√ Jenis-Jenis Burung Lovebird Dan Penyebaranya...


Burung lovebird atau burung cinta ialah salah satu burung dari sembilan jenis spesies genus Agap*rnis (dari bahasa Yunani "agape" yang berarti "cinta" dan "ornis" yang berarti "burung").
Dari Jenis burung ini ialah burung yang berukuran kecil, antara 13 hingga 17 cm dengan berat 40 hingga 60 gram, dan bersifat sosial dan berkelompok.
Dari Delapan jenis spesies ini berasal dari Afrika, sementara spesies "burung cinta berkepala abu-abu" berasal dari Madagaskar.
Nama mereka burung love bird berasal dari perilaku dan kelakuan yang umum diamati, yaitu sepasang burung cinta/love bird akan duduk berdekatan dengan pasanganya dan saling mencintai satu sama lain.

Sifat pasangan burung cinta ini adalah
monogami di alam bebas.
Umur hidup rata-rata mereka ialah 10 hingga 15 tahun.

Deskripsi burung lovebird :
Burung cinta secara umum mempunyai tinggi 13 hingga 17 cm dan berat sekitar 40 hingga 60 gram, spesies burung ini berekor pendek dan berparuh bengkok dan besar.

Secara tradisional, burung lovebird terdiri dari tiga group besar:
1. Grup dimorfic (berpenampilan fisik beda antara jantan dan betina): Madagascar, Abyssinia dan Red-headed Lovebird.
2. Grup menengah: Peach-faced Lovebird
3. Grup kacamata: Black-Masked, Fischer's, Liliane (Nyasa) dan Black-cheeked Lovebirds.

Burung Lovebird ini juga merupakan salah satu burung kicau yang cukup terkenal ditanah air.
Ada beberapa jenis lovebird yang dikenal oleh masyarakat dari jenis spesies ini.
Pasti sudah banyak yang tahu ciri-ciri dari burung cinta ini,
yang paling menonjol dari burung lovebird ialah bentuk paruh bengkok dengan mata membulat cukup besar dan juga bulunya yang sangat cerah dan indah, menciptakan mata yang memandang sanggup terpesona.

Perlu kita ketahui bahwa ada banyak jenis lovebird yang sudah beredar di Indonesia.

Apa saja jenis-jenis burung lovebird ini :
Mari kita simak

1. Madagaskar lovebird

Jenis Burung lovebird Madagaskar ini bentuk tubuhnya terlihat sangat imut dan mungil, dan berat tubuhnya hanya sekitar 30 gram.
Tubuh potongan atas warnanya hijau, sedangkan tubuh potongan bawah warnanya hijau muda.
Untuk yang jantan ada ciri khas yaitu pada potongan kepala hingga hingga potongan dadanya berwarna abu-abu, sedangkan yang betina hijau muda..

2. Black-cheeked lovebird


Spesies dari jenis love bird ini dinamakan black cheeked disebabkan warna di potongan pipinya hitam, sedangkan tubuhnya berwarna hijau.
Spesies dari Burung lovebird yang ini banyak terdapat di Zimbabwe dan Zambia.

3. Masked lovebird


Mengapa dinamai masked / topeng?
lantaran dari jenis spesies burung ini dibagian kepalanya hingga kebagian lehernya berwarna hitam-hitam agak kecoklatan.
terlihat ibarat burung yang bertopeng. Burung jenis ini telah menyebar di wilayah Tanzania.

4.Abyssinian lovebird


Jenis burung Lovebird Abyssinian ini sayapnya berwarna hitam, dan terdapat lingkar warna hijau di potongan muka betina, sedangkan pada jantan warnanya merah. Warna tubuh lovebird betina berwarna hijau, dan hijau muda.
Lovebird jenis ini paling banyak menyebar di daratan eropa .

5. Lovebirds Peachfaced

Love birds Peach faced yang artinya ialah muka salem, jenis lovebird inilah yang termasuk lovebird pertama yang berhasil didomestikasi.
Burung jenis ini merupakan lovebird yang paling banyak diternak oleh para penangkar lovebird, dan penyebarannya paling banyak di barat daya Afrika.

6.Black-collared lovebird


Burung jenis lovebird yang ini memang sangat unik, lantaran terdapat kerah atau lingkaran berwarna hitam pada lehernya. Dan kebanyakan menganggap bahwa jenis ini termasuk jenis lovebird yang sangat sulit untuk diternak, dan penyebarannya hingga di wilayah Afrika Barat dan Afrika Tengah.

7. Fischeri lovebird

Ciri khas pada lovebird jenis ini ialah pada potongan lingkaran matanya yang berwarna putih, sedangkan pada tubuhnya berwarna hijau, serta warna potongan dadanya yaitu oarange agak kemerah-merahan.
Jenis Lovebird Fischeri ini penyebarannya terbanyak di wilayah Tanzania.

8.Nyasa Lovebird


Jenis Lovebird yang satu ini tubuhnya hampir keseluruhan berwarna hijau, sedangkan pada potongan kepalanya berwarna orange agak kemerahan.
Ukuran panjang tubuh lovebird ini sekitar 13 cm, dan jenis lovebird ini telah menyebar luas di wilayah Mozambik, Tanzania, dan Malawi.

9. Lovebird Redfaced lovebird


Lovebird ini dinamai love birds red faced lantaran memang warna potongan muka dan dahinya merah.
Pada jenis lovebird red faced betina mukanya agak oranye. Warna kakinya abu-abu, serta badannya sebagian besar berwarna hijau.
Lovebird yang ini juga termasuk susah untuk ditangkar, dan penyebarannya hingga di wilayah Afrika Tengah dan Afrika Barat.

Nah..Itulah beberapa spesies jenis burung lovebird yang perlu anda ketahui, setiap jenis diatas mempunyai ciri-ciri yang khas  dan warna bulunya yang berbeda.

Subscribe to receive free email updates:

PRIVATE GOOGLE SEARCH