Pleci (Burung Kacamata) Dan Keluarganya

Pleci, si burung kecil yang ketika ini sedang digandrungi para penggemar burung di tanah air. Si kecil yang suka berkicau, mempunyai bentuk badan mungil, tapi mempunyai bunyi yang luar biasa, konon beberapa dapat teler ibarat dengan gaya burung Punglor Merah (Zootera citrina).

Klasifikasi:
  • Ordo: Passeriformes
  • Family: Zosteropidae
  • Genus: Zosterops 
  • Species:  (di dunia sekitar 75 species, di Indonesia sekitar 22 species)

Burung-burung jenis Pleci ini mempunyai ciri dengan bundar di sekitar mata berwarna putih, dalam bahasa Inggris burung ini mempunyai nama white-eye. Burung Pleci sesungguhnya banyak mempunyai anggota yang bersifat endemik di suatu pulau atau kepulauan, ibarat jenis yang gres ditemukan tahun 2007 di kepulauan Togian, Sulawesi Tengah.

Burung Pleci atau burung Kacamata yang termasuk dalam genus Zosterops, terdiri dari 75 species, yang tersebar di tempat tropis, dan perkembangannya pun masih dalam level kondusif alias tidak terancam punah.

Daerah penyebaran burung Pleci meliputi wilayah tropis Afrika, Asia dan Australia bab utara. Tubuh berkisar antara 8 - 15 cm, dengan ciri khas adanya cincin bundar pada mata, tapi untuk beberapa jenis tidak mempunyai ciri khas ini. Zosterops sendiri berasal dari bahasa Yunani yang berarti "sabuk mata".

Jenis-jenis burung kacamata:
Kacamata biasa,
Zosterops palpebrosus
(Oriental White-eye)

Subscribe to receive free email updates:

PRIVATE GOOGLE SEARCH