Mencegah Penyakit Ayam Dengan Memperlihatkan Vaksin Pada Ayam Aduan Bangkok

Sabung Ayam Online - Salah satu merawat ayam aduan yaitu dengan memperlihatkan vaksin pada ayam aduan bangkok supaya tetap sehat dan tidak gampang terjangkit penyakit. Ayam aduan memang membutuhkan perawatan khusus supaya kondisi selaluayamayafit dan siap untuk bertarung.
Ayam di animo hujan rentan terjangkit aneka macam macam penyakit menyerupai snot, pilek, dan ngorok. Cara menyembuhkan penyakit ayam aduan bermacam macam dari cara tradisional hingga kimiawi. Pemberian vaksin juga sanggup bertujuan untuk mencegah aneka macam macam penyakit yang menyerang ayam aduan.
Vaksin yaitu bibit penyakit yang sudah dilemahkan yang disuntikkan ke dalam badan ayam aduan dengan takaran tertentu secara periodik. Vaksin yang diberikan tidak secara bersiklus dan tidak sesuai takaran usulan akan berdampak kurang baik terhadap ayam aduan, bahkan vaksin tersebut sanggup menjadi racun bagi badan ayam aduan.
Ada aneka macam macam jenis vaksin untuk ayam, berikut beberapa teladan vaksin dan manfaat untuk ayam aduan:
  • Vaksin ND
    Vaksin yang diberikan pada unggas ini dilakukan dengan meneteskan atau menyuntikkan ke ayam aduan. Vaksin ini bertujuan untuk mencegah newcastle disease. Newcastle disease yaitu penyakit yang dikenal sebagai tetelo. Penyakit ini disebabkan oleh serangan virus NDS, suatu virus RNA berkas tunggal dengan sekuens antisens negatif.
  • Vaksin Gumor
    Vaksin gumoro diberikan dengan cara mencampurkan dengan air minum. Vaksin ini bertujuan untuk mencegah sakit gumboro. Penyakit gumboro merupakan penyakit pada ayam yang menyerang organ pertahanan ayam, ayam yang terjangkit gumboro menjadi rentan terhadap bisul sekunder.
  • Vaksin AI
    Vaksin ai atau avian influenza bertujuan untuk mencegah ayam mengalami flu burung. Pada animo hujan wabah flu burung rentan menyerang dan sanggup menular ke ayam aduan lainnya, dengan sumbangan vaksin ini bermanfaat untuk mencegah ayam aduan terjangkit flu burung.
  • Vaksin Marek
    Vaksin yang diberikan pada ketika unggas masih kecil bertujuan untuk mencegah penyakit marek. Penyakit marek yaitu penyakit menular pada ayam yang disebabkan virus Herpes dengan proliferasi dan infiltrasi sel limfosit pada syaraf dan jaringan tubuh. Penyakit ini sanggup menular melalui udara dalam sangkar ayam, tinja, dan air liur.
  • Vaksin Coryza
    Vaksin Coryza yaitu vaksin untuk mencegah terjadinya ayam ngorok dan snot. Vaksin ini diberikan supaya ayam kebal terhadap cuaca.
Vaksin pada ayam aduan bangkok yang baik dimulai dari anak ayam aduan bangkok berumur satu ahad dan setiap 4-6 bulan sekali untuk ayam aduan bangkok sampaumur secara bersiklus dan sesuai dosis. Pemberian vaksin sebaiknya dilakukan pada kondisi ayam yang sehat, sangkar dalam kondisi bersih, dan tidak ada ayam yang terjangkit penyakit ayam. Jika terdapat ayam yang terjangkit penyakit menular, sebaiknya segera di bakar kemudian di kubur, supaya tidak sanggup menular ke ayam aduan lainnya. Kandang ayam tersebut harus segera dibersihkan dan jangan dipakai terlebih dahulu.

Subscribe to receive free email updates:

PRIVATE GOOGLE SEARCH