4 Cara Menjodohkan Lovebird Yang Terbukti Ampuh

Jika ketika ini Anda sedang ingin menangkarkan burung lovebird atau hanya sekedar ingin lovebird yang Anda pelihara sanggup beranak pinak, maka satu hal yang penting yaitu cara menjodohkan lovebird.

Kenapa disebut penting? Karena proses perjodohan lovebird harus diperhatikan dengan cermat biar burung Anda sanggup benar-benar berjodoh, bukan hanya sekedar berpasangan saja.

Mungkin disini Anda bertanya, "bukannya burung lovebird yang sudah berpasangan itu sudah niscaya berjodoh?"

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua burung lovebird yang berpasangan itu berjodoh. Ini sering terjadi khususnya bagi mereka yang gres terjun di dunia penangkaran lovebird.

Jika ketika ini Anda sedang ingin menangkarkan burung lovebird atau hanya sekedar ingin love 4 Cara Menjodohkan Lovebird yang Terbukti Ampuh

Terkadang burung lovebird yang berpasangan ternyata justru mempunyai jenis kelamin yang sama. Walaupun terkadang mereka terlihat mempunyai prilaku yang sekilas sama dengan lovebird yang berjodoh.

Sudah usang menunggu dan melihat bahwa burung lovebird sudah berpasangan usang tapi tidak kunjung bertelur. Ternyata kedua lovebird tersebut yaitu jantan.

Namun ada juga yang sudah merasa bahagia sebab indukan lovebird sudah sanggup bertelur dan jumlahnya juga banyak. Sehingga ada yang menduga bahwa indukannya produktif, namun sehabis di tunggu sekian usang telur tersebut tidak menetas.

Ternyata beliau belum sadar bahwa kedua indukannya yaitu betina, dan telur yang banyak itu berasal dari dua betina yang telurnya tidak di buahi oleh jantan sehingga tidak akan pernah menetas.

Persiapan Sebelum Menjodohkan Lovebird


Mengenal Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina


Berkaca dari kasus di atas, sangat penting bagi seorang breeder untuk benar-benar mengetahui apakah lovebird yang di jodohkannya itu yaitu jantan dan betina atau bukan. Untuk itu silahkan simak ciri-ciri fisik lovebird jantan dan betina berikut ini.

Bentuk Ujung Sayap

Bentuk sayap pada burung lovebird sering dijadikan teladan untuk memilih apakah ia jantan atau betina.

Lovebird jantan ujung sayapnya akan saling bertemu, atau saling menyilang. Sedangkan lovebird betina posisi ujung sayapnya tidak bertemu atau terbuka.

Jika ketika ini Anda sedang ingin menangkarkan burung lovebird atau hanya sekedar ingin love 4 Cara Menjodohkan Lovebird yang Terbukti Ampuh

Dari gambar di atas, Anda sanggup melihat perbedaan antara jantan dan betina dari ujung sayapnya. Ujung sayap yang saling bertemu yaitu jantan dan ujung sayap yang saling berjauhan yaitu lovebird betina. Sudah jelas?

Bentuk Ujung Ekor

Cara kedua yang paling gampang untuk memilih lovebird jantan dan betina yaitu bentuk dari ujung ekornya.

Lovebird jantan biasanya mempunyai ujung ekor yang berbentuk lancip. Sedangkan betina ujung ekornya cenderung lebih bulat.

Jika ketika ini Anda sedang ingin menangkarkan burung lovebird atau hanya sekedar ingin love 4 Cara Menjodohkan Lovebird yang Terbukti Ampuh

Silahkan Anda lihat gambar di atas. Sudah sanggup memilih mana jantan dan betina?

Sebetulnya kedua cara di atas bukanlah patokan mutlak, tapi itu yaitu cara yang paling mudahnya. Untuk lebih dalam membahas wacana hal ini, silahkan Anda baca artikel wacana cara membedakan lovebird jantan dan betina.

