Panduan Budidaya Kroto (Semut Rangrang)


 Seluruhnya serangga segalanya suku Formicidae Panduan Budidaya Kroto (Semut rangrang)
koloni semut rangrang dalam toples



Panduan Budidaya Kroto (Pakan Burung) | Ragam Budidaya -Semut yaitu, Seluruhnya serangga segalanya suku Formicidae. Bangsa Hymenoptera. Serta semut memiliki dari 12.000 type (Spesies), Serta beberapa besar hidup di lokasi Tropika. Beberapa besar semut dimengerti untuk serangga Sosial. Dengan koloni serta dan Sarang-sarangnya yang terorganisir beranggotakan beberapa ribu semut per koloni. Serta anggota koloni terbgi jadi semut pekerja, Semut pejantan, Serta ratu semut. Di mungkinkan juga ada grup semut penjaga. Satu koloni sanggup mengusai tempat yang luas untuk mensupport kehidupan mereka. Koloni semut adakala di sebut (Superorganisme) Lantaran Koloni-koloni mereka yang menghasilkan sebuah kesatuan.

Walau ukuran badannya yang relatif kecil, Semut terhitung binatang terkuat di Dunia. Lantaran semut jantan sanggup menyokong beban dengan berat 50 kali dari berat tubuhya sendiri. Dapat di bandingkan dengan gajah yang cuma sanggup menyokong beban dengan berat 2 x tubuhya sendiri, Semut itu cuma tersaingi oleh kumbang rino yang sanggup menyokong beban dengan berat 850 kali dari berat tubuhya sendiri.

Semut rangrang adalah serangga eusosial atau (Sosial sejati) Serta kehidupan koloninya sungguh-sungguh tergantung pada kehadiran pohon atau (arboreal) Mereka bikin sarang yang yang dibikin dari Lembar-lembar daun yang Semula sama-sama di rekatkan oleh Semut-semut Pekerja. Lalu di perkuat dengan sutra yang dikeluarkan oleh Larvanya. 

Didalam sarang sanggup di dapatkan Ratu semut yang berwarna hijau muda Kemerah-merahan. Dn beberapa ribu semut pekerja yang memiliki ukuran besar (Yang di sebut Maksima). Serta yang memiliki ukuran kecil di sebut (Minima). Pekerja maksima bertugas untuk mencari pakan, Menjaga serta mengorganisir sarang, Serta jadi besar koloni, Sedang pekerja minima bertugas mengasuh Semut-semut muda Serta sekalian beternak Serangga-serangga Simbion. Umpamanya, Kutu perisai, Tingkah laris beternak itu kerap mengkuatirkan beberapa petani, Lantaran hal seperti ini memiliki arti juga pelihara (Hama mungkin) Pada flora Budidaya.
 Seluruhnya serangga segalanya suku Formicidae Panduan Budidaya Kroto (Semut rangrang)
 budidaya kroto media toples

Semut Rangrang tak mengumpulkan pakan dalam sarangnya, Namun mendapatkan pakan melalui cara memerah cairan manis dari Kutu-kutuan atau larva Kupu-kupu (Lycaenid) Lalu membagikanya pada larva dalam sarangnya. Semut Rangrang dimengerti dengan koloni serta Sarang-sarngnya yang teratur, Yang adakala terbagi dalam beberapa ribu semut per koloni. Beberapa jenis semut terdiri jadi semut tentara semut pekerja, Semut pejantan, serta ratu semut.

Satu koloni sanggup kuasai serta menggunakan satu tempat yang luas untuk mensupport acara mereka. Koloni semut adakala di sebut (Superorganisme) Lantaran Koloni-koloni mereka yang menghasilkan sebuah kesatuan. Lewat cara memulai Budidaya kroto diantaranya yang butuh anda laksanakan adalah menyerupai berikut ini.

