Bebaskan Mbagong Dan Sehatkan Kacer Dengan Mandi Pasir


Menangani dan menyiasati kacer mbagong memang gampang-gampang susah. Apalagi bagi Anda yang gres saja menyukai atau memelihara kacer, tentu saja akan pribadi panik jikalau melihat burung kesayangan mbagong ketika ditrek dengan burung lain. 

Fakta di lapangan menawarkan bahwa ternyata burung mbagong ialah kebanyakan burung yang bagus. Karenanya, di antara mereka adakala banyak yang mimilih kacer yang mbagong ketika mereka diminta untuk menentukan kacer yang mbagong dan yang tidak.

Ada sebuah teknik yang sudah umum di kalangan kacer mania bagaimana cara mengatasi kacer mbagong tersebut yang efektif. Salah satu yang paling terkenal ialah mandi pasir. Mandi pasir pada burung bahu-membahu bukan hal yang gres alasannya ialah pada umumnya banyak burung di alam/habitatnya yang kerap kali melaksanakan mandi pasir ini

Mandi pasir pada kacer sanggup dijadikan sebagai terapi untuk mengatasi mbagong lantaran sanggup menekan atau menurunkan birahi. Kelebihan lainnya, burung yang menjalani terapi mandi pasir, juga sanggup menjadi lebih sehat dan berumur panjang. Hal ini disebabkan lantaran pada dikala kacer sedang mandi pasir, mereka secara tidak sengaja juga kerap kali mengonsumsi sejumlah mineral yang terdapat pada pasir. Mineral ini berfungsi dalam membantu proses kimia dan elektrik pada badan burung sehingga burung menjadi lebih sehat dan berumur panjang.


Adapun cara melaksanakan terapi mandi pasir pada kacer sanggup dilakukan dengan beberapa cara sebagai berikut.

  • Siapkan pasir halus atau debu kerikil bata secukupnya yang telah diayak. Hal ini bertujuan biar didapat pasir atau debu kerikil bata yang halus sehingga burung akan lebih nyaman ketika mandi.
  • Siapkan kolam keramba yang higienis dan tidak bau
  • Ambil pasir atau debu kerikil bata tersebut kemudian masukkan ke dalam kolam keramba
  • Masukkan kacer ke dalam keramba dan biarkan kacer Anda mandi sendiri. Jangan lupa selama mandi awasi burung tersebut supaya kalau sudah puas mandi sanggup pribadi dientas.
  • Setelah itu, masukkan kacer ke dalam sangkar harian sementara Anda sanggup membuang pasir atau debu kerikil bata tersebut untuk diisi dengan air bersih.
  • Berikutnya, kacer Anda boleh dimasukkan kembali ke dalam keramba yang telah diisi air untuk dimandikan lagi, tetapi dengan catatan sepanjang kacer Anda mau. Jika tidak mau, jangan paksakan. Mandi di sini hanya bertujuan biar kotoran atau sisa pasir yang masih melekat pada bulu burung sanggup dibersihkan dan juga biar kacer Anda sanggup lebih nyaman.
  • Setelah itu, kacer sanggup diangin-anginkan kemudian dikerodong untuk dimasukkan ke dalam rumah

Catatan:
  • Mandi pasir sanggup dilakukan dalam keramba dan sanggup juga dilakukan dalam sangkar umbaran
  • Sebaiknya mandi pasir dilakukan pada sore hari supaya burung sanggup lebih nyaman dan tidur nyenyak pada malam harinya

Subscribe to receive free email updates:

PRIVATE GOOGLE SEARCH