√ Ada 4 Jenis Burung Walet Yang Unik Dan Memiliki Ciri Khas

Di negara indonesia dan malaysia terdapat beberapa jenis burung walet yang sanggup menghasilkan sarang yang berkualitas premium.

diperkirakan mempunyai 6 jenis burung walet.yang tersebar di negara tersebut dan dari Beberapa jenis itu sanggup dibedakan dengan ciri-ciri berdasarkan ukuran tubuhnya, warna pada bulunya, suara, sikap dalam membangun sarangnya dan juga materi dasar yang digunakan dikala menciptakan sarang.


Burung walet atau Collocalia vestita tergolong jenis burung dengan sayap yang meruncing, berekor panjang, juga berwarna hitam, Yang mana pada unsur cuilan bawah badannya berwarna coklat pekat.

Burung walet biasa hidup di pantai serta wilayah kota, dimana ia menghuni gua atau ruang besar menyerupai atap kosong secara alami.

Lalu burung walet akan bersarang dengan cara berkelompok atau berkoloni dalam jumlah yang sangat banyak dengan sarang dari air liurnya.

1. Burung Walet Besar 
Jenis Dari Burung walet ini warnanya hitam dengan warna bulu dibagian bawahnya coklat gelap, Bagian bulu ekornya sedikit bercelah, untuk Suaranya juga keras serta nyaring.

Dalam hal Ini tergolong jenis burung walet yang ukuranya sangat besar kalau dibandingkan dengan jenis Burung walet lainnya. alasannya ialah Panjang tubuhnya hampir mempunyai 16 Cm yakni diklasifikasikan sebagai besar.

Oleh alasannya ialah itu jenis burung walet ini mempunyai ukuran tubuh yang lebih besar, maka sudah dipastikan kalau burung walet jenis ini sanggup terbang lebih tinggi dan juga lebih cepat.

Saat ia terbang seringkali menyambar serangga–serangga kecil yang mana dalam hal tersebut menjadi makanannya. selain hal tersebut burung walet besar lebih suka bersarang di lubang.

Sarangnya pada umumnya memanglah tidak sanggup dimakan. sebab, Sarangnya ini berbentuk menyerupai mangkok yang terbuat dari adonan akar–akaran tumbuhan, lumut dan juga jenis serat lainnya.

Apabila dibandingkan dengan burung walet jenis lainnya, maka sarang burung walet besar diklasifikasikan sebagai sarang yang kotor serta berserat tinggi.

2. Burung Walet Putih 
Jenis dari burung walet ini mempunyai sarang yang berwarna putih. Bulu dari jenis burung walet ini warnanya cokelat kehitam–hitaman dengan bulu dibagian bawah kelabu ataupun coklat. Lalu pada unsur cuilan ekornya mempunyai bulu sedikit bercelah.

Suaranya nyaring tinggi, kalau Ukuran dari jenis burung walet ini mempunyai tubuh sebesar hampir 12 centimeter.

kalau dilihat dari Matanya juga identik dengan berwarna coklat gelap, paruh hitam dan warna kakinya hitam.
Burung Walet Putih ini mempunyai jenis sayap yang lebih kokoh dan cara terbangnya juga lebih kuat.

Selain dari hal tersebut juga lebih suka mencari kuliner didekat pohon-pohon sangat tinggi yang terdapat banyak serangga kecil.

Burung Walet putih ini biasa terbang diatas air untuk mandi, minum dan burung eksklusif terbang keudara kembali.

Sarang dari burung walet putih ini seluruhnya terbuat dari air liur, maka dari harganya saja paling mahal kalau dibandingkan dengan yang lainnya.
selain hal tersebut, jenis sarang walet putih ini banyak dicari oleh orang untuk dimanfaatkan sebagai kuliner yang mengandung banyak manfaat untuk tubuh.

Telurnya dari burung walet putih ini berwarna putih, berbentuk memanjang dan lonjong, namun untuk jumlah telur setiap prosuksi hanya menghasilkan 2 telur saja.

3. Burung Walet Sarang Hitam 
Burung walet Sarang Hitam jenis ini mempunyai warna bulu coklat atau identik dengan banyak warna hitamnya, dan dengan bulu ekornya berwarna coklat ke abu-abuan.
pada Bagian bulu ekornya sedikit bercelah, dan burung walet ini mempunyai jenis kaki yang terdapat bulu merata.

Dari segi ukuran tubuh burung walet tersebut tergolong berukuran sebagai burung walet sedang,  Panjang tubuhnya hanya mempunyai 12 centimeter.
Matanya berwarna coklat renta dengan paruh hitam dan kaki identik dengan berwarna hitam.

jenis Walet Sarang Hitam ini menyukai dengan kuliner serangga – serangga kecil yang disambarnya dikala terbang.

Jenis burung walet ini suka menciptakan sarang dan lebih menyukai pada daerah gua-gua kapur.
Jika sarang burung walet hitam ini telah bertelur seringkali hanya sebiji saja satu sarang. Warna telurnya putih yang berbentuk memanjang dan juga lonjong.
untuk Musim kawinnya sama dengan burung walet putih.

4. Burung Walet Gunung 
Jenis burung walet gunung warnanya hitam, tetapi warna ekornya sedikit berwarna abu-abu kehitaman. sedangkan pada Bulu ekornya bercelah dalam.

Kemudian pada cuilan kakinya sedikit berbulu atau hampir tidak mempunyai bulu sama sekali.
Selanjutnya untuk suaranya khas dengan bunyi burung walet yang paling nyaring. Sedangkan dari sisi ukuran pada tubuhnya sanggup dikategorikan sebagai jenis burung walet Besar, dengan ukuran panjang kurang lebih mencapai 14 Cm.

Burung walet jenis ini seringkali terbang berkelompok dengan cepat didekat tebing atau di puncak gunung.

Serangga–serangga kecil ialah makanannya disambar sewaktu burung ini terbang di udara. Sarangnya dibentuk pada celah-celah watu dan seringkali sarang dibentuk pada daerah bekas kawah gunung.

Subscribe to receive free email updates:

PRIVATE GOOGLE SEARCH