Yang pertama merencanakan Mental, Menyiapkan mental bakal mensugesti metode beternak kroto sehubungan dengan berhasil nantinya di masa datang, Dengan cara garis besar sesudah mental serta pola fikir dengan memulai laksanakan Beberapa hal selaku berikut dibawah ini.
  • Persiapan tempat/kandang ternak tangkar.
  • Menyiapkan peralatan.
  • Berburu semut Rangrang.
  • Karantina.
  • Perpindahan ke sangkar tangkar.
  • Pemeliharaan.
  • Nikmati hasil.
Mari kita ulas point per point yang sudah disebutkan diatas.
1. Persiapan Tempat.
Menyiapkan tempat untuk beternak kroto, Menangkarkan semut Rangrang bahwasanya tak demikian sulit, Namun butuh anda ingat, Terdapat banyak hal yang butuh anda hindari selaku berikut dibawah ini.

A. Janganlah terkena cahaya matahari dengan cara Terus-menerus, Dalam hal menyerupai ini perlu atap jikalau di Alam bebas.

B. Upayakan tempat yang teduh, Bersih serta media tak bersinggungan secepatnya dengan perlengkapanan, serta lainnya nya.

C. Upayakan rack tempat media ternak tangkar makin lebih satu (Janganlah satu rack di pakai untuk banyak koloni yang banyak pengambilanya tidak sama tempat, (Untuk mengurangi bertengkar sesama semut).

D. Jauhkan dari jangkauan Anak-anak.

E. Tempat ternak tangkar bukan cuma area jalan raya yang tinggal didalam rumah (Dekat kamar mandi, Dapur, Serta tempat yang lainya).

F. Bersihkan tempat dari semut merah Kecil-kecil atau serangga pengganggu yang lainya.

G. Janganlah di laksanakan satu toples satu nampan untuk mengisolir semut (Supaya Irit, pakai rack dengan kaki utama saja yang diberi nampan/Kaleng sisa Susu wadah sama). 

 H. Bila anda modalkan alangkah tambah baik buat rack jenis almari yang bersaf atau bertingkat seukuran toples/wadah yang anda pakai jarak tingkat satu dengan tingkat yang lain. Yang lebih utama ada epilog menyerupai almari, Makara anda sanggup berikan suasana yang gelap serta terperinci pada laskar kroto anda. Apa pemicu mesti ada suasana terperinci serta gelap?... Terindikasi semut Rangrang dalam perkembangbiakan lebih senang pada tempat yang gelap, (Menyusut sinar untuk persembunyian kroto) Di samping itu juga Insting alami untuk berlindung.
 Seluruhnya serangga segalanya suku Formicidae Panduan Budidaya Kroto (Semut rangrang)
contoh konsep rak budidaya kroto

2. Langkah bikin/Menyiapkan Rak

Rack didalam beternak rangrang penghasil kroto sungguh-sungguh vital Perananya, Bila kita tak mempertimbangkanya sebelum di saat bikin kan punya pengaruh dalam perjalanan metode penangkaran. hal ini sungguh berpengaruh.

Umpamanya, Rack anda cuma sebuah papan yang cuma di topang batu, Lalu di tempatkan di atas nampan yang sudah diberi air, Apakah benar Rack anda itu sanggup anda pakai untuk mengisolir laskar semut anda yang menjangkau beberapa ribu/Beberapa puluh ribu personil. Namun apakah anda memahami jikalau berjalan kelalaian/Human Error kecil saja sanggup memunculkan Fatal. Misalnya, Anda lagi mengamati prolaku si Semut, Tak anda sadari pada awalnya ada satu yang menggigit anda serta reflek tangan anda bersinggungan dengan Papan Dapat anda pikirkan apakah yang berjalan sesudah itu..! Pasti tumpah kelantai serta awut-awutan beberapa ribu Semut. Serta anda niscaya ribet untuk kembalikan pada suasana yang permulaan awalnya lagi. Semut Rangrang sungguh-sungguh takut bila bersinggungan dengan bubuk gosok bekas pembakaran kayu/sekam.

