Cara Sempurna Memaster Pleci Untuk Hasil Yang Memuaskan


Pleci termasuk salah satu jenis burung yang cerdas dan bisa menjiplak aneka bunyi burung lainnya. Karena itulah, banyak pleman yang melaksanakan pemasteran untuk menambah variasi bunyi isiannya. Namun balasannya tidak selalu memuaskan. Apalagi kalau hingga tak ada satupun bunyi masteran yang ditiru oleh pleci kesayangannya.

Tidak ibarat jenis burung kicauan lainnya, pleci yang sudah berumur mapan (jadi) akan mempunyai dua aksara bunyi yang berlainan. Sobat pleman (plecimania) sering menyebutnya sebagai bunyi ngalas dan bunyi ngerol. Masih banyak kicaumania yang belum memahami hal tersebut, sehingga dikala melaksanakan pemasteran balasannya jauh dari kata memuaskan. Berikut ini tips pemasteran burung pleci sesuai aksara suaranya.

Sebelum melaksanakan pemasteran, sebaiknya Anda perlu mengetahui dulu aksara bunyi dari pleci tersebut. Meski sebagian besar pleci bersuara ngerol, ada juga burung yang sulit ngerol dan cenderung mengeluarkan bunyi ngalas saja. Setelah memahami aksara suaranya, barulah kita melaksanakan pemasteran yang paling sesuai.

1. Memaster pleci yang berkarakter bunyi ngalas

Untuk memaster pleci dengan aksara bunyi ngalas, Anda bisa menempelkan pleci tersebut dengan burung lain yang mempunyai bunyi tembakan yang mengalun bervariasi. Berikut ini masteran yang bisa digunakan:


  • Cucak Jenggot / kapas tembak 
  • Kacer
  • Tledekan Gunung
  • Cucak Hijau

2. Memaster pleci yang berkarakter bunyi ngerol
Secara umum, pleci dengan aksara bunyi ngerol lebih gampang dimaster dengan bunyi banyak sekali jenis burung. Namun memaster dengan bunyi yang tidak sempurna akan menciptakan bunyi ngerolnya cenderung pendek, terutama jikalau sering dimaster dengan burung yang cenderung bersuara tembakan saja, misalnya ciblek kebun atau perenjak.
Agar pleci mempunyai bunyi ngerol yang lebih panjang dan lama, maka pemasterannya bisa dilakukan dengan jenis-jenis burung yang mempunyai aksara bunyi yang sama atau bersuara ngerol. Beberapa jenis burung peliharaan yang dikenal mempunyai bunyi ngerol antara lain:
  • Kolibri
  • Blackthroat
  • Tengkek Udang
  • Branjangan
  • Jalak Suren

Demikian tips memaster burung pleci sesuai dengan aksara suaranya. Dengan melaksanakan pemasteran yang tepat, pleci akan lebih cepat merekam suara-suara masterannya.
Semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

PRIVATE GOOGLE SEARCH