Bingung Memastikan Jenis Dan Asal Tempat Murai Kerikil ?


Murai kerikil sangat bermacam-macam jenisnya, di Indonesia terdapat 6 jenis burung murai kerikil yang populer, di kalangan penghobi burung, diantaranya yaitu burung murai kerikil nias, aceh, medan, lampung, dan borneo. Berikut ini yaitu sedikit ulasan dari ke enam jenis burung murai kerikil :


1. Burung Murai Batu Nias

Burung murai yang satu ini disebut burung murai kerikil nias alasannya yaitu habitatnya berada di kepulauan Nias. Ciri yang khas dari murai kerikil nias yaitu warna ekornya hitam legam tanpa sedikitpun bulu berwarna putih menyerupai burung murai lainnya. Murai Nias mempunyai volume bunyi yang keras. Mental tarung manis dan juga variasi bunyi yang banyak, Namun jika diadu dengan murai jenis lainnya (murai kerikil medan misalnya) murai kerikil nias sering kali kalah mental.



2. Murai Batu Aceh

Burung murai yang satu ini disebut burung murai kerikil aceh alasannya yaitu habitatnya berada di sekitar aceh. Ukuran tubuh burung murai kerikil aceh tidak terlalu besar dan warnanya amat tegas. Burung murai kerikil aceh mempunyai mental bertarung yang cukup bagus. Ciri fisiknya menyerupai terlihat dalam gambar, Ukuran ekor bermacam-macam dari pendek hingga menengah dan pada ujung setiap bulu ekor terdapat warna putih.

















3. Murai Batu Medan

Burung ini banyak ditemukan di kawasan Bukit Lawang, Bohorok, kaki Gunung Leuser wilayah Sumatra Utara atau di medan, makanya diberi nama murai kerikil medan sesuai dengan kawasan asalnya. Murai Medan yaitu primadona dalam dunia burung murai. Mempunyai tubuh dengan ukuran 27-30 cm dengan ekor yang sangat panjang menawan yang tampak proporsionak serta mental bertarung yang sangat bagus. Ciri-ciri burung murai kerikil medan yaitu :
  • Mempunyai ekorpaling panjang dalam famili murai, sekitar 27- 30 cm.
  • Variasi kicauan indah dan banyak serta intonasi yang berpengaruh dan jelas.
  • Mental bertarung yang sangat kuat.


4. Murai Batu Lampung

Burung murai yang satu ini habitatnya yaitu di lampung, mempunyai ekor pendek dibandingkan jenis murai lain  12 – 18 cm. Burung murai kerikil lampung mempunyai mental yang cukup bagus, jika murai kerikil medan yaitu rajanya murai sanggup dikatakan bahwa murai lampung yaitu ratunya murai. Kelebihan yang menonjol dari murai kerikil lampung yaitu bahwa murai kerikil lampung cenderung mempunyai stamina yang baik dan tidak gampang lelah dalam berkicau dengan tempo yang sangat lama.


5. Murai Batu Borneo ( Kalimantan)

Murai Borneo berasal dari kawasan kalimantan, oleh kesannya disebut murai borneo. Memiliki panjang ekor sekitar 8 – 13 cm dengan ciri khas membusung / menggelembungkan dadanya pada dikala bertarung dalam arena lomba menyerupai sedang mengambarkan kejantanannya.



disunting dari burungmurai.com

Subscribe to receive free email updates:

PRIVATE GOOGLE SEARCH