Mengetahui Musim Kawin Burung Lovebird


Setelah Anda mengetahui perbedaan antara lovebird jantan dan betina, maka hal selanjutnya yang harus Anda ketahui terlebih dahulu sebelum mulai menjodohkan burung lovebird yaitu mengetahui ekspresi dominan kawin burung lovebird.

Dengan mengetahui ekspresi dominan kawin burung lovebird maka hal ini akan sangat membantu Anda dalam proses menjodohkan burung lovebird dengan lebih efektif serta memperlancar proses selanjutnya.

Di dunia ini ada beberapa jenis burung lovebird yang ternyata mempunyai ekspresi dominan kawin yang berbeda.

Di alam liar, ekspresi dominan kawin antara lovebird peach-faced berbeda dengan ekspresi dominan kawin pada lovebird fiscer yang berasal dari Afrika.

Burung lovebird peach-faced mulai masuk ekspresi dominan kawin ketika bulan April, Oktober dan Februari hingga dengan bulan Maret, sementara burung lovebird Fiscer mulai masuk ekspresi dominan kawin ketika ekspresi dominan kemarau atau lebih tepatnya pada bulan Januari hingga dengan bulan Juli.

Ciri Ciri Burung Lovebird Siap Kawin


Tidak semua burung lovebird itu sudah siap kawin, untuk itu penting bagi Anda mengetahui ciri ciri burung lovebird yang sudah siap kawin.

Jika ketika ini Anda sedang ingin menangkarkan burung lovebird atau hanya sekedar ingin love 4 Cara Menjodohkan Lovebird yang Terbukti Ampuh

Biasanya lovebird yang sudah siap kawin akan menunjukkan tanda sebagai sinyal kepada Anda untuk segera menjodohkannya dengan lovebird lain. Untuk itu silahkan simak dan catat ciri-cirinya berikut ini.


  • Burung lovebird jantan dan betina akan suara ngekek saling bersautan untuk menarik perhatian antara satu dengan yang lainnya,
  • Burung lovebird akan saling berdekatan satu sama lain meskipun mereka beda kandang,
  • Lovebird jantan akan bertindak menyerupai hero dengan cara menyuapi betinanya,
  • Lovebird betina sering berposisi siap kawin, dan jantan ada di belakangnya.


Proses Cara Menjodohkan Burung Lovebird


Sekarang kita masuk kepada inti dari pembahasan artikel ini. Setidaknya ada 4 cara menjodohkan lovebird yang sudah saya tulis di bawah ini. Silahkan Anda baca semuanya untuk bekal ilmu dan menambah wawasan. Siapa tau semua cara ini Anda perlukan suatu ketika nanti.

Proses Menjodohkan Burung Lovebird Koloni


Cara ini sanggup Anda lakukan apabila Anda mempunyai indukan burung lovebird dalam jumlah banyak, atau lebih dari satu pasang. Selain itu cara ini juga lebih mudah dan efektif serta sering dipakai oleh penangkar burung yang masih pemula.

Prosesnya juga cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan sangkar burung dengan ukuran besar (sesuaikan dengan jumlah burung lovebird yang Anda miliki). Setelah itu Anda tinggal memasukkan seluruh indukan jantan dan betina ke dalam sangkar tersebut. Nantinya burung lovebird akan mencari pasangannya sendiri sesuai dengan selera masing-masing.

Cara ini harus Anda lakukan dengan indukan jantan dan betina yang jumlahnya sama, biar seluruhnya sanggup mempunyai pasangan masing-masing nantinya.

Proses Menjodohkan Burung Lovebird Metode Poligami


Cara ini biasanya dipakai oleh penangkar yang tidak mempunyai banyak burung lovebird. Prosesnya juga cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan sangkar yang ukurannya cukup besar, kemudian masukkan 2 hingga 3 ekor indukan betina kedalam sangkar dan masukkan 1 ekor indukan jantannya. Setelah itu biarkan mereka berjodoh.

