Budidaya Tanaman Sirih


Tanaman sirih terbagi dalam dari bervariasi species serta berarti istilah nama yang be Budidaya Tanaman Sirih
Budidaya Tanaman Sirih | Ragam Budidaya -Tanaman sirih terbagi dalam dari bervariasi species serta berarti istilah nama yang bermacam juga, kita niscaya sempat mendengar nama nama sirih gading, sirih hijau, sirih hitam. sirih kuning serta banyak lagi yang lain. Seluruhnya type flora sirih ini memiliki ciri yang hampir sama, merupakan berupa flora merambat dengan wujud daun yang menyerupai “hearth”, yang berkembang secepatnya dari batangmya itu rata rata berwarna hijau, kehijauan s/d kuning serta kehitaman itu mempunyai fungsi penyembuhan yang amat manjur.

Cara Perbanyakan dan Pembibitan
Tanaman sirih merah lebih senangi berkembang ditempat teduh. Umpamanya dibawah pohon besar yang rindang. Dapat pula berkembang subur ditempat yang berhawa sejuk. “Hanya perlu 60 – 75 % sinar matahari, ” tegas lelaki yang biasa di panggil Dewo.

Dengan berkembang ditempat teduh, daunnya bakal melebar. Warna merah marunnya yang anggun bakal selekasnya terlihat apabila daunnya di balik. Batangnya juga berkembang gemuk. Apabila terkena banyak cahaya matahari, batangnya cepat jadi kering. Sebaliknya apabila begitu banyak terkena air akar serta batangnya bakal membusuk.
Tanaman sirih terbagi dalam dari bervariasi species serta berarti istilah nama yang be Budidaya Tanaman Sirih

Hal seperti ini diamini oleh Akhief Nastain dari PJ Sekar Kedathon perwakilan Bekasi. “Jika lazimnya air, flora bakal mati. Terkena panas senantiasa juga bakal mati juga. Berarti, kalau di pot tak sanggup secepatnya terkena matahari. Benar-benar baik kalau memakai epilog (net) hingga tidak secepatnya terkena hujan. ”
Budidaya sirih merah sanggup lewat pembibitan atau perbanyakan. Dapat lewat stek, cangkok, serta memakai tiap-tiap runduk batang. Untuk beberapa pemula, baiknya menyeleksi langkah permulaan serta ke-2. Sedang runduk batang sanggup dilaksanakan apabila flora sirih merah sudah mulai menjalar atau meningkat cepat.

Musuh utama sirih merah merupakan keong, bekicot kecil, serta semut. Bila daunnya bakal digunakan obat, seharusnya janganlah memakai pestisida untuk menyingkirkan hama. Yang pasti, hama itu mesti selekasnya dibuang. Waktu menyiram juga tak sanggup sembarang memakai air, misalnya air kali. “Karena banyak memiliki kandungan hewan kecil yang sanggup membuat kerusakan tanaman, ” tandas Akhief.

Pembawa bahagia

Bila dalam sebuah daun guratannya berupa hati diakui sanggup mendatangkan kebahagiaan untuk pemiliknya. Namun tidak simpel peroleh guratan menyerupai itu. 2. Sirih merah sanggup juga digunakan untuk menghaluskan kulit. 3. Penentuan daun betul-betul utama. Umumnya di umur satu bulan daunnya sudah cukup lebar, bersih, mengkilap, umurnya tengah hingga kandungan zat aktifnya tinggi. Bila dipegang daunnya tidak tipis serta kaku. 4. Perbanyakan sirih merah lazimnya dilaksanakan dengan pencangkokan. Media tanamnya berupa tanah, pasir, serta kompos.

Stek Paling Gampang

Untuk Anda yang akan coba menanam sirih merah, coba lewat cara stek. Langkah tersebut merupakan yang paling simpel untuk pemula. Langkahnya : 1. Siapkan media tanam stek berupa pasir, tanah serta kompos. Perbandingannya 1 : 1 : 1. Masukkan ke dalam polybag berdiameter 10 cm yang segi bawahnya sudah dilubangi. 2. Tentukan batang sirih merah yang sudah tua. 3. Potong batang sirih kurang lebih dua ruas. Janganlah asal potong. Baiknya batang yang diplih sudah memiliki 2 -3 lembar daun. 4. Rendam serpihan batang ini ke dalam air biasa kurang lebih 15 menit kemudian angkat. 5. Masukkan setek ke dalam media tanam yang sudah disiapkan. 6. Tempatkan setek yang sudah ditanam ditempat teduh. Cahaya matahari kurang lebih 60 % saja.

Cara Pemanen

Tanaman siap panen minimum berusia 4 bln.. Waktu itu sirih merah terdiri atas 16 hingga 20 daun. Pada waktu itu daun sudah relatif lebar, dengan panjang 15 hingga 20 cm. Daun siap petik mesti berusia 1 bln., bersih, serta warna mengkilap. Daun yang dipetik berusia tengah, tak terlampau renta atau muda, karena kandungan zat aktifnya tinggi.

Daun yang subur memiliki ukuran 10 cm serta 5 cm. Apabila dipegang, daun jadi tidak tipis serta kaku (tak lemas). “Semakin renta warna daun, kian tidak tipis. Makin tidak tipis daun, kian kaku, ” kata Soekardipengelola kebun pembibitan flora obat di Bogor. Aroma daun tajam serta terasa pahit. Dalam seminggu panen sekali, tetapi apabila flora rimbun panen tiap-tiap hari juga sungguh mungkin. Jauhi menuai daun yang terkena cipratan tanah, apalagi pada di saat animo hujan.

Pemetikan diawali dari flora segi bawah menuju atas. “Daun dipetik seputar 60 cm dari permukaan tanah, dengan maksud mengurangi apabila ada kotoran atau bubuk yang melekat, ” tutur Bambang Sudewo. Apabila daun dipetik seputar 10 cm dari permukaan tanah, kotoran begitu banyak hingga kurang patut panen. “Semakin kerap daun dipanen, kian cepat tunas tumbuh, ” lanjutnya. Pemetikan baiknya di saat pagi hingga jam 11. 00. Apabila dipetik pada sore hari, membatasi metode pengeringan. Pemetikan dengan pisau tajam serta steril.

Pasca Panen

Usai dipetik, daun disortir dengan standard kualitas : daun bersih, fresh, tidak tipis, serta mengkilap. Daun kotor, cacat, serta kusam dibuang. Daun di rendam dalam air sepanjang 1530 menit untuk bersihkan kotoran serta bubuk yang melekat. Lalu dibasuh hingga bersih, serta ditiriskan.

Langkah berikutnya daun dirajang dengan alat yang bersih, steril, serta tajam. Lebar irisan seputar 1 cm, secepatnya dikeringanginkan diatas tampah beralas kertas sepanjang 1 jam. Rajangan yang sudah kering 60% ditutup dengan kain hitam transparan untuk hindari debu, serangga, atau kemungkinan melayang karena tertiup angin.

Sesudah kering, daun dimasukkan ke kantong plastik tidak tipis transparan. Apabila butuh berikanlah silica gel untuk menyerap kandungan air. Tutup rapat kantong, beri label, serta tanggal kering. Lalu taruh ditempat bersih, tak lembap, serta simpel dijangkau, misalnya stoples kaca. Lewat cara ini kualitas sirih merah terus tersadar hingga satu tahun. Saat akan konsumsi, ambillah rajangan kering sirih merah 34 lembar, serta rebus hingga mendidih. Minumlah sesudah rebusan hambar serta lewat penyaringan.

Subscribe to receive free email updates:

PRIVATE GOOGLE SEARCH