Cara Mengatasi Burung Cendet Ciak Bulu Ekor

ZONATIPSINDONESIA. Salah satu duduk masalah serius yang sering terjadi ketika merawat burung cendet adalah, seringnya cendet yang ciak bulu ekor, baik itu cendet yang dirawat sendiri dari anakan, atau beli yang sudah dewasa. Masalah ciak bulu ekor ini pun juga sering dihadapi oleh para pemain cendet prestasi, yang notabenenya cendet tersebut dirawat dengan sangat baik. 
Cara mengatasi burung cendet ciak ekor ini, didapat dari pengalaman langsung saya ketika merawat 3 ekor burung cendet, selain itu juga didapat ketika mengatasi burung cendet remaja mitra yang juga mengalami duduk masalah yang sama.

Untuk mengatasi burung cendet ciak ekor ini, saya menyimpulkan paling sering disebabkan oleh faktor psikologis yang disebabkan oleh birahi. Dan pemicu birahi ini, disebabkan oleh faktor makanan. Awalnya kami menduga ekor yang rusak ini disebabkan oleh proses penyesuaian burung terhadap lingkungan, yang mana memang kita ketahui bersama, burung cendet memang sering rusak bulu ekornya ketika menjalani proses penyesuaian ini. Tetapi sehabis burung sudah terkondisikan adaptasinya, saya cabuti bulu ekornya yang rusak semoga sanggup kembali rapi kembali, tetapi bulu ekornya kembali rusak dan semakin parah. Dan untuk burung cendet yang kedua yang gres kami belipun mempunyai nasib yang sama, hanya burung cendet yang ketiga yang kami beli yang tidak mengalami ciak bulu, yaitu cendet muda hutan. Dan untuk burung mitra kami yang sudah remaja usianya, juga mengalami hal yang sama, ketika berdiskusi saya memberikan satu pernyataan yang menjadi asumsi penyebab ciak burung burung cendet saya, yaitu dikasihnya masakan jenis kroto, dan hal tersebut dibenarkan oleh mitra saya

Akhirnya kamipun memutuskan penyebab tersebut diakibatkan oleh kontribusi KROTO yang menimbulkan burung mengalami gangguan psikologis dan harus dihentikan.
Karena memang kita ketahui bersama, efek birahi burung cendet ini, sanggup menimbulkan mental burung sanggup terganggu, dan untuk jenisnya gangguan ini sangat banyak sekali macamnya. Ada yang menimbulkan burung lebih sering banyak gerak, salto, menjadi sangat galak atau bergairah dan yang paling parah yakni ciak bulu. Dan ciri ciri bulu ekornyapun awalnya tidak patah, tetapi hanya keriting dan mengambarkan arah yang tidak teratur walaupun pada balasannya patah juga. Dan memang secara psikologis gangguan mental ini sanggup dialami juga oleh burung cendet yang masih muda, walaupun secara birahi, mustahil terjadi diburung yang masih muda. 
 Salah satu duduk masalah serius yang sering terjadi ketika merawat burung cendet yakni CARA MENGATASI BURUNG CENDET CIAK BULU EKOR
Bulu ekor Cendet yang rusak

Melihat dari pengalaman kami diatas, untuk mengatasi duduk masalah ciak bulu ekor ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

MENGURANGI PEMBERIAN PAKAN EF JENIS SERANGGA 

Untuk kontribusi pakan EF jenis serangga menyerupai Jangkrik, Ulat Hongkong dan kroto  harus dikurangi ketika terpantau burung cendet mempunyai ciri ciri birahi yang menimbulkan gangguan psikologis menyerupai teladan kami diatas. Dan untuk burung cendet yang positif atau ciak bulunya parah, untuk kontribusi pakan jenis kroto saran saya sebaiknya wajib dihentikan. Karena memang kroto kadar proteinnya sangat tinggi, dan sanggup menjadi pemicu birahi. Saya sampaikan hal ini, lantaran pengalaman kami ketika hari ini memperlihatkan kroto pada burung cendet saya besuknya ekor burung mengalami kerusakan. Dan lantaran hal tersebutlah saya berani meyakini bahwa masakan kroto ini, menjadi penyebab utama terjadinya birahi, terlebih lagi, ditambah kebiasaan saya yang masih menerapkan kontribusi pakan jenis jangkrik dalam jumlah banyak menyerupai perawatan saya ketika burung cendet saya masih anakan.

