6 Tips Cara Menciptakan Lovebird Rajin Ngekek Panjang

Cara Agar Lovebird Ngekek Panjang - Mempunyai burung lovebird yang sanggup ngekek panjang dan konslet yaitu idaman setiap lovebird mania. Sehingga banyak cara yang mungkin dilakukan untuk sanggup menciptakan lovebird peliharaannya sanggup mempunyai bunyi sesuai dengan yang di inginkan.

Hal ini mungkin tidak akan terlalu jadi persoalan bagi para master, namun apa kesudahannya bagi yang belum berpengalaman dan gres terjun di dunia lovebird?

Untuk itulah artikel ini di buat, semoga sanggup membantu Anda mengetahui cara menciptakan burung lovebird ngekek panjang dengan rajin berkicau konslet.

Tapi sebelum itu, Anda harus tahu dulu apa sih tujuan Anda menciptakan burung lovebirdnya sanggup berkicau ngekek panjang dan konslet? Pasti tidak jauh dan tidak bukan semoga sanggup memenangkan suatu perlombaan? Betul?

 Mempunyai burung lovebird yang sanggup ngekek panjang dan konslet yaitu idaman setiap love 6 Tips Cara Membuat Lovebird Rajin Ngekek Panjang

Untuk itu Anda juga harus mengetahui dulu menyerupai apa kondisi nanti di area perlombaan, dan apa saja faktor yang di nilai dalam perlombaan tersebut.

Untuk kelas lovebird, sesungguhnya juri lomba akan menawarkan nilai lebih kepada burung lovebird yang mempunyai variasi lagu, bunyi yang panjang dan sering berkicau (aktif atau kinerjanya maksimal).

Kaprikornus intinya, evaluasi juri untuk lovebird juara yaitu ngekeknya sedang (tidak terlampau panjang) namun sering dibawakan (istilah lainnya yaitu gacor) serta mempunyai variasi lagu.

Contoh kasusnya yaitu menyerupai ini. Misal ada satu ekor burung lovebird yang ngekek panjang (katakanlah 1 menit). Kemungkinan besar ia akan lebih banyak membisu (ngetem) sehabis berkicau. Akibatnya, kicauan burung tersebut menjadi tidak terlalu sering (keluarnya lambat) dan mengakibatkan ia tidak masuk dalam nominasi juara lomba.

Contoh kedua. Misal ada satu ekor burung lovebird yang ngekeknya tidak terlampau panjang (katakanlah 30 detik) tetapi lebih aktif berkicau dan dengan beberapa variasi lagu. Hal ini biasanya lebih mendaptakan perhatian dari juri dan sanggup masuk nominasi juara lomba.

Faktor yang Mempengaruhi Ngekek Lovebird


Dalam dunia unggas (termasuk burung) setidaknya ada dua faktor yang sanggup mensugesti performa bunyi kicaunya apakah sanggup ngekek panjang atau tidak, yaitu faktor genetik dan faktor lingkungan.

Kedua hal ini mesti Anda perhatikan betul semoga perawatan atau terapi yang Anda lakukan untuk menciptakan lovebird ngekek panjang sanggup lebih terukur.

Faktor Genetik


Untuk melihat faktor genetik, bagi orang awam menyerupai kita memang agak sulit lantaran membutuhkan peralatan yang dimiliki oleh para peneliti menyerupai alat untuk tes DNA, RNA dan lain sebagainya.

Yang paling mungkin sanggup kita lakukan yaitu dengan melihat ciri fisik atau penampilan luarnya saja menyerupai warna bulu, kualitas bunyi dan lain sebagainya.

Baca Juga: Ciri Ciri Lovebird Fighter yang Bagus Untuk Lomba

Untuk melihat genetik dari anakan burung lovebird (paud atau balibu) yang sanggup Anda lakukan yaitu melihat performa dari indukan jantan dan betinanya ketika dipenangkaran. Meskipun cara ini tidak akurat 100% tapi setidaknya Anda sanggup memprediksi dengan landasan yang ilmiah.

Faktor Lingkungan


Faktor lingkungan terdiri dari beberapa aspek, diantaranya yaitu kandang, kesehatan, pakan, suhu, cuaca hingga dengan perawatan burung lovebird nantinya.

Berdasarkan pengalaman dari kicau mania yang sudah senior, faktor genetik hanya mempunyai tugas sebanyak 30% saja, sisanya (70%) ditentukan oleh faktor lingkungan terutama contoh perawatan dan pakan yang berkualitas. Hal inilah yang harus Anda maksimalkan.

Cara Membuat Lovebird Rajin Ngekek Panjang


Seperti yang sudah di jelaskan pada pembahasan di atas bahwa faktor lingkugan yang mencakup perawatan serta dukungan pakan mempunyai tugas yang lebih banyak sekitar 70% untuk sanggup menciptakan burung lovebird Anda mempunyai performa yang maksimal.

