Tips Menciptakan Nektar Untuk Pleci


Nektar yaitu sari bunga yang rasanya bagus dan kerap dicari pleci di alam bebas. Kalau mau tidak repot, Anda dapat mencari beberapa putik bunga yang mengandung nektar, kemudian dikumpulkan dalam wadah. Nektar harus cepat diminumkan ke burung, sebab akan cepat menguap kalau didiamkan selama beberapa menit.
Alternatif lainnya yaitu menciptakan nektar tiruan di rumah. Meski tiruan, kandungannya tidak jauh berbada dari nektar sungguhan. Bahan baku yang diperlukan yaitu gula pasir putih yang dicampur air panas dengan perbandingan 1 : 4.
Campurkan kedua materi dalam wadah bersih, aduk hingga merata, kemudian simpan dalam kulkas. Setelah dingin, masukkan nektar buatan itu (sedikit saja) ke dalam wadah keramik, dan sajikan untuk pleci kesayangan Anda.
Perlu diketahui, kalau kita melihat kandang pleci di negara tetangga menyerupai Malaysia, Thailand, dan Vietnam, umumnya ada wadah yang terbuat dari materi keramik. Selama ini saya mengira itu hanya sekadar aksesoris kandang semata, ternyata kawasan untuk menyimpan nektar.

Jangan pernah menaruh nektar ke wadah air minum, atau mencampurnya dengan air minum, sebab pleci bahagia mandi dalam cepuk minumnya. Jika hingga mandi air bercampur nektar, akibatnya bulu-bulunya akan lengket dan mengakibatkan iritasi pada mata akhir cairan gula tersebut. Karena itu, dianjurkan memakai wadah keramik berukuran kecil sebagai tempat
menyimpan nektar.

Untuk tambahan energi, Anda dapat mencampurkan vitamin B kompleks ke dalam larutan nektar. Berikan kepada burung setiap Minggu pagi, dan diusahakan habis dalam waktu 1 jam (takaran harus disesuaikan).

Subscribe to receive free email updates:

PRIVATE GOOGLE SEARCH