Cara Merawat Burung Lovebird Yang Baik Dan Benar (Tips Lengkap)

Cara Merawat Burung Lovebird - Haloha kicau mania dimanapun Anda berada. Selamat tiba di blog unsur rimba. Pada kesempatan kali ini saya ingin menyebarkan kepada Anda tetang cara merawat burung lovebird yang baik dan benar biar cepat ngekek panjang dan gacor.

Informasi ini sangat penting sekali untuk Anda simak secara lengkap sebab dengan melaksanakan perawatan yang baik dan benar, maka burung lovebird Anda akan terjaga kesehatan dan keindahan warna bulunya serta menjaga dan meningkatkan kualitas dari suara kicau burung lovebird itu sendiri.

Pembahasan kali ini tidak hanya membahas wacana burung lovebird cukup umur saja (baik betina ataupun jantan), tapi juga pembahasan wacana cara merawat burung lovebird anakan atau paud juga.

Makara nantinya Anda akan mendapat beberapa gosip sekaligus, dan sesudah membaca artikel ini hingga selesai, Anda akan mendapat sebuah gosip cara perawatan lovebird berharga yang sangat sayang sekali untuk dilewatkan.

 Haloha kicau mania dimanapun Anda berada Cara Merawat Burung Lovebird yang Baik dan Benar (Tips Lengkap)

Makara harap disimak hingga simpulan ya..

Ok lanjut.. Pertama kita bahas cara merawat lovebird untuk burung yang sudah cukup umur dulu ya, sesudah itu gres kita bahas yang anakan atau paud atau balibu.

Cara Merawat Burung Lovebird Dewasa


Jika Anda memiliki burung lovebird yang sudah cukup umur dan siap untuk di ikut sertakan dalam perlombaan, maka cara merawat lovebird yang satu ini sanggup Anda simak dengan baik supaya tidak terjadi kesalah pahaman.

1. Perawatan Kandang


Ini yaitu perawatan lovebird yang penting. Silahkan Anda cek kebersihan sangkar dari burung lovebird tersebut, apakah sudah kotor atau masih bersih.

Diusahakan membersihkan sangkar burung lovebird sesering mungkin supaya terhindar dari serangan virus atau penyakit.

Baca Juga: Cara Menjodohkan Burung Lovebird yang Terbukti Ampuh

Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan daerah makan dan daerah minum burung lovebird Anda supaya tidak ada virus yang hinggap disitu.

Kesehatan burung yaitu hal yang penting, sebagus apapun Anda melatih burung lovebird, dan sehebat apapun kicauannya, kalau sudah sakit maka akan sangat repot.

2. Perawatan Rutin


Untuk perawatan rutin ini dilakukan setiap hari, sesuai dengan namanya. Kalau jarang-jarang namanya bukan rutin wkwk

Perawatan rutin burung lovebird yang sanggup Anda lakukan yaitu dengan membuka kerodong burung lovebird setiap jam 5 subuh atau sesudah sholat subuh, sesudah itu kemudian di embunkan.

Anda sanggup menggantangkan burung lovebird di daerah yang tidak ada atapnya. Bisa di teras rumah atau apa saja terserah.

Tunggu hingga burung lovebird Anda terkena sinar matahari pagi. Setelah terkena sinar matahari pagi kurang lebih 10 hingga dengan 15 menit, mandikan burung lovebird Anda dengan cara disemprotkan atau Anda juga sanggup memakai selang yang pribadi terhubung dengan kran air. Usahakan tetasan airnya menyerupai air hujan yang lembut.

Setelah simpulan dimandikan, kemudian jemur burung lovebird tersebut selama kurang lebih 3 jam atau maksimal hingga jam 10 pagi, kondisikan saja hingga bulunya mengering.

Ingat, usahakan jangan menjemur burung lovebird di atas jam 9 atau jam 10 pagi, sebab panas matahari di atas jam segitu sudah mulai tidak terlalu baik untuk kesehatan lovebird.

3. Melatih Mental Burung Lovebird


Cara merawat burung lovebird yang selanjutnya yaitu melatih mental burung lovebird itu sendiri. Untuk melatih mental burung lovebird bergotong-royong di lakukan berbarengan pada poin dua, tapi saya pisah biar Anda tidak bingung.

Untuk melatih mental burung lovebird, yang sanggup Anda lakukan yaitu memegang burung lovebird sambil mengusap-usap tubuh atau kepalanya secara perlahan pada ketika dimandikan.

 Haloha kicau mania dimanapun Anda berada Cara Merawat Burung Lovebird yang Baik dan Benar (Tips Lengkap)

Lalu sesudah dimandikan, burung lovebird di jemur. Jemur burung lovebird di bawah atau di atas tanah supaya burung lovebird Anda terbiasa dengan kemudian lalang orang disekitarnya.

 Haloha kicau mania dimanapun Anda berada Cara Merawat Burung Lovebird yang Baik dan Benar (Tips Lengkap)

Anda juga sanggup menaruhnya di daerah yang ramai dilakui orang, tapi jangan di tengah jalan, nanti di sabung orang wkwk

4. Pemberian Pakan


Pemberian pakan juga sangat penting untuk menjaga stamina dari burung lovebird Anda. Selain memperlihatkan pakan harian, Anda juga harus memperlihatkan pakan pelengkap atau Extra Fooding (FE)

Pakan harian yang sanggup Anda berikan yaitu milet putih. Jika tidak punya, silahkan cari di toko masakan binatang atau masakan burung.

