Cara Menangkap Burung Derkuku Liar Dengan Jerat Dan Jontrot

cara menangkap burung derkuku liar dengan jerat dan jontrot Cara menangkap burung Derkuku liar dengan jerat dan jontrot
Burung Derkuku/Tekukur Pikat

- Burung Derkuku/Tekukur kini ini bertambah banyak penggemarnya lantaran bunyi anggungannya begitu merdu dan yummy didengar.

Selain itu, harga ombyokan burung Derkuku juga cukup murah dan mudah dipelihara lantaran jenis pakannya yakni biji-bijian, jadi tidak perlu dilatih untuk makan voer seumpama burung ocehan.

Tapi jikalau berbelanja burung Derkuku ombyokan, pastinya kita tidak tahu seumpama apa mutu suaranya lantaran burung tersebut belum bunyi.


Tidak semua burung Derkuku memiliki bunyi anggungan yang bagus, lantaran masing-masing burung Derkuku memiliki huruf bunyi yang berbeda-beda seumpama halnya burung Perkutut, ada yang suaranya kecil dan ada yang suaranya besar/tebal, ada yang suaranya merdu dan ada juga yang cempreng, ada yang bunyi ujungnya tanpa kuk, kuk-1, kuk-2, dan ada yang kuk-3.

Oleh alasannya itu, banyak penggemar burung Derkuku yang lebih memutuskan untuk menangkap burung Derkuku liar yang sudah terpantau bunyi manggungnya manis dengan cara dipikat menggunakan jontrot dan alat jerat. Untuk menghasilkan jebakan burung Derkuku/Tekukur, kita sanggup menggunakan benang nilon.

Berikut ini cara menghasilkan jerat untuk menangkap burung Derkuku liar menggunakan benang nilon:

Bahan-bahan yang diperlukan:

cara menangkap burung derkuku liar dengan jerat dan jontrot Cara menangkap burung Derkuku liar dengan jerat dan jontrot

1. Kenur atau benang nilon (bisa warna hitam atau putih)

2. Belahan bambu yang sudah di bentuk.

3. Bambu yang dibentuk sebesar lidi dengan ukuran pendek yang dibentuk tajam.

4. Bambu yang dibentuk seukuran lidi dengan ukuran panjang yang dibentuk lentur.

5. Bambu kecil panjang untuk tiang jebakan.

Cara merakitnya:

cara menangkap burung derkuku liar dengan jerat dan jontrot Cara menangkap burung Derkuku liar dengan jerat dan jontrot

1. Bambu yang sudah dibelah dan sudah di bentuk tadi ditancapkan ke tanah.

2. Kemudian lidi yang panjang dipasang disebelahnya.

3. Lidi kecil yang sudah di ikat ke bambu kecil dijadikan tiang dan ditancapkan disebelahnya, kemudian lidi yang kecil ditarik hingga melengkung dan dikaitkan ke cuilan bambu yang sudah di bentuk dan apit dengan lidi yang panjang.

4. Kenur atau benang nilon yang sudah dibentuk ikatan melingkar di ujung lidi kecil ditarik di atas lidi yang panjang.

5. Bentuknya ikatannya dibentuk melingkar, nantinya saat lidi yang panjang di injak oleh burung Derkuku/Tekukur, maka lidi yang kecil akan lepas dari kaitnya kemudian bambu kecil panjang yang tadi ditarik hingga melengkung akan menawan kenur/benang nilon tersebut dan akan mengikat kaki burung Derkuku, lantaran tali nilon yang dibentuk ikatan kendor tersebut ditaruh ditanah yang nantinya akan dilewati oleh burung Derkuku.

Kita sanggup menghasilkan alat jerat tersebut beberapa buah dan ditaruh mengelilingi burung Derkuku yang dijadikan jontrot/pikat.

Pasang alat jerat dan burung Derkuku jontrot di lokasi yang terpantau ada burung Derkuku liar bersuara manis yang kita incar.

Gunakan burung Derkuku yang gacor dan sudah berpengalaman selaku jontrot/pikat sehingga sanggup memancing burung Derkuku liar untuk tiba mendekat.

Tempatkan burung Derkuku Jontrot di tanah dan pasang jeratnya mengelilingi burung jontrot tersebut, sehingga saat ada burung Derkuku liar yang tiba menghampiri burung Derkuku jontrot akan eksklusif terjerat kakinya.

Baca juga:



Demikian sedikit isu wacana cara menangkap burung Derkuku liar dengan menggunakan alat jerat dan jontrot/pikat yang sanggup kami sampaikan pada postingan kali ini. Untuk isu lain seputar burung Derkuku, sanggup dibaca pada postingan lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

PRIVATE GOOGLE SEARCH