Dongkrak Bunyi Pleci Makin Keras Dan Lantang


Memiliki burung pleci yang gacor saja tidak cukup. Tingkat lantang dari si burung juga perlu diperhatikan supaya burung tidak bikin aib pas di sabung pada sebuah lomba.Berikut tips yang dikutip dari omkicau.Oke pribadi saja.

Penjemuran 

Menjemur burung secara rutin sangat penting dilakukan, termasuk untuk pleci. Penjemuran sebaiknya dilakukan pagi hari, ketika matahari bergerak terbit dan pada sore hari ketika matahari mulai terbenam.
Sebaiknya pleci dijemur secara berdekatan untuk merangsang mereka saling bersahut-sahutan. Selain itu, supaya pleci terpengaruhi mengeluarkan bunyi kicauannya secara maksimal.
Setelah penjemuran selesai, pleci bisa digantang di daerah teduh secara berjauhan. Hal ini dilakukan supaya burung lebih sering mengeluarkan bunyi panggilannya secara lantang, sehingga bisa menciptakan salah satu atau beberapa pleci terpancing untuk bersuara ngalas.

Melatih fisik

Umumnya yang bisa berkicau maksimal ialah burung yang sangat aktif dan berada dalam kondisi prima. Jika burung ditempatkan dalam kandang harian, maka kandang sebaiknya diberi dua tenggeran dengan jarak berjauhan. Hal ini bisa membuat burung pleci menjadi lebih aktif dan banyak bergerak.
Jika pleci makin aktif, maka makin banyak lemak badan yang terbakar, sehingga burung akan mempunyai postur yang ramping dan nafas panjang. Hal itu menjadi salah satu pendukung sehingga pleci punya bunyi kicauan cukup lantang.
Pengaturan pakan
Pakan untuk pleci harus mengandung nutrisi / zat gizi lengkap. Pleci yang hanya diberi voer standar cenderung tak akan tampil bagus, karena minimnya proteksi nutrisi. Berbeda kalau burung diberi pakan yang mengandung nutrisi lengkap, baik dari voer dan pakan komplemen /extra fooding(EF).
Banyak jenis pakan yang bisa diberikan kepada pleci, baik hasil racikan sendiri atau membeli voer yang terpercaya khasiatnya.
Pemasteran
Bagian terpenting dalam mendongkrak bunyi kicauan pleci ialah pemasteran memakai suara-suara masteran yang sesuai. Pemasteran bisa memakai bunyi tembakan dari burung bersuara kencang ibarat ciblek, jalak suren, dan sebagainya. Untuk merangsang pleci bakalan cepat berbunyi kencang.
disunting ulang dari masterburungkicau.com

Subscribe to receive free email updates:

PRIVATE GOOGLE SEARCH