Untuk pakan pelengkap atau extra Fooding (FE) Anda sanggup memberi burung lovebird jagung yang diberikan 2 kali dalam seminggu untuk lovebird paruh merah dan satu ahad sekali untuk lovebird paruh putih. Selain itu, Anda juga sanggup memberi kangkung, bayam dan sedikit apel merah sekitar seminggu sekali.

Baca Juga: Rahasia Racikan Pakan Lovebird Agar Ngekek Panjang dan Konslet

Kalau burung lovebird Anda tidak mau makan buah atau sayuran, jangan di paksa ya. Plus untuk kangkung dan apel merah jangan terlalu banyak sebab sanggup meningkatkan birahi dari burung lovebird.

Untuk mengetahui wacana pakan burung lovebird, silahkan Anda cek artikel wacana makanan burung lovebird.

Itu ia cara merawat burung lovebird dewasa. Sekarang kita bahas cara merawat burung lovebird anakan atau paud ya..

Cara merawat Burung Lovebird Anakan / Paud


Proses merawat burung lovebird anakan awal bergotong-royong masih sama yaitu perawatan sangkar supaya selalu terjaga kebersihannya dan burung terhindar dari penyakit, jadi proses awal akan saya mulai dari yang lain ya.

1. Proses Memandikan


Memandikan di sini maksudnya yaitu dengan memandikan anakan burung lovebird hingga berair kuyup. Hal ini dipercaya sanggup menciptakan anakan burung lovebird menjadi lebih rajin bersuara dan juga sanggup meningkatkan staminanya.

Walauapun memandikannya hingga berair kuyup, tapi tidak sanggup dilakukan dengan sembarangan. Untuk itu silahkan lihat caranya di bawah ini:

Mandikan burung pada pagi hari sekitar pukul 07:00 dengan memakai alat yang biasa dipakai untuk memandikan burung (yang Anda punya saja) hingga berair kuyup.

Baca Juga: Cara Merawat Lovebird Mabung yang Baik dan Benar

Setelah berair kuyup, kemudian jemur anakan burung lovebird hinggaa pukul 10:00. Setelah itu di angin-anginkan sebentar kurang lebih 5 hingga dengan 10 menitan.

Mandikan lagi burung lovebird paud hingga berair kuyup menyerupai langkah di awal, sesudah berair kuyup kemudian dijemur kembali hingga dengan pukul 12:00.

Setelah itu, gantang burung lovebird paud ditempat yang teduh atau sanggup juga ditampat biasa ia berada.

Setelah itu, Anda sanggup melaksanakan pemasteran dengan cara mendengarkan rekaman mp3 bunyi burung master atau bunyi burung orisinil yang di taruh berdekatan dari sangkarnya.

Dengan melaksanakan cara merawat burung lovebird anakan di atas secara rutin, maka kesudahannya dalam beberapa ahad burung lovebird paud Anda akan mengalami perkembangan menyerupai lebih rajin berbunyi dan lebih aktif.

2. Pemberian Pakan


Sudah bukan belakang layar lagi bahwa pakan yaitu salah satu hal yang sangat penting dalam memelihara burung kicau.

Sebetulnya proses santunan pakan pada burung lovebird cukup umur dan anakan tidak jauh berbeda, hanya saja untuk lovebird anakan Anda harus lebih bervariasi lagi dalam memperlihatkan pakan.

Untuk pakan hariannya Anda sanggup menambahkan variasi lain selain milet menyerupai hemp seed, biji kecambah dan juga kuaci. Hal ini bertujuan supaya burung lovebird anakan Anda mendapat banyak nutrisi dan tidak mengalami kegemukan.

Selain itu, jangan lupa juga untuk menambahkan Extra Fooding (FE) berupa buah dan sayur yang sanggup Anda berikan bergantian atau selang-seling menyerupai kangkung, jagung, apel, tauge dan lain sebagainya.

Bila dirasa perlu, Anda juga sanggup memperlihatkan vitamin dan mineral untuk menjaga kondisi burung lovebird anakan supaya tetap fit, vitamin dan mineral sanggup bisa Anda beli di toko masakan burung terdekat.

Sebetulnya, merawat burung lovebird tidaklah terlalu rumit, yang perlu Anda lakukan hanya konsisten saja dalam meneraptkannya. Hindari rasa malas ya sob.

Nah itu ia cara merawat burung lovebird yang baik dan benar. Praktis bukan caranya? Yuk silahkan pribadi saja Anda praktikan di rumah. Semoga hasil yang Anda sanggup mampu sesuai dengan yang Anda harapkan.

Baca Juga: Berbagai Jenis Burung Lovebird Lengkap Plus Harganya

Jika ada yang kurang cocok atau ada yang ingin ditambahkan, silahkan pada kolom komentar. Terima kasih sudah berkunjung di blog unsur rimba. Semoga apa yang ada di dalam blog ini sanggup bermanfaat untuk Anda.

Subscribe to receive free email updates:

PRIVATE GOOGLE SEARCH