3. Persiapan Kandang Ternak Tangkar


Mengulas antisipasi sangkar ternak tangkar. Persiapan rack atau media serta faedah dan kegunaanya sama juga dengan Rack. Dapat berupa almari yang di modifikasi, Dapat pula rack yang dibikin dari plat besi/stainless steel yang ada dijual di Beberapa toko materi bangunan paling dekat, Dapat pula dengan barang sisa rumah tangga menyerupai bale Bambu Tempat Tidur.

Janganlah anda terpaku dengan pada Mutu/tingkat berkelas kualitas rack yang di gunakan, Pertimbangkan juga jumlah dari segi hitungan orang usaha. Buat apa rack bagus, Yang yang dibikin dari Stainless steel Bila hasil perbulananya dari pemasaran kroto tak sanggup menengembalikan modal utama anda. Apakah tambah baik menggunakan bale bambu yang kusam, Namun tingkat kekokohan menyokong beberapa ribu juga beberapa ratus ribu laskar kroto Terjamin. Serta membuahkan Rupiah perbulanya.

Tempat sangkar ternak tangkar, Kandang ternak tangkar dalam hal semacam ini, Ruangan yang kita gunakan/Manfaat untuk mengisolir laskar kroto terebut. Dapat berupa ruangan yang sudah jadi atau yang sudah ada. Yang menyatu dengan rumah utama rumah anda. (Contoh, Kamar kosong) Atau di buat sendi di belakang serta di samping rumah anda. Silakan saja mana yang menurut anda baik serta kondusif tentunya. Lantaran ruangan yang kita gunakan mesti penuhi Persyaratan Seperti berikut.

1. Bukan cuma area jalan raya yang tinggal didalam rumah : Agar tingkat ketenangan beberapa laskar semut kita kondusif serta terjaga. Intinya tempat ruangan ternak tangkar itu (Bukan cuma area jalan raya) Seperti : Dekat kamar mandi, Di dapur yang kebiasaan sehari-harinya yang selalu kita di lalui, Lantaran insting semut rangrang sungguh-sungguh sensitif dengan nada, (Mereka tidak mau terusik serta di ganggu).


2. Bersih : Dalam hal seperti ini higienis yang di maksut fatwa hawa dan pancaran cahaya matahari sanggup masuk di ruangan. Bersih, Dalam hal seperti ini fatwa hawa bai keluar masuknya, jadi bila didalam ruangan seharusnya ada jendelanya. Lantaran semut rangrang sungguh-sungguh suka pada hawa yang bersih.

3. Terlindung dari terik matahari dengan cara lansung, Juga terlingdung dari guyuran air hujan, Dalan hal seperti ini membutuhkan atap bila diluar ruangan Rumah. Serta mesti terlindung dari panas matahari dengan cara lansung juga terlepas dari terpaan air hujan. Maka di perlukan atap buat anda yang bertujuan letakkan sangkar ternak diluar ruangan rumah.

Persoalan atap juga tak mesti yang dibikin dari beberapa materi berkelas sepeti Genting, Seng, Asbes, Serta yang lainya. Buat anda yang diluar pulau jawa sepengetahuan saya serta yang sudah tergabung di (LKP) Laskar kroto gunakan atap yang yang dibikin dari daun nipah/daun sagu.

4. Bila sangkar didalam ruangan rumah mesti ada jendelanya.


5. Tak ada peralatan yang sanggup bersinggungan secepatnya dengan rack atau terjangkau oleh semut.

Tak ada perlengkapanan yang sanggup bersinggungan secepatnya dengan rack atau terjangkau semut. Lantaran bakal di gunakan semut untuk melarikan diri, Minimum jarak 1 jengkal atau lebih, Bila terpaksa anda campur dengan gudang Beberapa barang. Ingat semut rangrang adalah binatang terpelajar yang sanggup laksanakan bunuh diri sebahagian untuk menyelamatkan banyak Rekan-temannya yang lain. Serta sanggup pula bikin jembatan dengan system bergelantungan mengait satu dengan yang lainya.

