Cara Perawatan Lovebird Mabung Yang Baik Dan Benar

Bagi kicau mania, mengetahui cara merawat lovebird mabung ialah salah satu hal yang sangat penting, lantaran kalau perawatan lovebird mabung salah dilakukan, hal itu sanggup mensugesti kualitas burung lovebird Anda nantinya.

Untuk itu artikel ini di buat biar Anda sanggup mengetahui cara perawatan lovebird mabung yang baik dan benar.

Tapi sebelum itu, apa sih sebenarnya itu mabung?

Mabung atau ada juga yang menyebutnya nyulam ialah proses kerontokan pada bulu burung secara alami yang biasanya terjadi beberapa waktu sekali. Mabung tidak hanya terjadi pada burung lovebird, tetapi juga terjadi pada hampir semua jenis burung.

 mengetahui cara merawat lovebird mabung ialah salah satu hal yang sangat penting Cara Perawatan Lovebird Mabung yang Baik dan Benar

Dari sini sudah sangat terang sanggup Anda lihat ciri ciri lovebird mabung ialah rontoknya bulu-bulu yang ada pada tubuhnya.

Proses ini biasanya memakan waktu yang tidak sebentar, dan setiap burung akan mengalami waktu mabung yang berbeda-beda.

Untuk lovebird sendiri, biasanya ia akan mengalami proses mabung pertama kali antara usia 3 bulan hingga dengan 4 bulan ke atas.

Pada dikala mabung, burung lovebird akan terlihat lebih banyak diam, gairahnya menurun dan performa kicauannya tidak akan terlihat.

Hal ini sangat wajar, dan saya sarankan Anda jangan memaksa burung lovebird untuk berkicau pada dikala terjadi menyerupai ini, lantaran hal tersebut sanggup menyiksa burung lantaran ia harus mengeluarkan energi yang besar.

Meskipun menyerupai itu, tapi ada beberapa lovebird yang justru performanya lebih manis ketika ia sedang mabung. Biasanya lovebird menyerupai ini tidak akan pernah menuntaskan masa mabungnya bahkan hingga bulu yang ada di tubuhnya tinggal satu helai sekalipun.

Hal ini sanggup terjadi lantaran memang huruf dari burung tersebut yang terus menerus mengalami masa mabung.

Fakta Menarik Tentang Lovebird Mabung


Ada beberapa fakta menarik yang saya rasa ini sangat penting untuk Anda ketahui biar sanggup menambah dan memperluas wawasan Anda dalam memelihara burung lovebird, apa saja fakta tersebut? Silahkan di simak.


  • Bulu pada burung lovebird terdiri dari 90% protein. Pada dikala mabung, lovebird akan kehilangan 25% protein dalam tubuhnya yang disebabkan oleh pengembalian bulu yang rontok itu.
  • Metabolisme burung lovebird akan meningkat 50% dikala mabung, sehingga ia memerlukan asupan nutrisi dan vitamin yang dalam jumlah banyak untuk sanggup merangsang pertumbuhan bulu barunya.
  • Selain protein dan vitamin, burung lovebird juga membutuhkan energi yang besar untuk memproduksi bulu baru. Bahkan energi yang diperlukan pada dikala mabung sanggup dua kali lipat lebih banyak kalau dibandingkan dengan burung yang sedang memproduksi telur.


Tips Cara Merawat Lovebird Mabung


Proses perawatan lovebird mabung sangat penting dilakukan untuk tetap menjaga kualitas dari lovebird itu sendiri, untuk itu, silahkan simak dengan baik tips berikut ini.

Periksa Kondisi Kesehatan Lovebird


Hal pertama yang perlu Anda lakukan dikala lovebird mabung ialah menyidik kondisi kesehatannya, lantaran terkadang lovebird mabung selain lantaran faktor alami ada juga yang terjadi lantaran ganggung penyakit yang disebabkan oleh mikroba, kutu dan juga parasit.

Dengan mengetahui kondisi kesehatan ini, Anda akan dengan gampang memilih perawatan menyerupai apa yang tepat untuk dilakukan.

Jika memungkinkan Anda. sanggup membawa burung lovebird Anda ke Dokter Hewan untuk diperiksa lebih lanjut dan memastikan bahwa lovebird Anda tidak membawa bibit penyakit.

Letakkan Lovebird di Tempat yang Tenang


Pada dikala lovebird sedang mengalami proses mabung, ia akan lebih banyak membisu dan seakan-akan tidak mempunyai jati diri. Oleh lantaran itu, pisahkan ia dari kawannya sendirian dan tempatkan ia di daerah yang sepi dan tenang.

Hal ini dilakukan biar burung lovebird sanggup fokus untuk menumbuhkan bulu-bulunya.

Untuk melaksanakan hal ini, Anda sanggup mengerondongi burung lovebird Anda selama proses mabung berlangsung.

