Cara Membedakan Trotolan Cucak Ijo Jaantan Dan Betina


Membedakan trotolan pada cucak ijo jantan dan betina terbilang cukup sulit, soalnyaciri-ciri pada trotolan cucak ijo jantan dan betina pada usia muda belum terlihat dengan cukup jelas.Hal ini dipengaruhi juga alasannya ialah cucak ijo jantan dan betina yang masih dalam kondisi bakalan mempunyai postur badan yang hampir sama. Suara ocehanya nya pun sanggup dipastikan seolah-olah alasannya ialah secara logika usia burung muda niscaya gres bisa ngeriwik saja atu bahasa umumnya mengeluarkan bunyi yang belum tepat atau tergolong masih halus.


Untuk membedakan bakalan atau trotolan cucak ijo betina dan jantan perlu ketelitian yang extra alasannya ialah kalau anda hanya membandingkan dari satu ciri saja biasanya kurang akurat balasannya dan masih meragukan. Ada beberapa ciri khusus yang biasanya dijadikan patokan oleh para penghobi burung untuk membedakan trotolan cucak ijo jantan dan betina yaitu biasanya dilihat dari huruf (tingkah laku), postur, bunyi dan fisiknya

Lain halnya kalau cucak ijo jantan dan betina sudah dalam usia dewasa, kita sanggup membedakannya dengan melihat warna bab bawah paruh atau bab dagu dari cucak ijo tersebut. Jika anda lihat di bab bawah dagu atau paruhnya berwarna kekuningan (kuning janur) sanggup kita ambil kesimpulan bahwa cucak ijo tersebut berjenis kelamin betina. Akan tetapi kalau bulu di bab bawah dagu atau paruhnya berwarna hitam pekat sanggup disimpulkan bahwa cucak ijo tersebut berjenis kelamin jantan.



Berikut ada beberapa rujukan ciri khusus dan umum yang telah kita ringkas dari banyak sekali sumber yang sanggup anda jadikan patokan untuk membedakan jantan dan betina trotolan cucak ijo :

Ciri-ciri Cucak Ijo Jantan
  • Jika anda amati pupil mata cucak ijo jantan akan terlihat jernih dan hitam.
  • Cenderung garis lingkar mata cucak ijo jantan kuning yang lebih tegas atau pekat.
  • Cenderung garis lingkar mata cucak ijo jantan kuning yang lebih tegas atau pekat.
  • Dalam kondisi masih bakalan atau anakan cucak ijo jantan paruhnya berwarna cokelat kusam dan gelap.
  • Tulang supit cucak ijo jantan lebih keras dengan jarak sisi-sisi yang rapat.Jika kulit kaki sudah menyisik maka akan ada bintik-bintik hitam.

Ciri-ciri Cucak Ijo Betina
  • Perhatikan Pupil mata Cucak Ijo Betina kebanyakan berwarna coklat.
  • Lingkar mata Cucak Ijo Betina biasanya berwarna kusam dan warna kuningnya agak pudar dan memutih.
  • Saat masih anakan Cucak Ijo Betina di bab paruh terlihat berwarna kusam atau putih.
  • Supit urang Cucak Ijo Betina lebih lembek dengan jarak antara kedua sisi-sisi yang renggang.
  • Kebalikan dari Cucak Ijo jantan, kulit kaki Cucak Ijo Betina kalau sudah menyisik maka tidak terdapat trotolan hitam.


Di kalangan Kicau mania sebagian para pemain burung biasanya untuk membedakan jenis kelamin pada burung cucak ijo yang paling praktis ialah dengan cara mengamati bentuk tubuhnya dan dagu saja sudah cukup. 

Ciri khusus burung cucak ijo berjenis kelamin jantan mempunyai postur badan yang gagah dan ukurannya lebih besar akan tetapi lebih pendek. Selain itu, dagu sang pejantan terdapat terperinci bulu yang berwarna hitam pekat. Sedangkan untuk cucak ijo yang berkelamin betina, tubuhnya cenderung lebih ramping dan ukurannya relatif lebih panjang. Dibagian dagu cucak ijo betina, warnanya tidak hitam melainkan kuning kehijauan.

Dengan beberapa ringkasan ciri-ciri umum dan khusus burung cucak ijo jantan dan betina diatas agar sanggup membantu dan menambah pengetahuan anda perihal cara membedakan cucak ijo bakalan jantan dan betina.






Subscribe to receive free email updates:

PRIVATE GOOGLE SEARCH