

Cara sumbangan larutan penyegar untuk mengobati serak pada burung Perkutut:

Gunakan larutan penyegar (bisa brand apa saja) selaku pengganti air minum burung Perkutut hingga keadaan burung membaik (sembuh). Biasanya sehabis minum air larutan penyegar, dalam 2 - 3 hari keadaan burung sudah membaik atau bahkan sudah sembuh total dan suaranya sudah kembali seumpama semula.

Penggunaan larutan penyegar tidak di anjurkan untuk rentang waktu yang usang alasannya yaitu sanggup mengakibatkan bunyi burung Perkutut rusak. Larutan penyegar cuma di anjurkan untuk diberikan pada burung Perkutut pada ketika burung mengalami gangguan tenggorokan saja, dan untuk burung yang sehat seharusnya jangan diberi minum air larutan penyegar.

Cara menangkal agar burung Perkutut tidak mengalami serak:

- Jaga kebersihan kandang, kawasan pakan dan kawasan air minumnya.

- Selalu cek pakan dan air minumnya. Usahakan dalam 2 atau 3 hari ganti pakan dengan yang baru, atau berikan pakan seperlunya saja agar habis untuk 2 - 3 hari utamanya pada ketika animo hujan alasannya yaitu kelembaban udara yang tinggi sanggup mengakibatkan pakan burung menjadi cepat berjamur. Untuk air minum seharusnya diganti dengan yang gres saban hari dan lebih baik lagi apabila menggunakan air matang.

- Pada animo hujan seharusnya berikan pakan perhiasan berupa ketan hitam dan sedikit godem untuk menghangatkan badan burung Perkutut. Jika burung Perkutut tidak mau mengkonsumsi ketan hitam yang masih utuh, seharusnya ditumbuk dahulu agar ukurannya menjadi lebih kecil sehingga burung Perkutut lebih gampang untuk memakannya.

- Usahakan pada malam hari burung Perkutut diposisikan didalam rumah agar tidak terkena angin malam alasannya yaitu pada ketika cuaca masbodoh burung gampang mengalami masuk angin dan mengakibatkan suaranya menjadi serak.

- Pada ketika hujan seharusnya burung Perkutut tidak digantang diluar rumah dan jangan memandikan burung Perkutut pada ketika animo hujan. Usahakan apabila ada panas matahari burung Perkutut secepatnya dijemur walaupun cuma sebentar dan pada ketika animo kemarau seharusnya burung Perkutut dijemur saban hari minimal selama 1 jam.

- Selain pakan dan air minum, berikan juga tulang sotong dan bubukan watu bata untuk menolong proses pencernaan burung sekaligus selaku asupan mineral dan kalsium untuk burung Perkutut.

Baca juga:

Tips perawatan burung Perkutut ketika animo hujan

Jamu tradisional untuk menjernihkan bunyi Perkutut

Demikian sedikit info wacana cara mengobati burung Perkutut serak dengan kencur dan larutan penyegar. Untuk info lain seputar burung Perkutut, sanggup dibaca pada postingan lainnya.

Semoga bermanfaat

Terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

PRIVATE GOOGLE SEARCH