√ Banyak Sekali Manfaat Rebusan Daun Sirih Untuk Mengobati Penyakit Burung Kicau, Dan Cara Menciptakan Ramuan-Nya..

Manfaat Kandungan Daun Sirih Untuk Burung Kicau Dan Cara Meraciknya.
Burung kicauan yang dipelihara oleh kita pastinya membutuhkan perawatan yang baik dan benar supaya performanya tetap bagus. Selain hal tersebut, bila dirawat dengan baik dan benar tentunya burung kicauan yang kita pelihara sanggup jauh dari gangguan penyakit.

Pemanfaatan tumbuhan alami untuk burung kicauan sangatlah dibutuhkan. Salah satunya ialah dengan memanfaatkan tumbuhan daun sirih.

Sebenarnya untuk Manfaat dari tumbuhan daun sirih ini untuk burung kicauan sangat banyak sekali.

Perlu kita ketahui, bila penyakit pada burung peliharaan banyak di sebabkan oleh adanya virus, kuman dan juga jamur. Semua virus dan kuman tersebut niscaya ada di akrab sangkar burung bilamana pemiliknya jarang menjaga contoh kebersihan sangkar pada burung tersebut.

Penyakit pada burung yang sering dirasakan biasanya lantaran gangguan ibarat kutuan, kaki bubulan serta bunyi serak. Dari 3 penyakit tersebut bila dibiarkan tanpa mendapat penanganan yang sempurna maka akan mempunyai dampak yang jelek pada burung peliharaan anda.

Burung yang telah terkena oleh kutu seringkali malas untuk berkicau, kesehariannya juga seringkali sibuk menggaruk-garuk badannya sendiri sehingga mengakibatkan bulu menjadi rusak dan rontok.

Burung yang terjangkit oleh kutu seringkali merusak penampilannya, sehingga tidak lezat bila di pandang mata, apalagi bila termasuk burung lomba sudah merusak penampilan di ketika gantangan lapangan.


Manfaat Daun Sirih untuk Burung Kicau 
Banyak sekali manfaat dari tumbuhan daun sirih untuk burung peliharaan anda yang sanggup di peroleh. Diantaranya yaitu untuk menyembuhkan banyak sekali macam jenis penyakit yang seringkali menyerang pada burung kicau peliharaan anda.

1. Menyembuhkan Burung Dari Kutuan 
Untuk mengobati burung kicauan yang terpapar oleh kutu, maka anda sanggup merebus 3 lembar daun sirih dengan memakai 3 gelas air bersih, untuk perebusanya cukup selama 5 menit saja.

Setelah 5 menit, selanjutnya tuangkan pada wadah semoga rebusan tersebut cuek terlebih dahulu.

Setelah dirasa dingin, selanjutnya tuangkan air rebusan daun sirih pada sprayer atau semprotan untuk di gunakan memandikan burung dua kali sehari.

Selain disemprotkan pada tubuh burung, sebaiknya anda juga menyemprotkanya pada belahan sangkar dan sudut sangkar supaya kuman dan bakterinya mati dan hilang.

Perlu diingat, racikan Rebusan air daun sirih ini tidak membahayakan bilamana tertelan oleh burung. Makara anda tidak perlu khawatir, alasannya yakni tidak ada dampak samping dari ramuan daun sirih ini.

Untuk pemandiannya cukup dirasa terlihat berair saja, tidak perlu sampai berair kuyup.

Anda juga sanggup melaksanakan secara rutin semoga burung yang anda pelihara sanggup terhindar dari kutu serta menimbulkan bulu burung tumbuh dengan bagus.

Apabila anda memakai keramba untuk memandikan burung, usahakanlah jumlah air pada daun sirih dibentuk semoga seimbang.

2. Menyembuhkan Kaki Burung Yang Bubulan 
Manfaat daun sirih untuk burung kicauan juga sanggup menyembuhkan kaki burung yang bubulan. Untuk mengobatinya sanggup  dilakukan dengan cara merebus 6 lembar daun sirih dengan 3 gelas air dengan ukuran api yang sedang selama 5 menit saja.

Kemudian Tuangkan pada wadah, setelah itu campurkan setengah sendok garam beryodium dan aduk sampai larut seutuhnya. Kemudian Diamkan sampai terasa hangat.

Selanjutnya Anda sanggup mencuci kaki burung yang bubulan tersebut dengan air rebusan daun sirih yang masih hangat. Ingat jangan terlalu panas (gunakan hangat-hangat jari).

Pada ketika masih proses pengobatan ini, usahakan tangkringan yang ada di dalam sangkar di basuh higienis setiap hari serta sanggup diganti satu ahad sekali. Dan Untuk Kelembapan sangkar sebaiknya anda jaga.

Anda juga sanggup menjemur sangkar di bawah terik matahari eksklusif supaya sanggup tetap kering dan tidak disarangi oleh bakteri.

3. Penyembuhan Suara Serak Pada Burung 
Untuk mendapat manfaat dari daun sirih untuk burung yang mengalami bunyi serak, sebaiknya anda siapkan 4 lembar daun sirih, kemudian jahe sebesar ibu jari. Siapkan juga  1 lembar daun mengkudu (pace) yang masih muda kemudian semua materi dicuci bersih.

Selanjutnya semua materi direbus memakai 3 gelas air higienis dengan ukuran api yang sedang dan cukup 5 menit saja.

Apabila sudah selesai, selanjutnya anda sanggup tuangkan pada wadah dan diamkan sampai dingin.

Untuk cara pemberiannya pada burung yang bunyi serak, sebaiknya memakai inisiatif semoga burung senantiasa sanggup meminumnya. Misalnya pada ketika burung sedang di jemur selama 1 jam, sebelum burung akan di gantangkan dalam ruangan rumah selanjutnya air minum yang di dalam sangkar anda ambil terlebih dahulu. selajutnya sanggup anda ganti dengan air rebusan ramuan daun sirih ini.

Perlu di ingat untuk inisiatif ini perlu anda amati semoga burung tidak merasa dehidrasi.
Lakukanlah pada ketika burung tersebut setelah dilakukan penjemura saja.

Setelah sore harinya sanggup anda ganti kembali memakai air mineral ibarat biasanya. Lakukan sampai bunyi serak pada burung benar-benar sembuh.

4. Menyembuhah sakit mata
Manfaat daun sirih selanjutnya ialah untuk mengobati sakit mata pada burung kicau. Biasanya sakit mata yang dialami oleh burung kicau lantaran terjangkit oleh kuman dan juga alergi lantaran tabrakan tangkringan kandang.

Cara membuatnya cukup mudah, siapkan 6 lembar daun sirih atau secukupnya.
Kemudian rebuslah memakai 3 gelas air dengan memakai ukuran api yang sedang.
Untuk perebusan cukup 5 menit saja.

Setelah sudah direbus tuangkan pada wadah atau mangkok untuk didinginkan terlebih dahulu.
Jika sudah terasa dingin.. Gunakan sebagai obat tetes mata untuk burung yang mengalami penyakit mata tersebut.
Lakukan setiap hari pada ketika pagi hari-siang-sore. Untuk setiap tetesan cukup 3x tetes.
Hindari semoga tidak masuk ke lubang hidung.

Subscribe to receive free email updates:

PRIVATE GOOGLE SEARCH