Cara Melatih Mental Fighter Kacer Muda

 Kacer merupakan salah satu jenis burung kicau yang hingga di sekarang ini tetap terkenal dan memi Cara melatih mental fighter Kacer muda
Burung Kacer

- Kacer merupakan salah satu jenis burung kicau yang hingga di sekarang ini tetap terkenal dan memiliki banyak penggemar. Selain dipelihara untuk dirasakan bunyi kicauannya yang merdu, Kacer juga sering dilombakan.

Tapi untuk sanggup dilombakan, Kacer mesti sudah mapan dan memiliki mental fighter yang handal biar berani beradu bunyi di gantangan dengan Kacer-Kacer lainnya.

Baca juga: Kunci berhasil bermain Kacer

Untuk burung Kacer yang masih muda mesti disediakan dahulu secara mental, fisik dan bahan lagu sebelum dilombakan, khususnya untuk mentalnya alasannya merupakan Kacer yang masih muda mentalnya belum stabil.

Berikut ini cara melatih mental fighter Kacer muda biar siap lomba:

Sebelum mulai dilatih, tetapkan burung sudah jinak atau minimal jimak lalat dan sudah mengenal pemiliknya dan lingkungan sekitarnya biar Kacer tidak kebingungan dan stress.

Biasakan untuk menggantang Kacer ditempat yang ramai biar sudah biasa dengan aktivitas Manusia disekitarnya. Nantinya burung akan berani berkicau walaupun banyak orang disekitarnya.

Tahap berikutnya yakni menempatkan Kacer di lokasi ramai yang lain hingga Kacer sudah biasa digantang dimanapun walaupun ditempat baru.

Dengan sistem ini, Kacer akan sudah biasa dengan segala keadaan lingkungan dan hal ini akan sungguh berharga dalam pembentukan mentalnya.

Jika sudah sudah biasa berada disegala keadaan lingkungan, maka tahap berikutnya yakni melatihnya dengan cara ditrek dengan beberapa Kacer lain.

Siapkan 3 atau 4 ekor burung Kacer untuk ditrek dengan Kacer kita. Untuk pertama kali semestinya cukup di trek di lantai saja dengan jarak yang agak jauh.

Dengan berkala ditrek akan menghasilkan mental Kacer kian terlatih. Tapi jangan terlalu sering di trek alasannya merupakan sanggup menghasilkan Kacer kurang ngotot di saat dilombakan.

Selama melakukan pembinaan mental, jangan mengganti bentuk dan isi dari kandangnya, alasannya merupakan jika di rubah-rubah Kacer akan gundah dan butuh waktu lagi untuk menyesuaikan diri dengan kandangnya.

Kacer kontes membutuhkan fisik yang besar lengan berkuasa biar memiliki stamina untuk bertarung digantangan. Untuk itu Kacer mesti tercukupi keperluan nutrisi dan vitaminnya dengan diberikan pakan bernutrisi dan extra fooding (EF) dengan takaran yang pas dan ditambah juga dengan pertolongan multivitamin.

Cara berikutnya yang cukup ampuh untuk melatih mental fighter Kacer tetapi bahwasanya tidak diusulkan merupakan dengan menggunakan burung untulan. Bisa menggunakan burung-burung kecil atau burung Kacer yang lebih muda.

Setelah mental Kacer dirasa sudah mapan dan siap gantang, mulailah berkala mengikuti latberan biar Kacer lebih terlatih dan sudah biasa dengan situasi di gantangan.

Baca juga:



Demikian sedikit gunjingan tentang cara melatih mental fighter Kacer muda yang sanggup kami sampaikan pada postingan kali ini. Untuk gunjingan lain seputar burung Kacer, sanggup dibaca pada postingan  lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

PRIVATE GOOGLE SEARCH