√ Jenis-Jenis Penyakit Burung Kacer Dan Cara Penyembuhanya..

Burung Kacer termasuk salah satu di antara jenis burung yang banyak diminati oleh para penghobi burung kicauan. Hal ini disebabkan lantaran burung kacer memiliki kualitas bunyi yang cukup anggun dan gampang dilatih untuk menjadi burung lomba.

Hanya saja, perawatan yang kurang Baik sanggup menimbulkan burung kacer menjadi gampang sakit. Untuk itulah, anda harus mengetahui apa saja penyakit burung kacer dan cara untuk mengobatinya.


Penyakit Burung Kacer dan Cara Pengobatannya 
Sebagai penghobi burung yang baik, maka anda harus memahami aneka macam macam jenis penyakit yang sanggup menyerang pada burung kacer peliharaan anda. Di samping hal itu, ketahui juga bagaimana cara untuk mengobatinya.

Inilah beberapa macam jenis penyakit burung kacer dan cara untuk mengobatinya:

1. Gangguan Pernafasan 
Salah satu jenis penyakit yang sering dialami dan menyerang pada burung kacer yakni gangguan pernafasan. Jenis penyakit ini disebabkan oleh basil E.colli yang menyerang pada potongan pernafasanya.

Bakteri E.colli akan menimbulkan infeksi pada susukan pernafasan burung kacer dengan cara penularan lewat makanan, minuman, udara, dan juga tubuhnya.

Pada Saat penyakit ini menyerang pada pernafasan burung kacer, pastikanlah anda segera mencuci higienis kandangnya. Bersihkan juga semua potongan sudut sangkar burung setiap pagi secara berkala. Kemudian Sikat dan cuci ganjal sangkar yang sudah kotor dengan deterjen. Kemudian jemur sekitar 15-30 menit di bawah terik panas matahari.

Supaya sangkar burung benar-benar bersih, maka anda sanggup menyemprotkan semua potongan sangkar burung dengan memakai disinfektan.

Perlu anda ketahui, disinfektan sanggup membunuh bakteri, parasit, jamur, kuman penyakit, kutu, dan virus yang sanggup membahayakan kesehatan pada burung.

2. Mencret
Kacer juga sanggup terjangkit oleh penyakit mencret (diare). Penyakit mencret yang sering di alami oleh burung kacer sanggup disebabkan oleh 2 hal, yaitu salah mengkonsumsi kuliner dan juga terinfeksi oleh bakteri.

Di samping hal itu, tanda-tanda yang terlihat yakni burung kacer terlihat tampak lesu dan juga lemas, nafsu makannya juga tampak berkurang.

Burung kacer yang terkena penyakit mencret sanggup diobati dengan menunjukkan kuliner dan nutrisi yang tepat. Dalam artian, kuliner yang diberikan memiliki kandungan nutrisi yang sebanding atau seimbang, dan tentunya harus baik untuk kesehatan burung kacer.

Kesehatan pada burung kacer memang disebabkan oleh kuliner yang dikonsumsinya. Maka dari itu, Anda sanggup menunjukkan kuliner yang memiliki komposisi secara menyeluruh dan telah teruji sesuai kebutuhan untuk burung kacer.

Adapun kuliner yang dimaksud untuk burung kacer yakni sesuai dengan sistem metabolisme burung kacer. Kandungan nutrisi dari kuliner yang diberikan harus sanggup memenuhi semua kebutuhan pada burung kacer.

3. Snot
Snot yakni salah satu jenis penyakit yang sanggup menyerang pada burung kacer. Penyakit snot yang juga sering dikenal dengan nama Penyakit Mata. Hal ini diakibatkan oleh virus Hemophillus Gallinarum. Gejala Penyakit snot ini terlihat benjolan merah di sekitar area mata burung kacer.

Tak hanya itu saja, penyakit snot ini juga ditandai dengan wajah kacer yang terlihat bengkak. Daerah sekitar Hidung kacer juga mengeluarkan ingus dan juga lendir. Bahkan jikalau tidak segera di atasi, maka burung kacer akan seringkali bersin-bersin sebagai tanda bahwa ada hal yang mengganggunya.

Untuk mengobati burung kacer yang terkena oleh penyakit snot ini, anda sanggup menunjukkan pelengkap vitamin, asam amino, dan juga mineral yang tepat.

Berikan pelengkap dengan kandungan vitamin, asam amino, dan mineral secara teratur dan juga terjadwal.

4. BuBulan
Penyakit bubulan yang di alami burung kacer diakibatkan oleh basil Staphylo Coccus. Bakteri ini menyerang pada potongan permukaan kaki kacer.

Pada dikala Burung kacer terkena oleh infeksi basil ini, sisik kakinya akan terlihat kendur dan juga melebar. Di samping hal itu, kakinya juga akan tampak terlihat membengkak.

Sebagai tahapan pengobatannya, anda sanggup membasuh kaki burung kacer memakai air hangat. Setelah mengering, olesi kaki burung kacer memakai salep anti jamur.

Selama masa penyembuhan, berikanlah kuliner yang kaya dengan vitamin A dan hindari kuliner telur rebus.

Berbagai jenis penyakit pada burung kacer dan pengobatannya di atas perlu anda pahami dan cermati demi kesehatan burung kacer favorit anda.

Subscribe to receive free email updates:

PRIVATE GOOGLE SEARCH