6. Jauhkan Dari Kebisingan/Keributan Serta jangkauan Anak-anak.


Janganlah terlampau Kebisingan/Keributan, Umpamanya di samping sangkar ternak ruangan anda, Lalu anda memutar muik dengan cara keras, Benar-benar punya pengaruh dimasak pembiasaan dan pergeseran semut tangkaran anda. Untuk yang memiliki si kecil, Tolong jangan sempat si kecil masuk ke ruangan tampa pantauan anda, Saya tak menuturkan mengakibatkan, Hanya, Anda bakal di buat repot Jika si kecil menumpahkan satu toples saja.

Langkah budidaya Klangrang dengan media bambu di atas kolam. Potong bambu selama 40 cm Serta satukan dengan sebagian potong bambu dengan kayu, Lalu tempatkan bambu itu pada sebuah rack di atas kolam mudah-mudahan semut tak sanggup keluar/melancong. Kolam berperan juga agar semut tak terusik oleh semutsemut hitam atau sejenis serangga lainya. Lalu pindahkan bibit semut rangrang serempak ratunya kedalam Bambu. Pakan : Berbentuk Tulang-tulang hewan, Bangkai, Serangga.

7. Imbuhkan air gula, Lantaran Semut-semut sungguh-sungguh membutuhkan Rasa-rasa yang manis


Langkah budidaya kroto dengan media toples plastik tempat roti. Di sebagian toples besar berdiameter 3 cm, Serta tatakan pot berdiameter makin lebih 30 cm, Lakban plastik, Lubangi toples di kepingan bawah di dalam dengan diameter 3 cm, Serta masukkan bibit klangrang dari alam melalui cara terbalik. Lalu masukkan dari bawah ke atas melalui lubang segi bawah, Serta klangrang bakal mencari tempat yang tinggi. Sesudah masuk, Balikkan toples lakban tutupnya agar tak terlepas, Lalu letakkan toples pada tatakan pot yang sudah diberi air. Serta beri pemberat pada toples agar tak mengapung.

Berburu Semut Rangrang

Seandainya tempat atau sangkar ternak tangkar sudah siap serta ada, Serta pengganti rack juga sudah ada, Peralatan untuk memulai beternak semut rangrang penghasil kroto sudah ada. Serta tinggal anda berburu semut rangrang cs di hutan. Lantaran bibit yang untuk kita terenak/tangkarkan gratis sudah ditawarkan oleh Tuhan semesta alam.

Sebelum di saat kita lanjutkan mari kita memahami dulu klarifikasi semut rangrang di bawah ini :

Semut rangrang dimengerti dengan koloni serta Sarang-sarangnya yang sungguh-sungguh teratur. Yang adakala terbagi dalam beberapa ribu semut per koloni. Beberapa jenis semut di untuk jadi semut prajurit, Semut pekerja, Semut pejantan, Serta Ratu semut. Satu koloni sanggup kuasai serta menggunakan sebuah tempat yang luas untuk mensupport acara mereka. Koloni semut adakala di sebut juga Superorganisme Di karenakan Koloni-koloni mereka yang menghasilkan sebuah kesatuan.
 Seluruhnya serangga segalanya suku Formicidae Panduan Budidaya Kroto (Semut rangrang)
kroto siap jual
Barangkali anda sudah sanggup mengolah makksut dari klarifikasi yang di atas, sanggup membedakan pada koloni dengan sarang. Hal seperti ini butuh kita luruskan di goresan pena di sekarang ini karena kerapkali teman dekat tidak sama presepsi. Yang kurang benar dalam mengartikan makna sarang dengan makna koloni didalam dunia persemutan.

Subscribe to receive free email updates:

PRIVATE GOOGLE SEARCH