Cara Pencegahan Penyakit Tetelo Pada Ayam Bangkok

Cara Pencegahan Penyakit Tetelo Pada Ayam Bangkok

Cara Pencegahan Penyakit Tetelo Pada Ayam Bangkok


Sabung Ayam Online - Penyakit Tetelo juga sering disebut sebagai penyakit samper ayam atau pes cekak, dimana penyakit ini sering menyerang unggas menyerupai ayam sebab terjadi nanah viral yang mengakibatkan ganggaun pada saraf pernafasan dan yang membawa virs penyakit ini yakni virus paramyxo.
Banyak peternak ayam yang menyampaikan bahwa penyakit Tetelo ini sangat cepat menyebar, maka diharapkan penanganan secepat mungkin bagi ayam yang terkena penyakit ini.
Penyakit Tetelo yakni salah satu jenis penyakit akhir virus paramyxo yang merupakan virus paling berbahaya sesudah flu burung. Sampai dikala ini, tidak ada satupun tempat di Indonesia yang bebas sepenuhnya dari penyakit ini. Penyakit ini sangat merugikan bagi peternak khusus ayam aduan sebab jikalau tidak ditangani secepat mungkin maka 90-100% dari binatang yang menderita penyakit ini mengalami kematian
Penyakit ini menular ke ayam lain sanggup melalui media udara dan penularan sangat sering terjadi pada peralatan pakan. Walaupun sanggup menular melalui udara, akan tetapi jangkauan arenya tidak terlalu luas dan biasanya penyakit ini tidak akan bertahan lebih dari 30 hari diarea yang dinyatakan positif terjangkit penyakit ini. Penyakit ini sanggup menyerang ayam baik pada usia muda ataupun usia dewasa, biasanya terjadi pada masa pancaroba atau pada ekspresi dominan kemarau ke ekspresi dominan hujan.

Berikut Beberapa Gejala Ayam Bangkok Yang Terkena Penyakit Tetelo :

  • Ganggaun pernafasan biasanya dimulai dengan batuk, bersin bersin, gorok dan juga nafasnya tersengal sengal.
  • Jika dilihat dari badannya, ayam terlihat lesu dan lemas yang disertakan dengan penurunan nafsu makan yang drastis.
  • Koernea matanya terlihat kerush, jenggernya berwarna biru dan sayapnya sedikit menurun.
  • Jika sudah terjangkit parah maka si ayam akan terjadi kelumpuhan saraf yang mengakibatkan kejang kejang dan leher terpuntir.

Berikut Cara Pencegahan Yang Bisa Dilakukan :

  • Memelihara kebersihan area kandang, dan sangkar harus mendapat sinar matahari yang cukup.
  • Langsung memisahkan ayam yang terlihat mempunyai tanda-tanda penyakit Tetelo, semoga tidak menular kepada ayam lain yang sehat.
  • Diberikan jamu tradisional untuk menambah kesehatan si ayam sehingga tidak gampang terjangkit penyakit.
  • Melakukan karantina untuk ayam yang sudah terkena positif penyakit Tetelo semoga tidak menular, jikalau dirasa sudah terlalu parah maka sanggup dilakukan pemusnahan untuk mencegak menular kepada ayam yang sehat.
  • Bisa memperlihatkan vaksin untuk memperlihatkan kekebalan, pada hari pertama sanggup diberikan vaksin tetes mata kemudian pada haris kedua vaksin disuntikan pada intramuskuler otot dada.

Subscribe to receive free email updates:

PRIVATE GOOGLE SEARCH