Mengerondongi Burung Lovebird


 mengetahui cara merawat lovebird mabung ialah salah satu hal yang sangat penting Cara Perawatan Lovebird Mabung yang Baik dan Benar

Bulu pada burung umumnya berkhasiat untuk melindunginya dari hawa masbodoh dan sengatan matahari, oleh lantaran itu ketika ia sedang mabung maka ia tidak sanggup melindungi tubuhnya dari masbodoh dan sengatan matahari.

Solusinya Anda sanggup mengerondongi lovebird. Jika memungkinkan, Anda juga sanggup memberika kerodong dengan beberapa lapis atau yang mempunyai materi tebal.

Tapi jangan lupa untuk membuka kerodong selama 30 menit di waktu pagi dan sore hari biar burung sanggup terkena udara segar dan Anda sanggup memantau perkembangannya.

Mandikan Satu Minggu Sekali


Biasanya burung lovebird dimandikan setiap pagi, namun ketika ia mabung dianjurkan hanya memandikannya satu ahad sekali saja.

Terlalu sering memandingan lovebird dikala mabung justru sanggup menghambat pertumbuhan pada bulunya.

Proses mandi biasanya dilakukan ketika bulu lovebird sudah mulai muncul, bukan pada dikala bulunya rontok.

Setelah bulunya mulai tumbuh, Anda sanggup meningkatkan waktu mandi menjadi 3 hari sekali. Lalu ketika bulunya sudah tumbuh sempurna, Anda sanggup memandikannya setiap hari menyerupai biasa.

Kurangi Penjemuran


Pada umumnya, burung lovebird di jemur setiap pagi sesudah selesai dimandikan. Karena pada dikala mabung jarang sekali dimandikan, maka Anda juga tidak perlu menjemur lovebird mabung setiap hari.

Hal ini dilakukan lantaran sinar matahari sanggup menyebabkan kelembaban pada lovebird berkurang, yang tentu saja akan berdampak pada bulunya nanti.

Anda sanggup kembali menjemur lovebird secara sedikit demi sedikit ketika bulu-bulunya sudah mulai tumbuh kuat. Kurang lebih sekitar 2 bulan sesudah proses mabung lovebird selesai.

Baca Juga: Cara Membuat Lovebird Rajin Ngekek Panjang

Berikan Makanan Tambahan (Extra Food)


 mengetahui cara merawat lovebird mabung ialah salah satu hal yang sangat penting Cara Perawatan Lovebird Mabung yang Baik dan Benar

Makanan suplemen burung lovebird diberikan pada dikala selesai tahap perontokan bulu.

Anda sanggup memperlihatkan pakan lovebird dikala mabung berupa jagung muda, kuaci, kangkung, kuning telur, tulang sotong dengan porsi yang lebih banyak dari pada biasanya.

Kuning telur berperan sebagai multivitamin dan mineral yang berkhasiat untuk membangun metabolisme badan lovebird.

Caranya juga sangat mudah, Anda hanya perlu merebus telur, kemudian ambil kuning telurnya, potong kecil-kecil kemudian berikan pada lovebird. Anda juga sanggup mengeringkannya dulu dengan cara di jemur atau dimasukkan kedalam oven.

Untuk tulang sotong juga sanggup Anda berikan setiap hari sebagai sumber kalsium untuk lovebird biar bulunya nanti sanggup tumbuh dengan kuat. Anda juga sanggup mencampurnya dengan biji kuaci dengan porsi yang lebih banyak dari biasanya.

Kandungan vitamin E pada biji kuaci sanggup membantu burung lovebird menghasilkan bulu yang lebih mengkilap.

Agar tidak bosan dan nutrisinya sanggup terpenuhi, Anda tetap memperlihatkan milet sebagai masakan utamanya setiap hari. Anda juga sanggup mencampurkan milet dengan minyak ikan biar bulu-bulu lovebird sanggup tumbuh dengan berpengaruh dan mengkilap.

Baca Juga: Racikan Pakan Lovebird biar Ngekek panjang

Silahkan Anda atur variasi masakan lovebird di atas biar burung lovebird tidak merasa bosan dengan pakan yang itu itu saja.

Lakukan Pemasteran pada Lovebird


Pada dikala burung lovebird dalam proses mabung, ia akan lebih banyak membisu namun aktif mendengar. Hal ini sangat cocok untuk Anda melaksanakan pemasteran biar ia sanggup lebih gampang mengingat bunyi yang dimasterkannya tersebut.

Jika Anda tidak mempunyai bunyi burung masteran, maka Anda sanggup download bunyi burung lovebird untuk masteran disini.

Nah itu beliau cara merawat lovebird mabung yang biasa dilakukan oleh beberapa orang kicau mania.

Jangan lupa untuk terus memperlihatkan kasih sayang Anda kepada burung lovebird dikala ia mabung, biar dikala ia sudah selesai mabung kualitasnya tidak berubah.

Semoga apa yang ada di dalam blog ini sanggup bermanfaat untuk Anda. Terima kasih sudah berkunjung di blog unsur rimba. Sampai jumpa lagi, salam kicau mania.

Subscribe to receive free email updates:

PRIVATE GOOGLE SEARCH