Baca Juga: Tips Cara Menurunkan Birahi Lovebird

Anda tidak perlu khawatir sebab burung lovebird yaitu burung yang sanggup membuahi lebih dari satu indukan betina. Makara proses ini kondusif dan sanggup lebih mempercepat proses perjodohan.

Proses Menjodohkan Lovebird Satu Pasang


Cara menjodohkan lovebird ini biasa dikenal dengan nama menjodohkan lovebird secara paksa, cara ini sanggup Anda gunakan untuk:


  1. Anda hanya mempunyai satu pasang burung lovebird,
  2. Anda mempunyai satu ekor jantan dan satu ekor betina yang di sanggup dari sumber yang berbeda dan belum berjodoh, 3. Anda ingin mengganti pasangan lovebird yang belum mengenal satu sama lain,
  3. Anda ingin menjodohkan lovebird galak
  4. Menjodohkan lovebird beda warna dan beda umur (dengan catatan, lovebird yang sudah siap kawin yaitu sekitar usia 8 bulan ke atas)


Prosesnya sangat mudah, yang perlu Anda persiapkan yaitu sangkar burung yang di dalamnya terdapat sekat. Nantinya sekat ini berperan besar untuk mencegah salah satu lovebird menyerang lovebird lainnya sehingga sanggup mengakibatkan sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Jika ketika ini Anda sedang ingin menangkarkan burung lovebird atau hanya sekedar ingin love 4 Cara Menjodohkan Lovebird yang Terbukti Ampuh

Jika Anda tidak mempunyai sangkar sekat menyerupai di atas, Anda sanggup membelinya dulu di toko perlengkapan burung atau cara lainnya Anda sanggup mengakalinya dengan cara menempelkan sangkar harian lovebird jantan dan betina dengan posisi yang sama, sejajar dan tegak lurus.

Namun perlu di ingat bahwa jangan terlalu sering memindahkan kandangnya, dan lebih baik melaksanakan cara ini dengan cara di gantung pada ruangan khusus atau ditempat manapun yang penting suasananya tenang.

Proses ini memakan waktu yang berbeda-beda antara pasangan lovebird satu dengan yang lainnya. Yang perlu Anda lakukan yaitu terus memantau perkembangannya.

Jika dalam beberapa hari lovebird sudah mulai mendekat, saling beradu paruh dan tidur saling berdekaan itu artinya proses menjodohkan sudah mulai berjalan sesuai dengan rencana.

Selanjutnya yang Anda lakukan yaitu mengawinkan burung lovebird tersebut. Untuk caranya Anda sanggup baca di pembahasan cara mengawinkan burung lovebird.

Proses Menjodohkan Lovebird dari Anakan


Sebetulnya proses ini Anda hanya membantu di awal saja, sisanya biarkan lovebird anakan / paud / balibu berjodoh dengan sendirinya.

Caranya, Anda hanya perlu menyiapkan sangkar dengan ukuran yang besar (sesuaikan dengan jumlah burung lovebird). Lalu Anda masukkan lovebird anakan / paud / balibu kedalam sangkar tersebut. Biasanya anakan lovebird sudah sanggup dimasukkan dalam sangkar ketika usianya satu bulan.

Lovebird yang hidup bersama dengan waktu yang cukup usang akan menemukan jodohnya sendiri. Proses ini akan berlangsung secara alami.

Baca Juga: Macam Macam Jenis Burung Lovebird Lengkap

Nah itu beliau 4 cara menjodohkan burung lovebird yang sanggup Anda lakukan sendiri di rumah. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya di dalam blog ini. Jika bermanfaat, Anda sanggup share artikel ini melalui akun sosial media Anda biar teman Anda juga sanggup ikut mengetahuinya.

Terima kasih sudah berkunjung di blog unsur rimba. Semoga apa yang ada di dalam blog ini sanggup bermanfaat untuk Anda. Salam kicau mania.

Subscribe to receive free email updates:

PRIVATE GOOGLE SEARCH