 Mempunyai burung lovebird yang sanggup ngekek panjang dan konslet yaitu idaman setiap love 6 Tips Cara Membuat Lovebird Rajin Ngekek Panjang

Untuk itu silahkan simak tips cara merawat burung lovebird semoga rajin ngekek panjang dan konslet di bawah ini.

Catatan: Tips Cara menciptakan lovebird rajin ngekek panjang ini diberikan oleh H. Sigit WMP kepada burung lovebird kusumonya. Mungkin setiap jenis lovebird mempunyai diam-diam perawatannya masing-masing, walaupun jenis lovebird Anda berbeda, tapi setidaknya dengan tips ini Anda sanggup mempunyai citra menyerupai apa perawatan burung lovebird milik H. Sigit WMP yang sudah terbukti sanggup ngekek dengan panjang.

1. Pengembunan Burung Lovebird


Anda sanggup mulai melaksanakan pengenbunan pada waktu subuh sekitar jam 5 pagi atau sehabis sholat subuh hingga dengan matahari terbit. Setelah proses ini selesai, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan yaitu menyemprotkan sedikit air pada burung lovebird sambil meletakkannya di bawah.

Ingat, letakkan burung lovebird di bawah bukan digantung. Biasanya proses ini berlangsung hingga bulunya mengering atau maksimal hingga jam 9 pagi.

2. Proses Mandi Burung Lovebird


 Mempunyai burung lovebird yang sanggup ngekek panjang dan konslet yaitu idaman setiap love 6 Tips Cara Membuat Lovebird Rajin Ngekek Panjang

H. Sigit WMP biasa melaksanakan proses mandi pada burung lovebird kusumonya dengan cara dikeramba, berbeda dari kebanyakan burung lovebird lainnya. Selain itu, ia juga kerap kali sengaja menciptakan burungnya kehujanan (ia menyebut ini dengan mandi hujan).

Proses mandi hujan dilakukan selama kurang lebih 10 hingga dengan 20 menit tergantung dari intensitas hujannya apakah rintik atau sedang.

Jika burung lovebird sudah merasa puas mandi hujan, biasanya ia akan bersuara, bunyi itulah tandanya ia sudah ingin dimasukkan kedalam rumah.

Setelah final mandi hujan, jangan lupa untuk membilasnya dengan air higienis kemudian biarkan sejenak hingga bulu bulunya mengering.

3. Proses Penggantungan Kandang Burung Lovebird


Pada umumnya burung lovebird kusumo tidak menyukai suasana malam hari, oleh lantaran itu lah penampilan lovebird kusumo kurang maksimal pada malam hari. Tapi itu tidak untuk lovebird milik H. Sigit WMP, lantaran ia sudah membiasakan burung lovebirdnya di gantung dalam rumah dengan diterangi sedikit cahaya lampu.

4. Pakan Harian Burung Lovebird


H. Sigit WMP menawarkan pakan harian pada burung lovebirdnya dengan milet putih. Ia juga sudah biasa menawarkan daun bayam sehabis burungnya final mengikuti lomba, tujuannya semoga kondisi tubuhnya tetap prima dan bugar. Pemberian bayam dilakukan sehabis sebelumnya bayam di basuh higienis terlebih dahulu, kemudian di daitkan di dalam sangkar dalam bentuk lembaran daun utuh.

Baca Juga: Racikan Pakan Lovebird Agar Ngekek Panjang

5. Memasterakan Burung Lovebird


Agar burung lovebird Anda sanggup ngekek panjang, Anda sanggup melaksanakan latihan memasterkan lovebird dengan bunyi kicau burung lain. Dengan cara ini, burung Anda sanggup merekam dan menirukan bunyi burung master tersebut. Sehingga nantinya burung lovebird Anda akan terlatih dengan kicauan burung master tersebut.

Adapun burung yang sanggup Anda jadikan sebagai masteran lovebird yaitu burung cucak jenggot, serindit dan juga burung cililin.

Untuk suaranya, bila Anda tidak mempunyai burung asli, maka Anda sanggup memakai audio mp3. Silahkan download bunyi burung kicau disini.

6. Kerbersihan Kandang


Hal ini jangan pernah Anda lewatkan lantaran kebersihan sangkar akan sangat mempengarhui kesehatan burung lovebird Anda. Jangan hingga sudah susah payah Anda melaksanakan pembinaan pada burung lovebird Anda tapi burung lovebird Anda sakit lantaran kondisi sangkar yang kotor.

Untuk itu jangan lupa untuk selalu membersihkan sangkar dari kotoran, daerah minum dan daerah makan juga dibersihkan dari sisa-sisa makakan yang ada.

Baca Juga: Ramuan Jamu Tradisional Untuk Lovebird Agar Ngekek Panjang

Itu beliau artikel wacana cara menciptakan lovebird rajin ngekek panjang dan konslet. Semoga apa yang ada di dalam artikel ini sanggup bermanfaat untuk Anda. Terima kasih sudah berkunjung di blog unsur rimba. Salam kicau mania.

Subscribe to receive free email updates:

PRIVATE GOOGLE SEARCH