MENGGANTI PAKAN JENIS VOER 

Setelah melaksanakan penilaian dari banyak sekali insiden ketika merawat burung cendet, kontribusi pakan jenis voer yang mengandung kadar proteinnya tinggi harus diganti. Dan untuk caranya menentukan atau mengganti, anda sanggup melihat dan membandingkan dilabel kemasannya. Atau sanggup juga bertanya ke kawasan mitra yang memelihara burung cendet yang burungnya kondusif dari ciak bulu.
Dan kami berikan teladan setingan masakan burung cendet yang ciak bulu dan berhasil diatasi dengan baik. Namun untuk teladan ini, sanggup anda gunakan atau diabaikan saja, bila tidak sesuai dengan impian anda. Karena untuk setingan pakan setiap burung tentunya berbeda beda, hanya saja untuk setingan kami ini sudah terbukti kondusif atau tidak kambuh lagi ciak bulunya
  1. Untuk setelan cendet mitra saya usia burung kurang lebih 1 tahun lebih, setingan jangkrik jumlah 5 ekor pagi dan sore, untuk voer diganti dengan pelet (pakan ikan lele) dan tanpa kroto.
  2. Untuk sehabis cendet saya usia 6 bulan setingan jangkrik 3 ekor pagi dan sore, untuk voer kami ganti, untuk kroto masih kami berikan, namun tidak wajib dan sangat jarang dan sedikit sekali.
Untuk setingan jumlah pakan diatas hingga dengan artikel ini ditulis atau diterbitkan kurang lebih 6 bulan berjalan, burung terpantau kondusif dan tidak ciak bulu lagi. Sekali lagi untuk teladan jumlah kontribusi pakan diatas sanggup digunakan juga sanggup diabaikan, lantaran untuk masing masing burung  sanggup mempunyai aksara yang berbeda beda tentunya untuk kebutuhan pakannya. Hanya saja yang harus diperhatikan disini adalah, prinsip kehati hatian dalam memperlihatkan pakan burung cendet yang positif ciak bulu. Dan selalu mengawasi perkembangannya.

PERAWATAN MANDI DAN JEMUR BURUNG CENDET CIAK BULU EKOR

Untuk proses perawatan ini, kami melakukannya secara rutin, untuk perawatan mandi, lakukan sesuai selera anda dan yang penting yakni rutin. Tetapi untuk penjemurannya saya mengurangi durasi penjemurannya, paling usang saya melaksanakan penjemuran sekitar 1/2 hingga dengan 1 jam saja. Dan untuk Selebihnya sudah tidak kami sarankan. Perubahan perawatan ini sangat berbeda jauh sekali kami lakukan ketika kami dari ketika burung cendet masih sangat muda, atau ketika masih trotol sebelum ganti bulu remaja yang pertama. Yang mana untuk jumlah jangkrik tidak menggunakan ukuran dan penjemuran saya lakukan sanggup hingga dengan 2 - 3 jam. Karena terkadang kebiasaan pemula dan kurangnya pengetahuan, terkadang ketika merawat burung cendet yang masih anakan atau trotol ini, untuk kontribusi jumlah pakannya belum dirubah setinganya. Sehingga masih memperlihatkan jumlah pakan yang semaunya sendiri, ketika burung sudah lepas trotol tanpa memperhatikan dampak dan aksara burung. 

Perawatan diatas kami sampaikan benar benar kami sanggup dari pengalaman langsung kami ketika memeilhara burung cendet, Mungkin untuk artikel ini dalam penyampaiannya susah dipahami, anda sanggup menulis pertanyaan di kolom komentar, atau sanggup juga menambahkan pengalaman dikolom komentar, semoga sahabat sahabat kita yang membutuhkan gosip ini sanggup mampu mengatasi permasalahan ciak bulu ekor ini dengan baik dan tepat

Demikian tips atau cara mengatasi burung cendet ciak bulu ekor, semoga bermanfaat.
"BERBAGI ITU HAPPY"

Subscribe to receive free email updates:

PRIVATE GOOGLE SEARCH